Home > TEMPAT WISATA > Kalibiru: Wisata Alam yang Memukau di Kulon Progo Yogyakarta

Kalibiru: Wisata Alam yang Memukau di Kulon Progo Yogyakarta

Kalibiru awalnya adalah sebuah puncak bukit biasa yang terletak di kawasan perbukitan Menoreh, Kulon Progo. Bukit ini memiliki kawasan hutan yang cukup luas. Dan sebelumnya, hutan tersebut dikelola oleh pemerintah setempat. Namun, seiring berjalannya waktu, Kalibiru kini telah disulap menjadi obyek wisata alam yang sangat menarik bagi para wisatawan. Dari puncaknya, kita bisa melihat pesona perbukitan Menoreh sekaligus memandang keindahan Waduk Sermo yang ada di bawahnya. Bahkan, jika cuaca sedang cerah, kita juga bisa melihat buih-buih ombak pantai selatan dari puncak bukit ini. Selain itu, tempat wisata ini juga menawarkan jalur treking dengan pemandangan yang menawan. Wisatawan yang penat dengan kehidupan kota bisa berjalan-jalan di tempat ini sembari menikmati kesegaran hutan dan mendengarkan kicauan burung.

kalibiru
Pemandangan Waduk Sermo dari Kalibiru (Sumber: wisatakalibiru.wordpress.com)

Lihat juga tempat wisata menarik lainnya: Situ Patenggang atau Gunung Tangkuban Perahu

Untuk fasilitasnya, Kalibiru telah dilengkapi dengan area parkir yang luas, kios makanan, toilet, pendopo, homestay, camping ground, serta fasilitas outbond yang cukup lengkap. Homestay atau pondok wisata yang ada di Kalibiru berjumlah 6, dan masing-masing dapat menampung 10 hingga 15 orang. Harga yang ditawarkan pun cukup murah. Karena itu, tempat ini kerap dijadikan sebagai lokasi makrab, gathering, bahkan retreat. Bagi wisatawan yang ingin bermain flying fox, di Kalibiru juga terdapat fasilitas permainan ini yang bisa dilakukan oleh anak-anak maupun orang dewasa.

salah satu spot foto di yogyakarta
Salah Satu Spot Foto (Sumber: 1080.plus)

Tempat wisata ini memiliki sebuah menara pandang yang menjadi primadona obyek wisata ini. Setelah fotonya muncul di akun instagram salah satu selebritis Ibukota, Kalibiru semakin dikenal oleh para wisatawan. Dan sebenarnya, menara pandang tersebut merupakan tempat start dan finish-nya wahana outbond yang ada di Kalibiru. Tapi kini, menara pandang tersebut lebih sering digunakan sebagai tempat berfoto oleh para wisatawan. Berhubung lokasinya di atas pohon, wisatawan yang ingin berfoto di menara pandang tersebut harus menaiki tangga yang ada di sini. Oleh karena itu, seorang penjaga akan membantumu untuk menaiki menara pandang tersebut. Dan demi kenyamanan dan keselamatan bersama, tiap pengunjung yang ingin berfoto di tempat ini akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 10.000,00/ orang.

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Kalibiru

Menyeberangi Jembatan di Atas Ketinggian

Salah satu aktivitas yang paling digandrungi wisatawan di Kalibiru adalah menyeberangi jembatan kayu dari atas ketinggian. Ya, menyeberangi jembatan kayu dari ketinggian merupakan salah satu permainan dari lima rangkaian permainan yang bisa kamu coba di tempat ini. Adapun urutan game tersebut pertama dimulai dengan panjat batu, lalu dilanjut dengan berjalan di atas jaring, kemudian berjalan di atas tali tunggal, disambung dengan permainan berjalan di atas jembatan kayu, dan yang terakhir adalah flyingfox, yakni bergelantungan di atas seutas tali yang meluncur dan mendarat pada papan yang terletak di atas pohon.

menyeberangi jembatan di atas ketinggian
Menyeberangi Jembatan di Atas Ketinggian (Sumber: shallypunyacerita.blogspot.com)

Trekking Mengitari Kawasan Kalibiru

Trekking merupakan salah satu aktivas seru yang tak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke tempat wisata ini. Di sini kamu bisa memilih tiga jalur trekking dengan jarak yang bervariasi, yakni jalur trekking sejauh 1,5 km, 3 km, ataupun yang terjauh adalah 7 km. Selain itu, dengan memilih kegiatan trekking sebagai aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini, kamu juga bisa melihat indahnya Waduk Sermo dari jarak yang cukup dekat. Dan jika beruntung, saat trekking melewati jalan setapak, kamu juga bisa menemui hewan-hewan langka seperti halnya Elang Jawa, Ayam Hutan, maupun Landak.

jalur trekking wisata kulonprogo
Jalur Trekking di Kalibiru (Sumber: lovinaku,com)

Berfoto di Menara Pandang

Menara pandang yang terdapat di sini sebenarnya merupakan tempat start dan finish-nya wahana outbond yang ada di Kalibiru. Tapi kini, menara pandang tersebut lebih sering digunakan sebagai tempat berfoto para wisatawan. Berhubung lokasinya berada di atas pohon, wisatawan yang ingin berfoto di menara pandang harus menaiki tangga kecil yang terbuat dari bambu. Oleh karena itu, demi keselamatan dan kenyamanan bersama, maka tiap pengunjung yang ingin berfoto di tempat tersebut diwajibkan membayar biaya tambahan sebesar Rp 10.000,00. Biaya tersebut tak lain digunakan sebagai tarif operasional dan penjagaan dari pemandu tempat wisata.

melihat keindahan dari menara pandang
Berfoto di Menara Pandang (Sumber gambar: ehloo.com)

Tips Berwisata

Salah satu hal yang tak boleh kamu lewatkan saat berada di tempat wisata ini adalah berfoto di spot menara pandang. Jika kamu ingin mendapatkan hasil jepretan yang maksimal, kamu bisa berkunjung ke tempat ini pada pagi atau sore hari. Sebab, ketika matahari mulai terbenam, suasana di obyek wisata Kalibiru juga akan berubah menjadi sedikit melankolis. Dengan cahaya kemuning sore hari, maka foto-foto yang akan kamu dapatkan pun jadi lebih eksotis. Namun, jika kamu ingin berkunjung ke Kalibiru pada pagi hari, pastikan kamu datang ke tempat ini sebelum pukul 9 pagi. Hal itu perlu kamu lakukan agar kamu terhindar dari sinar matahari yang cukup terik.

foto menara pandang kalibiru jogja
menara pandang kalibiru (sumber foto: Dok. pribadi penulis)

Selain itu, di sini juga terdapat beberapa gardu pandang yang bisa dicapai dengan trekking menyusuri jalan setapak yang sudah dicor. Gardu pandang ini tersebar di berbagai tempat dengan pemandangan utama menghadap ke Waduk Sermo. Saat pagi hari, kamu bisa menyaksikan Waduk Sermo yang berselimutkan kabut. Sedangkan saat senja, pemandangan matahari yang terbenam di sebelah barat akan menjadi penutup hari yang sempurna. So, kamu bisa memilih datang ke tempat ini pada pagi hari maupun sore hari.

Sekilas Informasi Tentang Tempat Wisata

Secara administrasi, Kalibiru terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk menuju lokasi, jarak tempuh yang kamu butuhkan sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Jogja. Jika kamu sudah sampai di lokasi, maka kamu akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5000,00/ orang dan tarif parkir sebesar Rp. 2000,00/ motor, dan Rp. 5000,00/ mobil. Beberapa fasilitas pendukung lainnya juga telah disediakan di sini, antara lain: kios penjaja makanan, homestay, camping ground, toilet, pendopo, dan beberapa gazebo yang bisa kamu gunakan untuk bersantai sembari menunggu saat terbenamnya matahari.

harga tiket masuk kalibiru kulon progo
Tiket Masuk Kalibiru (Sumber gambar: ariadenta.wordpress.com)

Untuk menikmati spot dengan pemandangan terbaik, kamu bisa memanfaatkan menara pandang yang tersedia di sini. Biaya untuk menaiki menara pandang tersebut dipatok dengan harga Rp. 10.000,00/ orang. Selain itu, jika kamu ingin menikmati panorama sunrise di Kalibiru, maka kamu bisa menginap di sini dengan menyewa sebuah homestay yang cukup terjangkau harganya, yakni sebesar Rp. 200.000,00/ malam. Ya, masing-masing homestay tersebut bisa menampung 10 hingga 15 orang. Jadi kamu bisa lebih berhemat jika menginap di tempat ini.

Cara Menuju Kalibiru

Untuk menuju tempat wisata ini, setidaknya terdapat dua jalur yang bisa kamu pilih. Jalur pertama adalah Jalur Sermo, dan yang kedua adalah Jalur Clereng. Untuk jalur yang pertama ini merupakan jalur favorit yang banyak dilewati para wisatawan. Mengingat, Jalur Sermo menawarkan panorama yang lebih elok berupa pemandangan alam Waduk Sermo.

Waduk Sermo
Waduk Sermo (sumber foto: Dok. pribadi penulis)

Adapun rute untuk jalur pertama adalah sebagai berikut: dari pusat Kota Yogyakarta, pilih jalur menuju Sentolo – Pengasih – Alun-alun Wates – RSUD Wates – Beji – Sermo – Kalibiru. Sedangkan untuk Jalur Clereng, kamu bisa menempuh rute berikut ini: dari pusat Kota Yogyakarta, ambil jalur sama ke arah Sentolo. Bedanya, sesampainya di perempatan Pengasih, ambil jalan ke arah kanan menuju Clereng – Kalibiru. Sesampainya di Pasar Clereng, jalan terus sampai menemukan jembatan yang ada penunjuk arahnya ke Kalibiru.

Oleh-oleh

Kulon Progo memiliki satu makanan khas yang disebut Geblek. Makanan ini terbuat dari tepung tapioka dan memiliki bentuk khas seperti angka delapan. Teksturnya cukup kenyal, dan tentunya akan sangat nikmat jika disajikan selagi hangat. Ya, geblek ini sangat terkenal di Kulon Progo, maka tak heran jika menu kuliner ini dijadikan sebagai salah satu ikonnya Kota Kulon Progo.

geblek khas kulon progo
Geblek khasKulon Progo (Sumber: eksotisjogja.com)

Untuk membuat geblek, bahan yang digunakan sebenarnya cukup sederhana, yakni terdiri dari tepung tapioka, bawang putih, dan sedikit garam. Geblek sangat cocok bila disajikan selagi hangat. Karena jika lebih dari satu jam, maka makanan ini akan terasa keras dan alot. Namun apabila disajikan selagi hangat, Geblek ini akan terasa kering dibagian luar dan terasa kenyal di bagian dalamnya.

Tempat Wisata Lain Dekat Kalibiru

Kebun Teh Nglinggo

Obyek wisata berupa kebun teh ini terletak di Dusun Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, obyek wisata ini masuk dalam Desa Wisata Nglinggo yang terletak di puncak perbukitan menoreh Kulon Progo. Para wisatawan yang datang di tempat ini bisa menikmati keindahan alam perbukitan menoreh sembari melihat petani memetik daun teh saat musim panen tiba.

kebun teh nglinggo
Kebun Teh Nglinggo (Sumber foto: Dok. pribadi penulis)

Di area kebun teh ini telah disediakan tempat untuk bersantai bagi para wisatawan yang ingin menikmati alam bersama keluarga, teman, maupun kerabat dekat. Di hari libur, tempat wisata kebun teh ini sangat ramai didatangi pengunjung. Rata-rata wisatawan yang berkunjung ke tempat ini adalah anak-anak muda yang suka berburu foto. Ya, obyek wisata ini sangatlah cocok buat kamu yang ingin menenangkan diri dari ingar-bingar perkotaan.

Kedung Pedut

Kedung Pedut merupakan satu dari tiga air terjun yang ada di desa wisata Jatimulyo. Tepatnya berada di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, atau sekitar 40 km dari pusat Kota Jogja. Keindahan Kedung Pedut memang tak perlu diragukan lagi. Ya, jika kamu kamu berkunjung ke tempat ini, pasti kamu akan dibuat terkejut saat melihat kolam air yang berwarna hijau tosca.

kedung pedut
Kedung Pedut (Sumber foto: Dok. pribadi penulis)

Memang, obyek wisata Kedung Pedut ini memiliki warna air yang sangat cantik. Bahkan, pada waktu-waktu tertentu, air terjun ini memiliki dua warna sekaligus, yakni putih jernih dan hijau tosca. Warna putih jernih berada pada kolam jatuhnya air, sedangkan warna hijau tosca berada di kolam bagian bawah. Masyarakat sekitar meyakini bahwa warna hijau tosca itu berasal dari endapan bebatuan kapur yang membentuk menjadi suatu pemandangan yang cukup cantik. Maka tak heran jika banyak pengunjung yang senang mengabdikan foto di atas kolam tersebut.

Kontributor: Drajat T. Jatmiko
Mengunjungi Kalibiru pada bulan Juli 2014
Tanggal upload artikel: 29 Agustus 2016

Tempat wisata menarik lainnya:

1. Pantai Klayar – Kemegahan Alam dan Seruling Samudra Yang Tak Ada Duanya

2. Curug Leuwi Hejo – Jernihnya Air dan Asrinya Pepohonan yang Menakjubkan

3. Pulau Pari – Primadona Wisata Bahari di Kepulauan Seribu

About Drajat Jatmiko

Drajat T. Jatmiko, pemuda kelahiran Blora yang suka jalan-jalan, baca buku, dan bersepeda santai. Ia pernah punya cita-cita jadi seorang astronot. Tapi semenjak ada kabar flat-earth, akhirnya ia banting stir jadi penulis artikel. Kini ia tinggal dan menetap di Prambanan, Yogyakarta. Bisa ditemui di instagramnya: @dt_jatmiko

Check Also

Keraton Yogyakarta: Wisata Sejarah Kehidupan Kerajaan di Jogja

Keraton Yogyakarta atau disebut juga dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *