Home > TEMPAT WISATA > Wisata Situ Patenggang Bandung – Foto & Review Lengkap

Wisata Situ Patenggang Bandung – Foto & Review Lengkap

Menyusuri perkebunan teh Rancabali, melewati kaki Gunung Patuha, terletak di kawasan Ciwidey Bandung, terdapat danau yang sangat jernih airnya dengan udaranya yang sangat sejuk untuk dinikmati. Warga setempat menyebutnya Situ Patenggang. Pada awalnya, Situ Patenggang merupakan sebuah cagar alam dan kemudian berubah menjadi objek wisata nasional pada tahun 1981. Kabut-kabut tipis yang bermunculan di lokasi wisata membuat suasana alam semakin terasa.

situ patenggang
Sumber gambar: travel.kompas.com

Lihat juga tempat wisata menarik lainnya: Pulau Harapan atau Goa Pindul

Danau yang memiliki pulau kecil yang bernama Pulau Sasaka di tengah-tengah ini memiliki banyak sekali biota-biota yang dilindungi. Akan tetapi, kalian tidak dapat menginjakkan kaki sama sekali ke pulau tersebut karena termasuk kawasan alam yang dilindungi oleh Perhutani. Jika penasaran, kalian dapat menyewa perahu yang sudah disediakan. Tempat ini juga terkenal dengan Batu Cinta, yang memiliki mitos jika kalian datang berpasangan dan menuliskan nama kalian di batu tersebut, hubungan kalian akan menjadi awet.

Sekali kalian memasuki kawasan wisata ini, kalian akan disambut dengan jalanan yang cukup terjal yang akan membawa kalian langsung menuju tepi danau. Pada saat itulah kalian akan menjumpai pulau kecil di tengah-tengah danau beserta Batu Cinta yang sangat fenomenal di tepi danau beserta kumpulan kapal-kapal yang bersiap mengelilingi danau sesuka hati kalian.

Aktivitas yang bisa kamu lakukan di Situ Patenggang

Fotografi

Jika ingin mencari keindahan alam dan mengabadikannya di balik lensa kamera kalian, Situ Patenggang adalah tempat yang tepat bagi kalian. Kalian tidak hanya mendapat objek pemandangan danau, melainkan perkebunan teh yang sangat luas. Udara yang sangat sejuk akan mendukung suasana untuk mendapatkan foto terbaik. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengajak keluarga beserta teman-teman kalian untuk mengabadikan momen yang tidak terlupakan di tempat wisata ini. Jika memungkinkan, kalian juga bisa menggunakan tempat ini sebagai lokasi pre-wedding.

foto keindahan danau di bandung
Sumber foto: Dok. pribadi penulis

Rekreasi

Kalian ingin mengadakan outbound, berjumlah rombongan, dan kalian berada dalam satu komunitas atau organisasi? Tempat wisata ini selalu menjadi tujuan terbaik bagi kalian yang ingin mengadakan acara bersama. Kalian dapat menyelusuri danau bersama-sama menggunakan perahu berkapasitas 10-15 orang atau perahu angsa. Wisata kuliner yang disajikan di setiap sudut juga menambah suasana dingin yang diberikan di Situ Patenggang semakin hangat berkat kebersamaan dengan teman-teman sejawat. Liburan kalian ingin dijadikan seperti piknik kecil? Jangan khawatir, kalian dapat menyewa tikar yang sudah disediakan. Siapkan gitar atau ukulele favorit kalian, makanan kecil, dan kebersamaan yang ditunggu-tunggu. Jika kalian masih ingin menikmati lingkungan Situ Patenggang lebih lama, kalian dapat menyewa villa yang sudah disediakan oleh pihak wisata.

rekreasi di pinggir danau
Sumber foto: Dok. pribadi penulis

Tips Berwisata

Suhu lokasi wisata yang cukup dingin, yaitu sekitar 20 derajat celcius disarankan untuk memakai pakaian hangat dan nyaman. Jalanan yang cukup terjal dan sebagian berlubang juga tidak baik bagi para wisatawan untuk memakai sepatu berhak tinggi atau pakai sandal jepit. Oleh karena itu, sepatu bertali dapat dijadikan sebagai solusi terbaik untuk membuat liburan kalian semakin nyaman untuk berjalan cukup jauh.

Bagi yang membawa kamera atau alat elektronik lainnya, diharapkan untuk menjaga barang-barangnya terutama ketika berada di dalam perahu dan berhati-hatilah supaya barang-barang berharga kalian tidak terjatuh ke dalam danau. Meskipun pihak pengelola wisata menyediakan warung makan, harga yang diberikan cukup mahal. Jika memungkinkan kalian dapat membawa makanan sendiri supaya lebih ekonomis.

Sekilas Informasi tentang Tempat Wisata

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul hingga. Kemudian untuk harga tiket masuk kalian harus mengeluarkan kocek sebesar Rp 18.000,- bagi wisatawan lokal pada hari biasa dan Rp 20.500,- pada akhir pekan. Untuk para wisatawan mancanegara harus mengeluarkan kocek sebesar Rp 135.000,- di hari biasa dan Rp 185.000,- di akhir pekan. Jika kalian tertarik untuk menyewa perahu, mereka menyediakan dua macam yaitu perahu berukuran besar dengan biaya sewa sebesar Rp 150.000,- sampai Rp 250.000,- tiap perahu. Sedangkan untuk perahu angsa, kalian harus menyiapkan kocek sebesar Rp 25.000,- hingga Rp 50.000,-. Semua harga diberikan tergantung kapasitas dan besar perahu yang disediakan. Pihak Situ Patenggang juga menyediakan tikar-tikar untuk disewakan bagi kalian yang ingin sekali berpiknik di sana bersama keluarga atau teman-teman sejawat seharga Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,-.

harga tiket masuk situ patenggang bandung
Sumber gambar: twitter.com/infobdg

Tempat wisata ini juga memiliki villa yang terletak persis di tepi danau. Cocok sekali bagi yang ingin melewatkan malamnya seraya menikmati pemandangan alam yang menakjubkan bahkan berencana untuk menyelusuri wisata alam di sudut tempat Ciwidey. Kalian dapat menyewanya seharga Rp 550.000,- per malam di hari biasa dan Rp 660.000,- per malam di akhir pekan. Fasilitas yang dimiliki berupa tiga kamar yang dapat memuat 25 orang. Ciwidey sebagai objek wisata yang cukup diminati juga memiliki banyak sekali penginapan yang memiliki fasilitas memadai pula. Maka dari itu, kalian tidak perlu risau untuk mencari penginapan yang ramah kantong atau berfasilitas lengkap.

Cara Menuju Situ Patenggang

Transportasi untuk mencapai tempat wisata ini sangatlah bervariasi, mulai dari kendaraan pribadi hingga kendaraan umum. Untuk kendaraan umum dan berangkat dari Bandung, mulailah berangkat dari Terminal Leuwi Panjang dan naiklah mobil Elf / Colt L300, atau bis jurusan Leuwi Panjang РCiwidey. Perjalanan kalian akan membawa ke sepanjang Jalan Kopo kemudian turun ke Terminal Ciwidey. Setelah itu kalian harus mengambil angkot jurusan Ciwidey РSitu Patenggang dengan ongkos sebesar Rp 10.000,-. Atau kalian berasal dari dalam maupun luar pulau Jawa dan berangkat dari Bandara Husein Sastranegara atau Stasiun Bandung, naiklah angkot jurusan Sadang Serang РCaringin berwarna biru Рhijau kemudian turunlah di Jalan Kopo. Kemudian naiklah angkutan umum seperti yang telah disebutkan sebelumnya untuk menuju Situ Patenggang.

Untuk para pengguna kendaraan pribadi dan berangkat dari Jakarta, kalian dapat masuk ke pintu Tol Kopo dan mengikuti jalan sepanjang Jalan Kopo – Soreang – Kawah Putih – Situ Patenggang. Sesampainya di sana, kalian wajib membayar biaya parker sebesar Rp 3.500,- bagi pengguna sepeda motor, Rp 11.500,- bagi pengguna mobil, dan Rp 22.500,- bagi pengguna bus. Jika kalian sudah menentukan destinasi terbaik untuk liburan kalian apalagi berniat untuk keliling wisata di Ciwidey selain Situ Patenggang, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi dan ajaklah sekeluarga atau teman-teman kalian karena kalian harus mengeluarkan biaya transportasi yang cukup banyak. Terlebih lagi kalian juga harus mengeluarkan kocek untuk tiket masuk di setiap objek wisata yang dituju.

Oleh-oleh

Tidak jauh-jauh dari kekhasan Ciwidey, kalian dapat membeli buah arbei yang sangat segar. Selain itu, lokasi Situ Patenggang yang tidak jauh dengan perkebunan teh Rancabuli bisa jadi rekomendasi terbaik bagi kalian yang ingin menikmatinya. Tidak hanya itu, mereka juga telah membuat inovasi dari daun teh, yaitu keripik daun teh khas Ciwidey. Kalian dapat membelinya seharga Rp 30.000,- per kilogram.

Tempat wisata lain dekat Situ Patenggang

Perkebunan Teh Rancabali

Jika kalian penasaran dengan proses pembuatan yang biasa kita minum, cobalah untuk singgah sejenak di pabrik perkebunan teh ini sekaligus melihat proses pembuatan teh yang berkualitas di Bandung dimulai dari penanaman, pembibitan, pembukaan lahan, pemeliharaan, pemetikan, pemangkasan, sampai pengolahan teh. Kapan lagi kita bisa mendapatkan pengalaman seperti ini di Bandung? Tertarik? Segera datangi Perkebunan Teh Rancabali dan siapkan kocek hanya Rp 5.000,- untuk mendapatkan fasilitas yang diinginkan.

perkebunan teh rancabali
Sumber gambar: infobdg.tumblr.com

Pemandian Air Panas Cimanggu

Cuaca yang dingin di Ciwidey bukan berarti kita tidak bisa mendapatkan suasana yang hangat. Ciwidey juga memiliki pemandian air panas yang sangat popular, seperti Pemandian Air Panas Cimanggu. Kalian tidak hanya mendapatkan suasana hangat dari kolam pemandian, pemandangan gunung beserta pemandangan lainnya memberikan kesejukan yang berbeda. Cocok sekali bagi kalian yang ingin rehat sementara dari beban pekerjaan yang menyerang atau tugas-tugas kuliah yang menumpuk.

pemandian air panas cimanggu
Sumber gambar: tempatwisatadi.net

Kontributor: Amirahvelda Priyono
Mengunjungi Situ Patenggang pada bulan Maret 2014
Tanggal upload artikel: 14 Agustus 2016

Tempat wisata menarik lainnya:

1. Pantai Klayar – Kemegahan Alam dan Seruling Samudra Yang Tak Ada Duanya

2. Curug Leuwi Hejo – Jernihnya Air dan Asrinya Pepohonan yang Menakjubkan

3. Jatim Park 2 – Taman Bermain dan Wahana Edukasi Terlengkap di Malang

About Amirahvelda Priyono

Amirahvelda Priyono, alumni Sastra Prancis Universitas Padjadjaran. Asal dari Surabaya namun sekarang tinggal di Jatinangor dan mau meniti karir di Jakakrta. Hobi menulis, fotografi, desain grafis, dan denger musik jazz.

Check Also

Wisata Keraton Yogyakarta – Foto & Review Lengkap

Keraton Yogyakarta atau disebut juga dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *