Home > TEMPAT WISATA > Danau Toba: Wisata Alam dan Budaya yang Memukau di Sumatera

Danau Toba: Wisata Alam dan Budaya yang Memukau di Sumatera

Danau Toba merupakan tempat wisata yang wajib kamu kunjungi jika liburan atau pergi ke Medan atau sekitar Provinsi Sumatera Utara. Danau yang terkenal sebagai danau terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara terletak di sebelah selatan kota Medan, tepatnya di Pegunungan Bukit Barisan yang diapit oleh 7 Kabupaten di Sumatera Utara. Danau ini juga dikenal sebagai danau vulkanik terbesar di dunia yang luasnya hampir sama dengan negara Singapura.

Lihat juga tempat wisata menarik lainnya:  Dataran Tinggi Dieng atau Kawah Putih

foto selfie di danau
Sumber foto: Dok. pribadi penulis

Danau Toba memiliki beragam keunikan yang dapat kita jumpai, tentu saja kita mengenal Pulau Samosir yang terletak tepat di tengah-tengah danau. Selain itu, danau ini memiliki Batu Gantung yang terletak di tepi danau yang disebut-sebut berasal dari salah satu cerita rakyat Batak yang sangat terkenal. Asal usul keberadaan patung tersebut diduga karena cerita-cerita mitos yang tersebar di sana. Di sekitar tepi Danau Toba terdapat pula Air Terjun Sipisopiso yang terletak di Desa Tongging. Air Terjun ini dapat kalian tempuh dengan mobil. Sesampainya di sana, kalian harus menuruni banyak sekali anak tangga yang kecil, licin terciprat air, dan curam. Kalian juga dapat melihat pemandangan Danau Toba yang sangat indah dengan udara yang sangat sejuk.

gambar keindahan danau toba
Sumber gambar: tobaexplorer.wordpress.com

Pulau Samosir juga memiliki wisata alam yang tidak kalah menarik. Pulau ini terdapat dua danau tawar kecil yang dapat kalian kunjungi, yaitu Danau Aek Natonang dan Danau Sidihong. Itulah sebabnya kenapa dua danau tersebut sering dijuluki ‘danau di atas danau’. Lekukan sawah bertingkat yang terbentuk secara alami memberikan kesan indah tersendiri terhadap liburan kalian. Jika penasaran dengan pemandangan danau dari ketinggian, kunjungilah Menara Tele di pagi hari yang terletak di antara Pangururan dan Sidikalang. Banyak sekali para turis yang meluangkan waktunya untuk mengunjungi menara tersebut untuk mengabdikan pemnadangan Danau Toba yang sangat indah.

Aktivitas yang bisa kamu lakukan di Danau Toba

Mengunjungi Pulau Samosir

Jika kalian berada di Danau Toba, kalian harus datang ke Pulau Samosir yang sangat terkenal. Ketika sudah menginjakkan kaki di sana, kalian akan menjumpai berbagai toko yang menjual pernak-pernik buatan masyarakat Samosir. Cocok sekali untuk dibawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga dan teman-teman sejawat. Jangan lupa pula untuk mengunjungi berbagai macam tempat wisata yang sangat beragam di Pulau Samosir, seperti Makam Raja Sidabutar yang merupakan makam leluhur marga Batak Toba, Pertunjukan Sigalegale yang diadaptasi dari cerita rakyat Batak, Pemandian Air Panas yang berasal dari air alami, dan sebagainya.

acara festival toba
Sumber gambar: dream.co.id

Mengunjungi Festival Danau Toba

Bermula dari Pesta Danau Toba sejak tahun 1983, Festival Danau Toba diadakan mulai tahun 2013 guna untuk mensyukuri keberadaan Danau Toba. Kekayaan alam yang terdapat di Danau Toba sangat beragam ditambah dengan keramah-tamahan masyarakat setempat menyambut siapapun yang penasaran dengan Danau Toba. Tidak heran jika objek wisata alam ini tak pernah sepi turis lokal dan mancanegara.

foto danau toba
Sumber gambar: linkedin.com

Festival ini mendapatkan sambutan positif oleh Kementerian Pariwisata RI dengan harapan turis yang mengunjungi Sumatera Utara semakin meningkat. Festival ini diadakan di Berastagi, sebuah kota dengan iklim yang sangat sejuk di Sumatera Utara. Selain itu, peserta festival tersebut melibatkan 16 Kabupaten/Kota dari seluruh penjuru daerah Sumatera Utara. Hal yang dipertunjukkan dari festival tersebut meliputi tarian daerah seperti Tari Sembilan Cawan, Tari Rotimanis, dan Roti Dairi. Selain tarian, kalian daat melihat Karnaval Ulos, kain tenun khas Sumatera Utara.

 

Tips Berwisata ke Danau Toba

Danau Toba memiliki udara yang sangat sejuk sehingga disarankan untuk memakai jaket atau pakaian hangat lainnya. Ditambah pula untuk tidak memakai sepatu berhak atau sandal jepit kalau kalian ingin sekali mengunjungi Pulau Samosir yang memiliki objek wisata yang cukup keramat dan jalan yang berliku-liku. Sebaiknya, pakailah sepatu bertali atau sepatu ternyaman mungkin untuk dibawa ke dalam perjalanan jauh. Selama berada di sana, kita juga diwajibkan untuk menjaga sopan santun sebagai turis.

Bagi kalian yang tertarik untuk mengunjungi Festival Danau Toba, datanglah pada bulan November karena pada bulan itulah festival tersebut diadakan setiap tahun. Siapkan kamera terbaik kalian untuk mendapatkan momen terbaik yang tidak pernah kalian lupakan.

Sekilas Informasi tentang Danau Toba

Keindahan Danau Toba yang menarik janganlah membuat kalian ragu untuk mengunjunginya! Jika kalian berangkat dari Medan, khususnya dari Bandara Kualanamu, kalian dapat menaiki bis Damri menuju Terminal Amplas seharga Rp 10.000,-. Sesampainya di Terminal Amplas, kalian wajib naik bus besar menuju Siantar (Non AC RP 22.000,- dan AC Rp 32.000,-). Jika kalian ingin sekali sampai dalam waktu singkat, naiklah Paradep Bus yang bisa dijangkau dari Bandara Kualanamu seharga Rp 50.000,- per orang. Bagi kalian yang lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 5 – 6 jam. Sesampainya di Danau Toba, tentunya kalian sangat ingin menyeberangi danau tersebut menuju Pulau Samosir. Gunakanlah kapal ferry yang sudah disediakan dari Pelabuhan Tiga Raja menuju Pelabuhan Tomok atau Tuktuk yang dibanderol hanya Rp 10.000,- per orang. Biasanya, para wisatawan lebih memilih Pelabuhan Tomok sebagai destinasi wisata di Pulau Samosir.

gambar keindahan danau toba
Sumber gambar: tobaexplorer.wordpress.com

Danau Toba yang sudah menjadi satu dari destinasi wisata terbesar di Indonesia tentunya memiliki fasilitas penginapan yang sangat beragam, mulai dari villa, homestay, bungalow, hingga hotel dengan harga yang sangat beragam dan tentunya sangat terjangkau. Sebut saja Hotel Niagara, hotel terbesar di Danau Toba. Hotel ini seringkali menjadi tujuan penginapan favorit bagi para keluarga hingga kelompok wisatawan yang ingin mengunjungi Danau Toba. Jika tertarik, siapkan ongkos mulai dari harga Rp 50.000,- hingga Rp 200.000,- untuk menginap dengan jenis apapun yang kalian mau di Danau Toba.

Oleh-oleh khas Danau Toba

Siapa yang tidak mengenal Ulos? Kain tenun khas Sumatera Utara dengan komponen warna putih, hitam, dan merah berhiaskan kain emas di dalamnya menjadi cinderamata yang paling diminati banyak pengunjung. Meskipun demikian, kalian juga bisa mendapatkan ulos dengan beragam warna di sana. Kalian dapat mendapatkan ulos tersebut langsung di pabriknya, tepatnya di Desa Wisata Lumban Suhi-suhi Toruan. Kalian juga dapat menemukan berbagai macam oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang ke rumah seperti dompet, pakaian, gantungan kunci, gelang, kalung dan sebagainya. Jika dirasa harga-harga yang diberikan terlalu mahal bagi kalian, pedagang-pedagang di Samosir menerima harga tawaran yang kalian berikan untuk mendapatkan barang-barang yang kalian inginkan. Semua kerajinan khas Danau Toba dibanderol mulai harga Rp 5.000,- hingga Rp 100.000,-.

Tempat wisata lain dekat Danau Toba

Air Terjun Sipisopiso

Air terjun ini terletak di Desa Tongging, Sumatera Utara yang memiliki ketinggian sekitar 120 m di atas permukaan laut. Objek wisata ini juga tidak jauh dari Danau Toba, yaitu memakan waktu sekitar 2 – 3 jam menggunakan kendaraan pribadi. Lokasinya yang sangat dingin dan licin akibat cipratan air terjun membuat kita harus hati-hati untuk melangkahkan kaki menuju dasar air terjun yang dapat diakses dengan menuruni tangga yang sangat panjang. Selain itu, dianjurkan juga untuk menggunakan sepatu yang nyaman supaya tidak terpeleset. Meskipun demikian, pemandangan alam yang diberikan di sekitar Air Terjun Sipisopiso membuat kalian tidak akan berhenti untuk mengabadikan setiap momen di sana.

air terjun sipiso-piso
Sumber gambar: images.blog.reservasi.com

Berastagi

Berastagi merupakan kota wisata yang berjarak 63 km dari kota Medan. Kota ini selalu ramai dikunjungi setiap akhir pekan untuk menikmati sejuknya alam atau membeli buah-buahan yang dijual di sekitar Berastagi. Kota ini diapit oleh dua gunung aktif, yaitu Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung sehingga tak heran jika kota ini terkenal dengan iklim yang sangat sejuk. Berastagi juga terkenal dengan buah markisa yang diproduksi menjadi berbagai macam hasil industri seperti sirup markisa. Buah markisa dan hasil pertanian dan perkebunan yang segar dapat kalian kunjungi di Pasar Berastagi yang menjual berbagai macam sayuran dan buah-buahan yang segar dan diambil langsung dari perkebunannya.

wisata kota berastagi
Sumber gambar: karokab.go.id

Pertunjukan Sigalegale

Berawal dari cerita rakyat di Samosir tentang seorang raja yang telah kehilangan anak satu-satunya karena sakit. Untuk menghibur dirinya, dibuatkanlah patung yang menyerupai anaknya. Sejak saat itu, patung Sigalegale ini dikembangkan sebagai tarian pertunjukkan. Diiringi oleh musik tradisional, patung ini dapat bergerak membentuk tarian tradisional khas Batak. Jika kalian tertarik untuk melihatnya, kalian akan dipandu oleh masyarakat setempat untuk menarikan tarian tersebut. Tidak hanya itu, kalian juga akan dipinjami ulos sebagai pelengkap tarian tradisional tersebut supaya adat Batak semakin mengental.

pertunjukan sigale-gale
Sumber gambar: Dok. pribadi penulis

Kontributor: Amirahvelda Priyono
Mengunjungi Danau Toba pada bulan November 2014

Tempat wisata menarik lainnya:

1. Pantai Sadranan: Wisata Pesona Alam Jogja Layaknya di Pulau Dewata

2. Umbul Ponggok: Indahnya Selfie & Snorkeling di Air Tawar Klaten

3. Goa Pindul: Serunya Wisata Cave Tubing Goa Pindul di Jogja

About Amirahvelda Priyono

Amirahvelda Priyono, alumni Sastra Prancis Universitas Padjadjaran. Asal dari Surabaya namun sekarang tinggal di Jatinangor dan mau meniti karir di Jakakrta. Hobi menulis, fotografi, desain grafis, dan denger musik jazz.

Check Also

Pulau Bidadari: Berlibur di Eco-Resort Sambil Berwisata Sejarah

Pulau Bidadari adalah sebuah tempat wisata bahari berupa pulau yang terletak paling dekat dengan teluk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *