Home > TEMPAT WISATA > Pantai Sadranan: Wisata Pesona Alam Jogja Layaknya di Pulau Dewata

Pantai Sadranan: Wisata Pesona Alam Jogja Layaknya di Pulau Dewata

Pantai Sadranan adalah sebuah tempat wisata pantai yang terletak di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk mencapai objek wisata ini, setidaknya dibutuhkan waktu selama kurang lebih 2-3 jam dari pusat Kota Yogyakarta. Pantai dengan pasir putih yang belum banyak terjamah orang ini sangat cocok buat kamu yang sedang dilanda kejenuhan dan ingin menyegarkan pikiran. Selain nyaman buat bersantai, Pantai Sadranan juga cocok untuk melakukan kegiatan snorkeling, sebab karakteristik ombak di pantai ini tidak jauh berbeda dengan Pantai Nglambor yang sudah lebih dulu tersohor karena keindahan bawah lautnya.

pantai sadranan
Sumber foto: Dok. pribadi penulis

Lihat juga tempat wisata menarik lainnya: Pantai Parangtritis atau Jatim Park 2

Selain itu, bagi masyarakat setempat, tempat wisata ini juga sering dijadikan sebagai sarana untuk melakukan kegiatan yang bersifat religi, yakni kegiatan yang terdapat unsur kepercayaan di dalamnya. Adapun asal-usul nama Pantai Sadranan sendiri berasal dari kata “nyadran”, yakni ritual sedekah laut yang diartikan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta atas hasil tangkapan laut yang melimpah. Ya, nama tempat ini tentu sudah tak asing lagi di telinga kita, meski lokasinya agak tersembunyi karena diapit oleh beberapa pantai lainnya, tapi Pantai Sadranan tetap menjadi favorit untuk dikunjungi, terutama bagi kalangan muda Yogyakarta.

lanskap objek wisata
Sumber gambar: safartrans.com

Beberapa waktu yang lalu, netizen sempat digegerkan dengan beredarnya kabar bahwa ada salah satu pantai ngehits di Gunungkidul yang bisa digunakan sebagai tempat snorkling, yakni Pantai Nglambor. Tapi nyatanya, tidak hanya Pantai Nglambor saja yang bisa digunakan untuk ber-snorkeling. Ada beberapa pantai lain di Gunungkidul yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan bawah laut, salah satunya adalah Pantai Sadranan. Kondisi topografinya hampir sama dengan pantai lain di Gunungkidul, yakni dengan dominasi pasir berwarna putih, serta karang di pinggir pantainya. Hanya saja, karang di Pantai Sadranan cenderung sedikit dan lebih didominasi pasir putih saja.

bermain di tepi pantai saat sunset
Sumber foto: Dok. pribadi penulis

Nah, buat kamu yang ingin menjajal bagaimana rasanya ber-snorkeling, tentunya kamu tak perlu khawatir. Sebab pihak pengelola juga menyediakan alat serta peranti keamanan yang bisa kamu sewa dengan tarif Rp. 50.000,00. Hal itu masih ditambah lagi dengan fasilitas pemandu yang cukup ahli untuk mengajarkan teknik ber-snorkeling sekaligus sebagai pemandu untuk menuju spot-spot snorkeling terbaik. Ya, harga tersebut sudat termasuk alat snorkel berupa kacamata, selang, pelampung, serta sepatu plus pemandu. Tarif ini berlaku untuk dua jam penyelaman. Nah, buat kamu yang masih pemula, sebelumnya kamu akan dilatih terlebih dahulu tentang dasar-dasar mengenai penggunaan alat snorkeling agar nantinya nyaman dan aman. Selain itu, nantinya kamu juga akan diajarkan bagaimana cara menarik perhatian ikan-ikan agar mau mendekat dan tidak takut saat didekati.

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Sadranan

Bermain Pasir Pantai dan Berburu Foto

suasana sunset sadranan
Sumber foto: Dok. pribadi penulis

Jika kamu datang ke sini dengan si buah hati, maka kamu bisa mencoba untuk bermain pasir pantai dengan membuat kreasi bangunan atau bentuk lainnya sesuai dengan keinginan sendiri. Keadaan pantai yang cukup bersih dan jauh dari sampah membuat tempat wisata ini nyaman dan pastinya kamu ingin berlama-lama berada di tempat ini. Oleh karenanya pula, kamu bisa memanfaatkan momen tersebut dengan berfoto bersama si buah hati dengan background hamparan pasir putih yang sungguh memukau bila dipandang. Pastikan kamu membawa bekal kamera terbaik yang kamu miliki.

Menikmati Keindahan Bawah Laut dengan Ber-snorkeling

snorkeling di pantai sadranan
Sumber gambar: tribunnews

Salah satu kegiatan yang tak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Pantai Sadranan adalah ber-snorkeling. Sebab, akan kurang lengkap rasanya jika kamu datang ke objek wisata ini tanpa mencicipi serunya ber-snorkeling di tempat ini. Nah, jika kamu berminat dan ingin mencoba aktivitas ini, maka kamu bisa menyewa peralatan snorkeling dengan harga yang cukup murah, yakni sebesar Rp.50.000,00/setnya. Oh ya, biaya tersebut sudah termasuk dengan paket pemandu snorkeling yang akan mengantarkanmu mencapai spot-spot terbaik yang dimiliki Pantai Sadranan. Adapun perlengkapan yang disewakan tersebut meliputi masker, snorkel, kacamata renang, sepatu karet, dan juga bonus frame foto di bawah air.

Berburu Ikan di Sela Karang

berburu foto di pantai jogja
Sumber gambar: wisatatempat.com

Di Pantai Sadranan setidaknya terdapat dua spot favorit yang bisa kamu explore keindahannya, yakni Spot Watu Pecah, dan Spot Kali Senggoro. Di dua spot ini kamu akan disuguhi pemandangan biota laut yang masih alami dan terawat. Terumbu karang yang mempesona dan spesies-spesies langka yang dilindungi seperti ikan Morish Idol, Botana Kuning, Botana Achilles, Ikan Lepu, Belut Moray, anakan Kerapu, Belanak, Muniran, ikan Buntal, dan ikan Neon, semuanya bisa kamu temui di sini. Dan tentunya, pemandangan langka tersebut hanya bisa kamu jumpai di Pantai Sadranan. Oleh karenanya, jangan sampai kamu melewatkan kesempatan ini.

Tips Berwisata

keindahan tempat wisata dari bukit
Sumber gambar: dwiseptiyani.wordpress.com

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Pantai Sadranan adalah pada pagi atau sore hari, atau lebih tepatnya lagi saat air laut mulai surut. Sebab, pada saat itu kamu bisa ber-snorkeling dengan leluasa tanpa merasa khawatir terkena terjangan ombak. Selain itu, jangan pernah melupakan keamanan diri sendiri dengan menggunakan pelindung kaki agar tidak terluka akibat terkena karang saat kamu ber-snorkeling. Dan yang paling utama, kita juga wajib menjaga terumbu karang agar keindahannya tetap terjaga sampai kapan pun.

Sekilas Informasi tentang Tempat Wisata

Pihak pengelola objek wisata ini menyediakan beberapa gazebo yang biasa digunakan para pengunjung sebagai tempat untuk bersantai atau melepas penat. Gazebo-gazebo ini mempunyai ukuran yang cukup besar, sehingga mampu memuat belasan orang atau lebih. Akan tetapi, jika kamu hanya membawa rombongan yang sedikit, atau sekiranya hanya satu keluarga saja, maka kamu cukup menyewa gazebo-gazebo kecil yang banyak tersedia di pinggir pantai.

gazebo di pinggiran pantai sadranan
Sumber gambar: wisataku.net

Nah, jika kamu tidak kebagian tempat untuk bersantai di gazebo, kamu pun bisa mencoba alternatif lain dengan menyewa payung pantai di sekitar lokasi. Adapun harga yang ditawarkan biasanya berkisar antara Rp. 10.000,00 hingga Rp. 25.000,00. Selain akan dimanjakan dengan fasilitas gazebo, kamu juga bisa menikmati fasilitas lain berupa tempat makan yang nyaman dan cocok untuk bersantai. Dan tentu saja, untuk harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Ya, di sini kamu bisa memilih menu seafood atau makanan tradisional yang banyak dijajakan para pedagang seperti soto, gudeg, dan juga bakso.

Untuk biaya masuknya sendiri telah dibandrol dengan tarif sebesar Rp.10.000,00/ orang. Dan istimewanya lagi, kamu bisa datang ke pantai ini sewaktu-waktu, sebab pos penjagaan tiket masuk ke kawasan Pantai Sadranan memang dibuka selama 24 jam. Selain biaya tiket retribusi, kamu juga akan dikendakan biaya parkir kendaraan yang dipatok dengan harga Rp. 4.000,00/ motor, dan Rp. 10.000,00/ mobil.

Cara Menuju Pantai Sadranan

Secara administratif, Pantai Sadranan terletak di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk mencapainya, caranya cukup mudah. Dari pusat Kota Yogyakarta, kamu hanya perlu memacu kendaraanmu menuju ke Gunungkidul dengan terlebih dahulu melewati Jalan Wonosari (ringroad selatan Yogyakarta). Setelah sampai di Kota Wonosari, ambil jalan ke kanan ke arah Pantai Baron. Setelah sampai di Pantai Baron, jalan saja terus ke arah timur. Nanti di kanan jalan sudah ada papan penunjuk arah menuju Pantai Sadranan. Jika kamu masih bingung, berikut ini saya cantumkan koordinat GPS-nya: S8°8’44” E110°36’14”.

Oleh-oleh

penyewaan alat snorkeling
Sumber gambar: krjogja.com

Jika kamu berkesempatan berkunjung ke Pantai Sadranan, maka sempatkanlah untuk membeli oleh-oleh khas yang ada di sini. Ya, di sepanjang jalan menuju Pantai Sadranan, kamu akan menemukan beberapa kios pedagang asongan yang menjajakan cinderamata khas Pantai Sadranan, seperti pakaian pantai, gantungan kunci, pernak-pernik yang terbuat dari kerang, dan juga kaos bertuliskan “Pantai Sadranan”. Untuk harga yang ditawarkan pun cukup bervariatif, yakni antara Rp. 10.000,00 – Rp. 100.000,00 saja.

Tempat Wisata Lain Dekat Pantai Sadranan

Pantai Baron

Pantai lainnya di Gunungkidul yang juga menawarkan panorama keindahan laut adalah Pantai Baron. Ya, pantai ini sangat indah dan selalu menjadi tujuan wisata favorit di Gunungkidul bagi mereka yang ingin makan seafood dan berbagai kuliner lainnya. Lokasi objek wisata ini tidaklah jauh dari Pantai Sadranan. Bahkan, sebelum memasuki pintu masuk Pantai Sadranan, terlebih dulu kamu akan melewati pantai yang cukup istimewa ini.

pantai baron jogja
Sumber gambar: larisahomestay.com

Ya, di sini kamu bisa mencoba menu lobster, ikan air tawar, bawal putih, bahkan ikan kakap segar. Pantai Baron juga berfungsi sebagai dermaga para nelayan, kamu akan melihat pelelangan ikan di wilayah pesisir yang penduduknya cukup ramah. Secara topografi, Pantai Baron sebenarnya adalah sebuah teluk dengan adanya dua bukit yang mengapit pantai ke kiri dan kanan. Ada juga beberapa hotel di dekat Pantai Baron yang bisa kamu pilih sebagai tempat istirahat.

Pantai Ngobaran

Tempat wisata lain yang dekat dengan Pantai Sadranan adalah Pantai Ngobaran. Secara administratif, pantai ini merupakan salah satu area wisata alam yang masuk dalam jajaran laut pantai selatan yang berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini seringkali disebut sebagai Kuta-nya pulau Jawa. Pernyataan tersebut cukup masuk akal, mengingat di sekitaran Pantai Ngobaran ini kamu bisa menemukan beberapa patung dan candi-candi Hindu yang cukup megah.

pantai ngobaran
Sumber gambar: wisataku.id

Selain itu, banyak juga kegiatan yang diadakan di pantai ini seperti halnya upacara adat setempat. Hal itu membuat Pantai Ngobaran begitu tepat jika disebut sebagai Kuta-nya pulau Jawa. Ya, pada dasarnya Pantai Ngobaran sama dengan pantai lainnya yang ada di Gunungkidul. Hanya saja pantai ini mempunyai kelebihan lain berupa candi-candi dan patung-patung yang ada di dalamnya. Untuk biaya masuknya sendiri dipatok dengan harga sebesar Rp 7.000,00/ orang.

Kontributor: Drajat T. Jatmiko
Mengunjungi Pantai Sadranan pada bulan Januari 2015
Tanggal upload artikel: 19 Desember 2016

Lihat juga tempat wisata menarik lainnya:

1. Situ Patenggang – Wisata Keindahan Danau yang Memukau di Bandung

2. Curug Leuwi Hejo – Wisata Air Terbaik di Sentul Bogor

3. Tebing Keraton – Melihat Kemegahan Alam dari Ketinggian Bandung

About Drajat Jatmiko

Drajat T. Jatmiko, pemuda kelahiran Blora yang suka jalan-jalan, baca buku, dan bersepeda santai. Ia pernah punya cita-cita jadi seorang astronot. Tapi semenjak ada kabar flat-earth, akhirnya ia banting stir jadi penulis artikel. Kini ia tinggal dan menetap di Prambanan, Yogyakarta. Bisa ditemui di instagramnya: @dt_jatmiko

Check Also

Keraton Yogyakarta: Wisata Sejarah Kehidupan Kerajaan di Jogja

Keraton Yogyakarta atau disebut juga dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *