Home > TEMPAT WISATA > Wisata Kebun Raya Bogor – Foto & Review Lengkap

Wisata Kebun Raya Bogor – Foto & Review Lengkap

Kebun Raya Bogor merupakan sebuah kebun besar yang terletak di Bogor, Jawa Barat. Sebagai sebuah kota yang dikelilingi pegunungan dan memiliki tanah yang subur serta berudara sejuk telah memikat Gubernur Jenderal Hindia Belanda saat itu, Thomas Stamford Raffles untuk mendirikan sebuah Istana yang sekarang dikenal Istana Bogor. Raffles yang memiliki minat besar dalam botani tertarik mengembangkan halaman Istana Bogor menjadi sebuah kebun yang cantik. Dengan bantuan ahli botani bernama W. Kent, halaman istana tersebut dibuat menjadi taman bergaya Inggris klasik yang menjadi cikal bakal Kebun Raya Bogor sekarang.

kebun raya bogor
Suasana Pengunjung di Taman Astrid, Kebun Raya Bogor (sumber foto: raunraunyuk.blogspot.com)

Sebelum dikembangkan oleh Gubernur Raffles, Kebun Raya Bogor pada mulanya adalah bagian dari ‘samida’ (hutan buatan atau taman buatan) pada pemerintahan Prabu Siliwangi dari Kerajaan Sunda sekitar abad ke 14.

Lihat juga tempat wisata menarik lainnya: Tebing Keraton Bandung atau Gunung Bromo

Dalam prasasti Batutulis, hutan buatan itu ditujukan untuk keperluan menjaga kelestarian lingkungan sebagai tempat memelihara benih benih kayu yang langka. Setelah Raffles tidak berkuasa lagi, Istana Bogor diambil alih oleh Gubernur Jenderal G. A. G. P. Baron van der Capellen yang atas gagasan Reinwardt kemudian mendirikan kebun botani sebagai kebun penelitian dan pengembangan tanaman perkebunan. Pada 18 Mei 1817 kebun raya botani tersebut diresmikan dengan nama ’s Lands Plantentuin te Buitenzorg dalam bahasa Belanda yang berarti “tidak perlu khawatir”. (sumber data: www.wikipedia.co.id).

Monumen Reinwardt
Monumen Reinwardt (sumber gambar: liburkeluarga.com)

Terletak di Jl. Ir. Juanda No.13, Bogor, Jawa Barat, Kebun Raya Bogor merupakan habitat seluas 87 hektare bagi sekitar 3.301 spesies tumbuhan, yang terbagi ke dalam 1.227 genus dan 218 family. Kelengkapan koleksi dan pengelolaannya menjadikkanya sebagai kebun botani terbaik keenam di dunia dan terbaik pertama di Asia Tenggara. Tak heran hal ini menjadi daya tarik bagi bagi wisatawan dari dalam maupun luar negeri. (sumber data: www.krbogor.lipi.go.id).

taman yang indah di bogor
Taman yang Indah dan hamparan rumput yang hijau menjadi favorit pengunjung (sumber : Dok. pribadi penulis)

Letaknya di pusat kota Bogor dan dekat dari ibukota Jakarta menjadikan objek wisata ini cocok bagi kamu yang ingin berlibur bersama keluarga atau teman-teman. Hamparan rumput hijau yang luas serta pepohonan rindang bisa untuk bermain dan bersantai sambil menghirup udara segar. Tak hanya keindahan alamnya, berbagai koleksi tumbuhan dan hewan awetan yang dimiliki oleh kebun raya ini merupakan sarana pendidikan yang menarik dan cocok bagi semua kalangan.

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Kebun Raya Bogor

1. Melihat Koleksi Tumbuhan Sambil Berkeliling Kebun Raya Bogor

Hanya disinilah kamu bisa melihat koleksi tumbuhan langka dari dalam maupun luar negeri secara leluasa. Pengelola telah memberi papan keterangan di setiap tumbuhan atau pohon langka tersebut sehingga pengunjung bisa menambah wawan seputar ilmu botani. Selain melihat koleksi tumbuhan kamu juga bisa mengunjungi tempat-tempat menarik lainnya seperti Monumen Olivia Raffles, Makam-makam Belanda, Taman Meksiko, Taman Astrid, Jembatan Merah dll. Mengenai Jembatan merah, terdapt mitos yang sangat terkenal disini, konon katanya pasangan yang melalui jembatan ini tidak akan langgeng hubugannya. Jangan lupa untuk mengunjungi kawasan danau Gunting, karena dari situ kamu bisa melihat pekarangan belakang Istana Bogor yang cantik dan rusa-rusa peliharaan istana yang berkeliaran di taman rerumputan yang luas.

Monumen Olivia Raffles
Monumen Olivia Raffles (sumber gambar: bayuwinata.wordpress.com)
jembatan merah
Jembatan Merah (sumber : Dok. pribadi penulis)

2. Piknik Bersama Keluarga Maupun Teman

Melihat banyaknya rerumputan hijau yang luas serta rindangnya pepohonan sungguh menggoda siapa saja untuk bersantai menikmatinya. Saat kamu berkunjung, tak ada salahnya untuk membawa tikar dan bekal makanan, setelah lelah berkeliling kamu bisa beristirahat sambil menikamti pemandangan tempat wisata ini bersama keluarga atau teman-temanmu. Taman-taman yang indah dan luas di sini menjadi favorit warga Bogor dan sekitarnya untuk sekedar melepas penat sambil berpiknik bersama keluarga.

piknik bersama teman di kebun
Piknik asyik bersama teman-teman (sumber: Dok. pribadi penulis)

Mengunjungi Museum Zoologi

Setelah melihat berbagai macam jenis tumbuhan, tak ada salahnya menambah pengetahuan kita mengenai hewan dengan mengunjungi Museum Zoologi yang bisa dimasuki secara gratis. Museum ini didirikan pada tahun 1894 yang digagasi oleh J. C. Koningsberger yaitu ahli botani berkebangsaan Jerman yang merupakan salah satu tokoh perintis dan pengembang Kebun Raya Bogor pada masanya. Di dalam museum ini terdapat beberapa kerangka dan jenis binatang yang diawetkan, diantaranya: burung, kepiting, serangga, ikan, dan lain sebagainya hingga mencapai 2000 spesies. Salah satu yang menarik adalah terdapat kerangka hewan mamalia terbesar di dunia yaitu paus biru.

Kerangka Paus Biru
Koleksi Kerangka Paus Biru (sumber: hellobogor.com)

Melihat Mekarnya Bunga Raflessia Arnoldi

Salah satu daya tarik di Kebun Raya Bogor ini ialah bunga Rafflesia Arnoldi atau dikenal dengan bunga bangkai raksasa yang berasal dari wilayah Sumatera. Bunga yang berada di Kebun Raya Bogor sendiri berjenis Rafflesia Patma Blume dan merupakan salah satu bunga terbesar di dunia. Selain identik dengan bau bangkainya yang menyengat, bunga ini memiliki warna yang mencolok paduan antara merah dan kuning. Sayangnya kamu tidak bisa setiap saat melihat bunga istimewa ini karena siklus mekarnya antara 2-5 tahun. Untuk mencari informasi mekarnya bunga kamu bisa kunjungi website resminya di www.krbogor.lipi.go.id.

Bunga Rafflesia Patma Blume
Bunga Rafflesia Patma Blume yang sedang mekar (sumber: www.bogorkid.wordpress.com)

Tips Berwisata

Bogor terkenal dengan julukan kota hujan, maka dari itu siap sedialah untuk membawa payung yang bisa melindungi dari panas terik maupun hujan. Saat libur panjang seperti libur Lebaran, Kebun Raya Bogor akan dipadati ribuan pengunjung, maka dari itu bagi kamu yang ingin menikmati susasana yang tenang dan asri, berkunjunglah saat hari biasa.  Agar bisa mengelilingi arealnya yang luas secara efisien, sebaiknya tentukan rute yang akan diambil untuk mengunjungi tempat-tempat yang menarik bagimu dengan melihat peta informasi di dekat pintu masuk. Gunakanlah alas kaki yang nyaman karena kamu akan berjalan kaki jauh. Bawalah bekal makan dan minuman karena pedagang yang berjualan hanya ada di spot-spot tertentu.

sedia payung sebelum datang hujan di bogor
Sedia payung sebelum hujan (sumber foto: Dok. pribadi penulis)

Sekilas Informasi Tentang Tempat Wisata

Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 06:00 WIB sampai pukul 17:00 WIB tarif masuk bagi pengunjung Kebun Raya Bogor Rp. 14.000,- /orang dan untuk Wisatawan Asing Rp. 25.000,- / orang. Saat pengunjung tidak terlalu ramai, kendaraan roda 4 pribadi bisa masuk berkeliling dengan membayar Rp. 30.000/mobil. Tersedia juga fasilitas Sepeda Keliling dengan tarif Rp. 5.000,-./orang. Sebaiknya hindari berkunjung kesini saat musim hujan sekitar bulan November – Maret karena curah hujan di sini sedang tinggi-tingginya.

pintu masuk kebun raya bogor
Pintu Masuk Utama Kebun Raya Bogor (sumber gambar: wikimapia.org)

Jika kamu bertujuan menginap di Kota Bogor terdapat beberapa alternatif. Salah satunya dengan menyewa Guest House Nusa Indah yang disewakan pengelola Kebun Raya Bogor dengan tarif Rp. 3.500.000,- /rumah, biasanya digunakan untuk acara family gathering. Alternatif lainnya dengan menginap di hotel-hotel yang banyak terdapat di kota Bogor yang sesuai selera dan budgetmu. Di dalam areal kebun raya tepatnya di taman Astrid terdapat Cafe Dedaunan dimana kamu bisa bersantap sambil menikmati pemandangan taman yang indah. Terdapat juga beberapa pedagang kaki lima di beberapa lokasi yang menjual nasi kotak, makanan kecil dan mimunan untuk pengunjung.

Cara Menuju Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor ini terletak di pusat kota dan sangat strategis dan mudah dijangkau dari Jakarta.  Jika kamu berasal dari luar Jakarta, kamu bisa menggunakan pesawat atau kereta api menuju Jakarta terlebih dahulu, atau langsung menggunakan Bus dari kotamu menuju terminal Baranangsiang Bogor. Dari Jakarta selanjutnya bisa menggunakan kereta Commuter Line menuju Stasiun Bogor lalu naik angkot 03 jurusan Bubulak – Baranangsiang dan turun di Pintu Utama Kebun Raya Bogor.  Alternatif lainnya dari Jakarta bisa menggunakan Bus APTB yang terkoneksi dengan Transjakarta atau bus umum menuju Bogor yang bisa ditemukan dari terminal-terminal besar di Jakarta.

peta lokasi krb
Peta lokasi tempat wisata (sumber gambar: krbogor.lipi.go.id)

Oleh-oleh

Siapa yang tidak kenal asinan Bogor, makanan khas ini bisa kamu jadikan oleh-oleh sehabis mengunjungi Kebun Raya Bogor. Asinan ini banyak dijajakan pedagang di sekitar pintu masuk tempat wisata ini. Di dalam area wisatanya juga terdapat toko tanaman/Garden Shop yang menjual bibit tanaman hias, tanaman langka, anggrek botolan, buku-buku ilmu pengetahuan, kompos dan aneka souvenir lainnya. Selain yang disebutkan  di atas, kamu juga bisa membeli kuliner terkenal lainnya dari Bogor seperti Roti Unyil, Lapis Bogor, Macaroni Panggang dll.

garden shop bogor
Bibit tanaman dan souvenir yang dijual di Garden Shop (sumber gambar: www.krbogor.lipi.go.id)

Tempat Wisata Lain dekat Kebun Raya Bogor

The Jungle Waterpark

Terletak di The Jungle Waterpark merupakan wahana wisata air yang menyediakan berbagai macam permainan untuk anak kecil dan orang dewasa. Terletak di daerah perumahan Bogor Nirwana Residence, objek wisata ini bisa ditempuh sekitar 30 menit dari Kebun Raya Bogor dengan kendaraan bermotor. Selain wahana permainan air The Jungle Waterpark juga memilki fasilitas sinema 4D, taman burung dan akuarium raksasa. Dengan tiket masuk seharga Rp. 80.000/orang, objek wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh keluarga yang mempunyai anak kecil.

the jungle waterpark
The Jungle Water Park (sumber gambar: aangraunilanwar.wordpress.com)

Curug Nangka

Berada di kaki Gunung Salak, tepatnya di daerah Ciapus, Curug Nangka menjadi salah satu wisata alam menarik di kota Bogor. Objek wisata ini berjarak kurang lebih 60 menit dari Kebun Raya Bogor dengan kendaraan bermotor dan untuk tiket masuknya seharga Rp. 7.500/orang. Untuk menuju curug ini dari pintu masuk, kamu harus menyusuri jalan setapak dengan berjalan kaki sekitar 30 menit. Sesampainya di atas, kamu akan menemukan curug dengan ketinggian kurang lebih 20 meter dan dikelilingi tebing yang menghijau. Aliran airnya tidak terlalu deras dan merambat pada dinding tebing, sehingga di kolom alami di bawahnya bisa dijadikan tempat mandi sambil merasakan sensasi dipijat oleh aliran air terjun ini.

curug nangka
Curug Nangka (sumber foto: aangraunilanwar.wordpress.com)

Kontributor: Antin Agustin
Mengunjungi Kebun Raya Bogor pada bulan Januari 2013
Tanggal upload artikel: 14 Juni 2016

Tempat wisata lain yang tak kalah menarik:

1. Jatim Park 2 – Taman Bermain dan Wahana Edukasi Terlengkap di Malang

2. Museum Angkut – Wisata Edukasi Paling Instagenic di Batu Malang

3. Pulau Pari – Primadona Wisata Bahari di Kepulauan Seribu

About Antin Agustin

Pemilik nama lengkap Tri Settyo Agustin, berdomisili di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Seorang pecinta kereta api yang bermimpi menelusuri jalur kereta api di seluruh dunia. Hobi travelling, badminton, membaca, dan sedang belajar menulis, berbagi kisah perjalanannya agar bermanfaat bagi orang lain. Mari jelajahi negerimu, kenali negerimu, dan cintai negerimu dengan travelling. Kunjungi kisah perjalanan saya lainnya di antinagustin.wordpress.com Salam, @antin.agustin

Check Also

Wisata Keraton Yogyakarta – Foto & Review Lengkap

Keraton Yogyakarta atau disebut juga dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *