Home > TEMPAT WISATA > Baturraden: Wisata Alam Purwokerto Yang Sangat Indah

Baturraden: Wisata Alam Purwokerto Yang Sangat Indah

Baturraden adalah objek wisata alam yanga sangat terkenal di Purwokerto, Jawa Tengah. Terletak di sebelah utara kota Purwokerto tepatnya di lereng sebelah selatan Gunung Slamet, Baturraden meyajikan keindahan dan kesejukan alam pegunungan.

Udaranya yang sejuk dan hijaunya pepohonan, menjadikannya tempat favorit wisatawan yang ingin berlibur di alam terbuka saat berkunjung ke Purwokerto. Tak heran di kawasan Baturraden berjamur puluhan hotel dan losmen yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, terutama saat weekend dan libur nasional.

Lihat juga tempat wisata menarik lainnya: Dataran Tinggi Dieng atau Danau Toba

Wisata Alam Baturraden
Wisata Alam Baturraden (Sumber gambar: caraanoa.files.wordpress.com)

Nama Baturraden sendiri berasal dari kata Batur dan Raden yang dikenal sebagai legenda ‘Romeo & Juliet’ versi Banyumas. Batur adalah seorang pembantu seorang raja dan Raden adalah putri raja tersebut. Alkisah, karena terlalu cinta, keduanya melarikan diri kemudian menikah tanpa restu ayahnya. Setelah anak pertama mereka lahir, sang raja meminta putrinya kembali ke rumah, namun keduanya menolak kemauan sang ayah sehingga terjadilah pertempuran yang menewaskan Batur. Tidak sanggup melihat suaminya terbunuh, sang putri langsung ikut bunuh diri. Keduanya dimakamkan di lereng Gunung Slamet, itulah sebabnya area wisata ini dinamakan ‘Baturraden’.

Keindahan air mancur yang menjulang tinggi
Keindahan air mancur yang menjulang tinggi (Sumber foto: Dok.Pribadi)
Taman berhias bunga warna warni
Taman berhias bunga warna-warni (Sumber foto: Dok. Pibadi penulis)

Objek wisata ini terletak di patahan tebing lereng gunung dimana di tengahnya mengalir sungai kecil  yang menyebar pada tebing bebatuan sehingga terlihat seperti air terjun mini. Disekelingnya terdapat area taman yang hijau asri berhias bunga warna-warni. Konturnya yang tidak rata dimanfaatkan dengan membagun jalur tangga untuk pejalan kaki sehingga sususannya terlihat apik. Di sebelah kiri taman juga terdapat sebuah air mancur buatan yang tinggi menjulang yang menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung. Selain taman-tamannya yang indah juga terdapat fasilitas lainnya seperti pemadian air panas Pancuran Telu, area bermain anak, wahana sepeda air, mobil genjot, kolam renang dll. Taman yang tertata apik, sejuknya alam pegunungan serta menjamurnya hotel di area wisata ini menjadi daya tarik untuk menikmati keindahan alam yang disuguhkan oleh Baturraden.

berfoto di baturaden
Berfoto di baturaden (sumber foto: Dok. pribadi penulis)

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Baturraden

Mandi Air Panas di Pancuran Telu

Berendam di air panas sambil menikmati sejuknya suasana pegunungan sungguh sebuah aktifitas yang sangat menyenangkan. Kamu dapat melakukan aktifitas ini di Pancuran Telu yang masih  berada dalam kawasan Lokawisata Baturraden. Pancuran ini merupakan pemandian air panas yang airnya mengandung belerang dan dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Suhu air di pemandian Pancuran Telu ini berkisar antara 60 sampai dengan 70 derajat Celcius. Kamu juga bisa mencoba pijat sulfur dengan harga 7.500 Rupiah tiap 15 menit.

Pancuran Telu
Pancuran Telu (Sumber gambar: greatindonesia.com)

Piknik Bersama Teman/Keluarga di Tamannya yang Indah

Penjual makanan di Baturraden
Penjual makanan di Baturraden (Sumber gambar: beritatrans.com)

Setelah tubuhmu rileks sehabis berendam air panas kamu bisa beristirahat sambil piknik bersama teman/keluarga. Jika tidak membawa bekal makanan kamu bisa menikmati kuliner khas yang banyak dijajakan di area ini. Kamu bisa mencicipi pecel, sate kelinci / ayam, mendoan hangat ditemani teh manis hangat sambil menikmati angin yang berhembus sejuk, sungguh suatu pengalaman yang mengasyikkan. Sambil mengisi waktu kamu juga bisa mencoba wahana sepeda air sambil memberi makan ikan mas.

Bermain sepeda air
Bermain sepeda air (Sumber foto: Dok. Pibadi penulis)

Menonton Film di Teater Alam Baturraden

Saat akan memasuki Baturraden terdapat objek menarik yaitu sebuah teater yang berbentuk pesawat jenis Foxer 28 milik Garuda Indonesia. Teater unik ini menayangkan film tentang alam dan budaya Indonesia seperti film tragedi tsunami, cerita budaya TMII, atau peristiwa Gunung Merapi dengan durasi film sekitar 10 sampai 15 menit. Teater alam ini ditujukan bagi para pengunjung yang belum pernah naik pesawat supaya bisa merasakan sensasi naik pesawat terbang sambil menonton film di layar yang telah disediakan di dalam pesawat.

Teater Alam Baturraden
Teater Alam Baturraden (Sumber gambar: wikipedia.org)

Tips Berwisatake Baturraden

Jika kamu ingin menikmati pemandian air panas sebaiknya datang dari pagi hari agar tidak tidak terlalu ramai. Gunakanlah alas kaki yang baik karena di beberpa jalan dan tangga terdapat permukaan yang licin akibat lumut. Bawalah payung karena Baturraden terletak di lereng gunung yang rentan turun hujan.

Objek wisata ini bisa dikunjungi sepanjang tahun tapi sebaiknya hindari berkunjung saat musim hujan karena akan mengurangi keasyiknya kamu berwisata. Pada saat libur panjang, pengunjung Baturraden akan sangat ramai, maka dari itu jika ingin menikmati keindahan alamnya dengan tenang datanglah pada hari biasa.

Sekilas Informasi Tentang Baturraden

Baturraden buka mulai puku 06:00 – 17:00 WIB. Pengelola Baturraden menyediakan tiket terusan seharaga Rp.14.000,- (termasuk asuransi) untuk tujuh wahana yakni pemandangan alam air mancur, cascade alam, sepeda air, mobil genjot, luncuran, dan kolam renang. Sedangkan untuk Teater alam dan Pancuran Telu harus membeli tiket lagi masing-masing, tiket teater alam Rp. 5.000 dan Pancuran Telu Rp. 10.000,- karena dikelola pihak lain.

Sangat mudah menemukan penginapan di Baturraden, di area sekitarnya terdapat puluhan hotel melati dan villa. Tarifnya perkamarnya berkisar antara Rp. 150.000,- s/d diatas Rp. 1.000.000,-, kamu tinggal memilihnya sesuai budget liburanmu. Soal makanan, baik di dalam kawasan wisata maupun di luar Baturraden banyak dijajakan berbagai macam menu makanan dengan harga yang murah meriah.

Pintu Masuk Wisata Baturraden

Pintu Masuk Baturraden (Sumber gambar: www.tripikanews.com)

Cara Menuju Baturraden

Untuk menuju Baturraden dari Jakarta atau kota besar lainnya terlebih dahulu kamu harus menuju Purwokerto. Dari Jakarta kamu bisa menggunakan bus AKAP tujuan Purwokerto dengan tarif bus berkisar dari Rp. 70.000 s/d Rp. 100.000 dengan waktu tempuh sekitar 8 – 10 jam perjalanan. Alternatif lainnya bisa menggunakan kereta api tujuan Purwokerto. Banyak kereta yang bisa kamu gunakan menuju kota ini mulai dari kelas ekonomi, bisnis, eksekutif karena rata-rata kereta lintas selatan tujuan Jogja, Solo berhenti di stasiun Purwokerto. Untuk pesawat kamu harus terbang menuju kota Yogyakarta terlebih dahulu lalu dilanjutkan naik bus (Efisiensi, Sumber Alam dll) menuju Purwokerto dengan waktu tempuh sekitar 4-5 jam.

Selanjutnya dari kota Purwokerto kamu bisa sewa kendaraan ataupun naik angkot jurusan Baturraden. Jarak dari kota Purwokerto ke Baturraden sekitar 15 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Berhati-hatilah jika kamu membawa kendaraan pribadi karena jalur menuju Baturraden melewati tanjakan yang cukup curam.

Oleh-oleh khas Baturraden

Kota Purwokerto yang berada di Kabupaten Banyumas banyak memiliki makanan tradisonal yang unik. Untuk makanan basah kamu bisa mencicipi sate kelinci, soto Sokaraja, tempe mendoan, sedangkan untuk dijadikan oleh-oleh kamu bisa membeli kue Nopia, Getuk Goreng dan Kripik Tempe khas Purwokerto. Makanan ini bisa kamu beli di toko oleh di bagian luar Baturraden maupun di pusat kota Purwokerto.

Kue Nopia
Kue Nopia (Sumber gambar: tokopedia.com)

Tempat Wisata Lain dekat Baturraden

Pancuran Pitu

Tak jauh dari kawasan wisata Baturraden terdapat pemandian air panas lainnya yang tak kalah menarik. Ya, pemandian air panas ini dikenal dengan nama Pancuran Pitu “Tujuh Pancuran” karenan memilki tujuh sumber air yang berbeda. Keunikan pemandian air panas ini adalah bebatuan di sekitar berwarna kuning keemasan yang menciptakan perpaduan warna yang unik. Warna tersebut disebabkan air yang mengalir mengupakan air panas yang mengandung belerang. Dengan membayar tiket masuk seharga Rp. 10.000/orang, kamu bisa menuju ke wisata ini yang hanya berjarak sekitar 2,5 KM dari Baturraden. Kamu bisa mencapainya dengan kendaraan bermotor atau berjalan kaki santai sambil menikmati susana.

Pancuran Pitu yang berwarna unik
Pancuran Pitu yang berwarna unik (Sumber gambar: kutayu.com)

Telaga Sunyi

Telaga Sunyi juga salah satu destinasi wisata di dekat Baturaden yang berjarak 3 KM di sebelah timur Baturraden dan dapat ditepuh dalam waktu sekitar 15 menit dengan kendaraan bermotor. Telaga Sunyi merupakan sebuah mata air yang bersih dan jernih, masyarakat mensakralkan tempat ini sehingga para wisatawan dilarang untuk mandi maupun berenang di tempat ini demi keselamatan dirinya. Letaknya yang cukup terpencil dan dilindungi menjadikan air telaga tetap jernih. Suasana alam yang sejuk, rindangnya pepohonan disertai dengan kicauan burung yang merdu akan membawa nuansa damai bagi siapa saja yang berkunjung. Untuk berkunjung kesini dikenakan tiket masuk seharga Rp. 7.000,-/orang.

Air Telaga Sunyi yang sangat jernih
Air Telaga Sunyi yang sangat jernih (Sumber gambar: katalogwisata.com)

Kontributor: Antin Agustin
Mengunjungi Baturraden pada bulan Oktober 2013

Tempat wisata menarik lainnya:

1. Pantai Anyer: Keindahan Pantai dengan Sunset Terbaik di Banten

2. Pantai Santolo: Pantai Cantik Nan Unik di Garut Selatan

3. Jatim Park 2: Wahana Bermain & Edukasi Terlengkap di Malang

About portalwisata

Check Also

Pulau Bidadari: Berlibur di Eco-Resort Sambil Berwisata Sejarah

Pulau Bidadari adalah sebuah tempat wisata bahari berupa pulau yang terletak paling dekat dengan teluk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *