Home > TEMPAT WISATA > Pantai Parangtritis: Berburu Keindahan Sunset di Pantai Jogja

Pantai Parangtritis: Berburu Keindahan Sunset di Pantai Jogja

Pantai Parangtritis adalah salah satu obyek wisata pantai yang paling tersohor di Kota Yogyakarta. Lokasinya terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain terkenal karena keindahan alamnya yang memukau, pantai yang menjadi andalan Kota Yogyakarta ini juga dikenal karena aroma mistisnya yang begitu kental. Maka tak heran jika di saat-saat tertentu, kamu bisa menjumpai sebuah ritual adat yang biasa dilakukan oleh masyarakat setempat di sekitar pantai ini.

pantai parangtritis
Pantai Parangtritis (sumber gambar: wisataarea.com)

Lihat juga tempat wisata menarik lainnya: Kalibiru atau Gunung Bromo

Tak hanya itu saja. Pantai ini juga disebut sebagai salah satu lambang kekuatan trimurti yang ada di Kota Yogyakarta – bersama Gunung Merapi, dan juga Keraton Kasultanan Ngayogyakarta. Masyarakat setempat juga meyakini, bahwa keberadaan Pantai Parangtritis ini telah mewakili elemen air, sedangkan Gunung Merapi mewakili elemen api, dan Keraton Kasultanan Ngayogyakarta berperan sebagai penyeimbang di antara keduanya. Dan jika ditarik satu garis lurus, maka ketiganya pun akan berjajar pada satu garis yang sama dari utara ke selatan.

keliling pantai menggunakan bendi
Keliling pantai menggunakan bendi (sumber foto: dok. pribadi penulis)

Adapun menurut catatan sejarah, tempat wisata ini pertama kali ditemukan oleh Dipokusumo, seorang pelarian Kerajaan Majapahit yang melakukan semadi sekaligus ritual nyepi di sekitar pantai ini. Dari tempat semadinya, Dipokusumo melihat rintik air yang menetes (tumaritis) dari celah batu karang yang disebut parang. Jika kedua kata ini dijadikan satu, maka akan terbentuk satu kata baru, yakni Parangtritis yang artinya rintik air yang menetes dari celah bebatuan karang.

bermain air di jogja
Bermain air di pantai (sumber gambar: tantular.com)

Menariknya lagi, di tempat ini kamu bisa menemukan beberapa gumuk, atau gundukan pasir yang banyak terdapat di sekitar pantai. Gumuk pasir ini juga disebut sebagai satu-satunya gurun pasir yang ada di Asia Tenggara. Masyarakat setempat juga banyak menyewakan beberapa fasilitas bagi para wisatawan yang ingin berkeliling pantai dari timur ke barat, seperti kuda, andong mini, dan juga ATV.

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Parangtritis

Berkeliling atau Berjemur di Pantai

Bila dibandingkan dengan beberapa pantai lainnya di Yogyakarta, Pantai ini mempunyai keunggulan berupa wilayah pantainya yang teramat luas.  Ya, kamu bisa berjalan kaki sambil menikmati embusan angin dan deburan ombak yang menerpa kakimu. Namun, jika kamu tidak ingin kelelahan berjalan kaki, kamu bisa mencoba berkeliling dengan menunggang kuda, menaiki bendi, ataupun penyewaan ATV yang banyak disediakankan di sekitar lokasi. Tentunya hal itu akan memberi pengalaman yang cukup berbeda untuk para wisatawan.

keliling pantai naik bendi
Keliling pantai naik bendi (sumber gambar: rentalmotorjogja.co.id)

Bermain Layang-Layang

Embusan angin di tempat ini cukup besar. Hal itu masih ditambah lagi dengan hamparan pasir yang cukup luas, dan keadaan pantainya yang landai. Sehingga, pantai ini sangatlah cocok buat kamu yang punya hobi memainkan layang-layang. Bahkan, tak jarang tempat wisata ini juga sering dijadikan tuan rumah untuk festival layang-layang tingkat daerah maupun nasional.

festival layang layang
Festival Layang-layang (sumber gambar: hzbrains.wordpress.com)

Berburu Foto

Pantai ini akan semakin ramai didatangi pengunjung saat menjelang senja. Ya, sepertinya tak ada lagi yang meragukan keindahan matahari yang terbenam di ufuk barat Pantai Parangtritis.  Banyak wisatawan telah menyiapkan kameranya masing-masing untuk mendapatkan gambar terbaik saat matahari terbenam. Selain itu,  kamu juga bisa duduk-duduk santai sambil menikmati jagung bakar ataupun es kelapa muda yang banyak dijajakan di tepi pantai ini. Yang pasti, Pantai Parangtritis selalu bisa dinikmati keindahannya dengan cara apapun.

Sunset di Parangtritis
Sunset di Parangtritis (sumber gambar: manusialembah.blogspot.com)

Tips Berwisata

Seperti keadaan pantai pada umumnya, objek wisata ini juga memiliki cuaca yang teramat terik. Untuk itu, persiapkanlah bekal yang memadai seperti halnya sunblock, kacamata hitam, topi, dan peralatan pendukung lainnya. Sedangkan waktu yang paling tepat untuk mengunjunginya adalah pada sore hari. Karena pada saat siang harinya, cuaca di tempat wisata ini cukup terik. Selain itu, jika kamu berkunjung saat sore hari, maka kamu pun bisa menikmati pemandangan sunset yang cukup indah di pantai ini.

ATV di pantai yogyakarta
ATV (sumber gambar: telusurindonesia.com)

Sekilas Informasi tentang Tempat Wisata

Pos penjagaan Pantai Parangtritis mulai dibuka pada pukul 08.00 hingga 20.00 WIB. Untuk harga tiket masuk nya sendiri dipatok dengan harga yang relatif terjangkau, yakni sebesar Rp. 3.000,00/ orang. Akan tetapi, harga tersebut masih ditambah lagi dengan tiket masuk kendaraan bermotor seharga Rp. 1000,00/ motor dan Rp. 5000,00/ mobil. Sedangkan biaya parkirnya sendiri dibandrol dengan harga sebesar Rp. 2.000,00/ motor, dan Rp. 5000,00/ mobil.

Harga tiket masuk pantai Parangtritis
Harga tiket masuk pantai Parangtritis

Selain disuguhi pemandangan pantai yang indah, kamu juga bisa menikmati beragam fasilitas menarik yang telah disediakan di sini. Sebab, pantai ini telah dikelola dengan cukup baik oleh Pemkab setempat. Selain itu, di sini juga terdapat beberapa pusat oleh-oleh dan suvenir yang bisa kamu temukan di sekitar lokasi pantai. Tak hanya itu saja. Di sini juga banyak disediakan penginapan yang bisa kamu sewa selama berwisata. Dan tentunya, harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau. Jadi, kamu tidak perlu merasa khawatir bila mengunjungi tempat ini hingga larut malam.

Cara Menuju Pantai Parangtritis

Alamat Pantai Parangtritis berada di Jalan Parangtritis Km. 28, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jika kamu dari pusat Kota Yogyakarta, maka kamu bisa menempuhnya dengan estimasi waktu sekitar 2 jam perjalanan, atau setara dengan jarak 30 km saja. Nah, untuk transportasi menuju Pantai Parangtritis, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa mengambil rute Yogyakarta – Kretek – Parangtritis, atau Yogyakarta – Imogiri – Siluk – Parangtritis. Untuk transportasi umumnya, kamu bisa menggunakan bus yang berangkat dari Terminal Giwangan, Yogyakarta. Bus tersebut mempunyai rute jurusan Yogyakarta – Parangtritis, dan kamu bisa turun tepat di pantainya.

Oleh-oleh

Di sepanjang jalan menuju objek wisata ini, kamu akan menemukan beberapa kios pedagang asongan yang menjajakan berbagai cinderamata khas Pantai Parangtritis, seperti pakaian pantai, gantungan kunci, pernak-pernik yang terbuat dari kerang, dan juga kaos yang bertuliskan “Pantai Parangtritis”. Untuk harganya pun cukup bervariatif, antara Rp. 20.000,00 – Rp. 100.000,00. Dan tentunya, besar kecilnya harga ditentukan dari cara kamu menawar pada si penjual.

beli souvenir khas pantai
Tempat beli souvenir (sumber gambar: sewamobiljogja.info)

Selain itu, di sini juga banyak penjaja makanan khas yang memang menjadi andalah saat berlibur ke pantai ini. Ya, disini kamu bisa menemui pedagang yang menyajikan jajanan seperti jagung bakar, es kelapa muda, dan tentunya makanan lainnya yang semuanya cocok sekali dinikmati di pinggir pantai.

Tempat Wisata Lain Dekat Pantai Indrayanti

Pantai Parangkusumo

Lokasi Pantai Parangkusumo hanya bersebelahan dengan Pantai Parangtritis. Dan sebenarnya, tidak ada pemisah yang jelas di antara keduanya. Akan tetapi, perpedaan pengolalah yang menjadikan tempat ini mempunyai nama yang berbeda pula. Ya, selain dikenal karena keindahan alamnya, Pantai Parangkusumo juga diminati karena faktor mistisnya. Di Pantai Parangkusumo terdapat sebuah bangunan yang diberi nama Cepuri.

pantai parangkusumo
Pantai Parangkusumo (sumber gambar: teraswarta.com)

Di dalam Cepuri tersebut terdapat dua buah batu yang diberi nama Batu Cinta, yang konon katanya di atas batu ini pernah dilakukan pertemuan antara Panembahan Senopati—Raja Kerajaan Mataram yang pertama—dengan Ratu Kidul Penguasa Pantai Selatan. Dalam pertemuan itu disepakati bahwa Ratu Kidul akan membantu Mataram untuk menjadikannya kerajaan yang disegani di Tanah jawa. Oleh karena itu, banyak yang menjadikan Pantai Parangkusumo ini sebagai tempat untuk bermeditasi, bersemedi, melakukan ritual khusus untuk mencapai tujuan tertentu.

Pantai Samas

Objek wisata pantai di Bantul selanjutnya adalah Pantai Samas. Pantai ini terletak di Kecamatan Senden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi Pantai Samas hanya berjarak sekitar 25 km ke arah selatan dari pusat Kota Yogyakarta. Di Pantai Samas ini terdapat sebuah mercusuar yang digunakan sebagai navigasi bagi para nelayan.

Berfoto di Pantai Samas
Mercusuar Pantai Samas (sumber gambar: triekaindarwati220.blogspot.com)

Dan uniknya lagi, mercusuar ini seringkali dipakai para pecinta fotografi sebagai objek buruannya. Nah, jika kamu berminat datang ke tempat ini, saya sarankan agar kamu datang pada saat sore hari. Sebab, kamu bisa menikmati sunset dari atas ketinggian mercusuar yang begitu romantis.

Kontributor: Drajat T. Jatmiko
Mengunjungi Pantai Parangtritis pada bulan April 2015
Tanggal upload artikel: 30 Oktober 2016

Tempat wisata menarik lainnya:

1. Pantai Indrayanti – Menikmati Indahnya Laut & Pantai Gunung Kidul Jogja

2. Jogja Bay – Menikmati Suguhan Wahana Air Terlengkap di Indonesia

3. Pantai Klayar Pacitan – Kemegahan Alam Samudra di Jawa Timur

About Drajat Jatmiko

Drajat T. Jatmiko, pemuda kelahiran Blora yang suka jalan-jalan, baca buku, dan bersepeda santai. Ia pernah punya cita-cita jadi seorang astronot. Tapi semenjak ada kabar flat-earth, akhirnya ia banting stir jadi penulis artikel. Kini ia tinggal dan menetap di Prambanan, Yogyakarta. Bisa ditemui di instagramnya: @dt_jatmiko

Check Also

Keraton Yogyakarta: Wisata Sejarah Kehidupan Kerajaan di Jogja

Keraton Yogyakarta atau disebut juga dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *