Home > TEMPAT WISATA > Pantai Nglambor Snorkeling Jogja – Foto & Review Lengkap

Pantai Nglambor Snorkeling Jogja – Foto & Review Lengkap

Pantai Nglambor merupakan sebuah pantai indah dan tempat snorkeling terbaik yang ada di Jogja. Jika kamu sedang dilanda bosan, maka datanglah ke tempat wisata ini, niscaya perasaan itu akan segera sirna ketika kamu memandang keindahan bawah lautnya. Ya, pantai yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul ini menawarkan satu lanskap alam yang begitu memukau. Selain terkenal karena keindahannya, objek wisata ini juga didapuk sebagai salah satu tempat snorkeling terbaik di Yogyakarta. Oleh karena itu, tak heran jika banyak wisatawan yang rela berkunjung ke tempat ini hanya untuk menikmati keindahan bawah laut Pantai Nglambor.

pantai nglambor
Sumber foto: Dok. pribadi penulis

Lihat juga tempat wisata menarik lainnya: Pantai Indrayanti atau Jogja Bay

Untuk mencapainya dari pusat Kota Yogyakarta, perjalanan menggunakan kendaraan bermotor membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Di sini kamu bisa menemukan beberapa keunikan yang tak akan kamu jumpai di tempat lain. Salah satunya adalah penampakan dua batu karang raksasa yang menyerupai sepasang kura-kura. Tak hanya itu saja. Pesona air lautnya yang jernih, tentu akan memanjakanmu untuk melihat hiasan laut berupa terumbu karang, bintang laut, ikan dengan berbagai warna, serta aneka biota laut lainnya.

keindahan pantai
Sumber foto: Dok. pribadi penulis

Sebagai objek wisata yang cukup terkenal untuk melakukan kegiatan snorkeling, tempat wisata ini terbilang baru di Yogyakarta. Karena sebelumnya sudah ada Pantai Sadranan dan Wedi Ombo yang juga menawarkan aktivitas yang serupa. Secara keseluruhan, Pantai Nglambor mempunyai sebuah teluk yang sangat cantik. Tepat di depan teluk tersebut, terdapat dua pulau karang raksasa yang bentuknya menyerupai sepasang kura-kura yang saling berkejaran. Selain menambah kecantikan panorama pantai, ternyata dua pulau karang raksasa tersebut juga memiliki fungsi sebagai penahan ombak. Sehingga, hal tersebut membuat perairan di tepi pantainya menjadi dangkal. Maka tak heran, jika banyak terumbu karang yang tumbuh dengan subur di sini, karena memang terbebas dari terjangan ombak yang besar.

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Nglambor

Berfoto dan Bermain Pasir Putih di Tepi Pantai

Wilayah Pantai Nglambor didominasi oleh bebatuan karang, kolam besar yang digunakan untuk snorkeling, serta tanaman berduri yang ada di sekelilingnya. Meski wilayah pantainya tak seluas pantai-pantai lain di Gunungkidul, tapi kamu juga bisa bermain pasir putih di sini. Nah, jika kamu datang ke pantai ini dengan si buah hati, maka kamu bisa bermain pasir pantai dengan membuat kreasi bangunan atau bentuk lainnya. Secara keseluruhan, keadaan Pantai Nglambor  cukup bersih, jauh dari sampah. Oleh karenanya, kamu bisa memanfaatkan momen tersebut dengan berfoto bersama si buah hati, dengan background hamparan pasir putih yang sungguh memukau, serta deretan pulau karang yang menyerupai sepasang kura-kura.

pantai dengan pasir putih di jogja
Sumber gambar: www.telusurindonesia.com

Berenang dan Snorkeling

Aktivitas ini memang tak boleh kamu lewatkan jika kamu sedang berkunjung ke pantai ini. Ya, kurang lengkap rasanya jika kamu datang ke sini tanpa mencicipi sensasi ber-snorkeling di Pantai Nglambor. Nah, jika kamu berminat dan ingin mencoba aktivitas seru ini, maka kamu bisa menyewa peralatan untuk snorkeling dengan harga yang cukup bervariatif, yakni sebesar Rp. 35.000,00 – Rp. 250.000,00/ setnya (tergantung berapa banyak orang yang ingin ikut ber-snorkeling).

tempat snorkeling terbaik di jogja
Sumber gambar: www.wisataku.id

Adapun perlengkapan yang disewakan tersebut meliputi masker, snorkel, kacamata renang, sepatu karet, dan juga bonus tiga frame foto di bawah air ketika sedang melakukan kegiatan snorkeling. Jadi, selain bisa menghibur diri, kamu juga bisa eksis dan memamerkan hasil jepretanmu di jejaring sosial. Ya, tentunya setelah kamu berfoto di dasar air bersama ikan-ikan hias nan cantik.

Menikmati Pantai dari Atas Bukit

Selain menikmati kegiatan snorkeling, kamu juga bisa mencoba pengalaman lain dengan berjalan menuju bukit yang terletak di sebelah barat Pantai Nglambor. Untuk mencapainya, kamu bisa melewati jalan setapak dengan rute yang cukup asyik untuk dilalui. Sesampainya di sana, kamu akan disuguhi lanskap yang menakjubkan berupa pemandangan Samudera Hindia yang terbentang luas, lengkap dengan siluet burung-burung camar yang sesekali melintas di atas awan. Tak hanya itu saja. Dari atas bukit ini, kamu juga bisa bersantai sembari menunggu senja datang.

keindahan bukit di nglambor
Sumber foto: Dok. pribadi penulis

Tips Berwisata

Biasanya, pantai-pantai di Gunungkidul memiliki cuaca yang teramat terik. Untuk itu, persiapkanlah bekal yang memadahi seperti halnya sunblock, topi, kacamata hitam, dan peralatan snorkeling. Selain itu, bawalah juga sandal karet karena kamu akan melewati bebatuan karang yang cukup tajam untuk mencapai kawasan pantainya.

melihat ikan cantik di pantai
Sumber gambar: kompasiana.com

Nah, waktu yang paling tepat untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah di pagi hari. Karena pada saat itu, keadaan air lautnya sedang dalam posisi prima (tidak terlalu surut dan tidak terlalu pasang), sehingga kamu bisa menikmati keindahan bawah laut Pantai Nglambor tanpa takut tersangkut di celah-celah bebatuan karang. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan yang cukup indah dari atas bukit jika datang di pagi hari.

Sekilas Informasi Tentang Tempat Wisata

Pos penjagaan tiket masuk ke kawasan Pantai Nglambor dibuka selama 24 jam. Tapi yang jelas, sangat tidak direkomendasikan jika kamu datang malam-malam ke tempat ini, karena di sini belum tersedia penginapan. Untuk tarif retribusinya, dibandrol dengan harga sebesar Rp. 7.000,00/ orang. Biaya tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan bermotor yang akan ditarik di pos retribusi Pantai Siung. Kamu pun tak perlu khawatir menahan rasa lapar dan dahaga. Sebab kabarnya, di sini sudah banyak tersedia warung-warung penjaja makanan yang terletak di sepanjang jalan menuju pantai. Dan tentu saja, kamu bisa menikmati minuman segar seperti halnya es kelapa muda khas tempat wisata ini.

harga paket snorkeling pantai nglambor
Sumber gambar: yogski.wordpress.com

Cara Menuju Pantai Nglambor

Jika kamu berangkat dari Kota Yogyakarta, maka pertama-tama kamu melewati jalan lingkar/ ring road timur sampai bertemu dengan perempatan jalan Wonosari. Setelah itu, beloklah ke arah timur mengikuti Jalan Wonosari sampai bertemu dengan Alun-alun Kota Wonosari yang terletak di sebelah kiri jalan. Mulailah berjalan pelan karena kamu akan berbelok ke kanan mengikuti jalan beraspal menuju Pantai Baron.

Ikutilah jalan tersebut sampai kamu mendapati kantor BRI di sebelah kiri jalan. Beberapa ratus meter berikutnya, akan ada pertigaan yang cukup besar. Nah, dari pertigaan tersebut, beloklah ke arah timur, lalu ikuti terus jalan tersebut. Sampai di sini, kamu hanya perlu bertanya kepada penduduk sekitar di mana lokasi Pantai Nglambor. Atau bertanya saja di mana letak keberadaan Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Oleh-oleh

Jika berbicara tentang oleh-oleh, Kabupaten Gunungkidul memiliki beberapa makanan khas yang bisa kamu peroleh dengan mudah di pusat oleh-oleh yang ada pusat kotanya. Untuk harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Berbagai macam olahan ketela/ singkong bisa dengan mudah kamu dapatkan di sini. Misalnya saja gethuk, gathot, thiwul, growol, dan lain sebagainya. Selain itu, jika kamu beruntung, kamu juga bisa mendapati olahan khas berupa belalang goreng atau bacem. Meskipun kuliner ini terdengar agak ekstrim, tapi menu ini sungguh menggoda dan cukup diminati para pelancong yang datang dari luar kota.

oleh oleh walang goreng
Sumber gambar: belalanggoreng.com

Tempat Wisata Lain Dekat Pantai Nglambor

Pantai Jogan

Sebelum memasuki kawasan Pantai Nglambor, tentunya kamu akan melewati wilayah Pantai Jogan dan Siung terlebih dahulu. Oleh karenanya, untuk mencapai pantai ini pun caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu memutar balik arah, dan kamu akan bertemu dengan keindahan alam yang tiada duanya ini. Nah, bila kamu sampai di Pos Retribusi Pantai Siung, artinya Pantai Jogan sudah dekat, karena sekitar 400 meter dari pos tersebut, akan terlihat papan kayu penunjuk arah menuju Pantai Jogan.

pantai jogan
Sumber foto: Dok. pribadi penulis

Dari situlah jalan setapak akan menjadi pemandu dan akan mengantarkanmu dengan didampingi dua sungai kecil di sisi kiri yang nantinya akan menyatu dan menjelma menjadi sebuah air terjun di tepi pantai. Tapi sayang sekali, keelokan air terjun tersebut hanya bisa disaksikan saat musim penghujan, sementara di musim kemarau, debit air yang mengalir sangatlah kecil. Ditambah lagi dengan aktivitas penyedotan airnya demi menunjang keperluan warga setempat. Tapi istimewanya, kamu akan mendapati sebuah pemandangan langka berupa air terjun yang tersembunyi di balik perbukitan karst, yang jatuh secara langsung ke bibir laut.

Pantai Siung

Pantai Siung cukup terkenal karena bentuk tebingnya yang curam. Setidaknya terdapat 250 rute pendakian yang masing-masing memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi. Ya, Pantai Siung memiliki hamparan pasir putih, atau yang dikenal dengan sebutan batu karang raksasa. Penggemar olahraga eskalasi tentu familiar dengan pantai ini. Serangkaian acara panjat tebing tingkat nasional dan internasional juga sering diadakan di sini. Tapi untuk sampai ke pantai Siung, kamu harus melakukan perjalanan dengan medan yang cukup melelahkan. Nah, untuk cara yang paling mudah adalah dengan mengendarai sepeda motor atau mobil offroad, karena kamu belum bisa menemukan transportasi umum di tempat ini.

pantai siung
Sumber gambar: wisatanesia.co

Kontributor: Drajat T. Jatmiko
Mengunjungi Pantai Nglambor pada bulan Januari 2015
Tanggal upload artikel: 26 Juni 2016

Tempat wisata menarik lainnya:

1. Kota Tua Jakarta – Melihat Eropa ala Jakarta Yang Penuh Sejarah

2. Candi Borobudur – Warisan Budaya Terlaris di Seluruh Dunia

3. Pulau Harapan – Tempat Terbaik Menjelajahi ‘Pulau Seribu’ Yang Sebenarnya

About Drajat Jatmiko

Drajat T. Jatmiko, pemuda kelahiran Blora yang suka jalan-jalan, baca buku, dan bersepeda santai. Ia pernah punya cita-cita jadi seorang astronot. Tapi semenjak ada kabar flat-earth, akhirnya ia banting stir jadi penulis artikel. Kini ia tinggal dan menetap di Prambanan, Yogyakarta. Bisa ditemui di instagramnya: @dt_jatmiko

Check Also

Wisata Keraton Yogyakarta – Foto & Review Lengkap

Keraton Yogyakarta atau disebut juga dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *