Home > TIPS / PANDUAN WISATA > 10 Tempat Wisata di Bogor yang Paling Terkenal

10 Tempat Wisata di Bogor yang Paling Terkenal

Ada banyak sekali tempat wisata di Bogor yang diminati para wisatawan domestik dan mancanegara. Bogor, kota yang terkenal dengan sebutan Kota Hujan terkenal sebagai pusat kuliner, pusat wisata, dan pusat budaya. Kita mengenal berbagai macam kuliner seperti Soto Mie, Asinan Bogor, Bolu Talas, dan sebagainya. Selain itu, letak geografis yang berdekatan dengan beberapa gunung andalan provinsi Jawa Barat membuat pemerintah meningkatkan berbagai potensi wisatanya.

Berikut ini 10 tempat wisata di Bogor yang paling terkenal dan wajib kamu kunjungi:

10. Telaga Warna

Berlokasi di Desa Tugu, Puncak, Telaga Warna adalah satu dari cagar alam yang memiliki flora dan fauna yang masih dilindungi supaya kelestariannya tetap terjaga. Air danaunya dapat berubah warna karena pengaruh dari ganggang di Telaga serta pantulan sinar matahari pada air telaga. Alhasil, warna-warna yang muncul berubah-ubah setiap waktu, seperti kuning terang, coklat kehijauan, kuning gelap, dan sebagainya.

tempat wisata di bogor telaga warna
Telaga Warna (sumber gambar: news.liputan6.com)

Telaga Warna juga memiliki perahu kecil dan sepeda air yang dapat kalian sewakan ketika mengelilingi telaga. Kalian juga dapat berkeliling Telaga Warna dengan jogging track yang telah disediakan atau mengadakan outbound bersama teman-teman sejawat atau keluarga. Kekayaan alam yang masih alami membuat Telaga Warna memberikan rasa sejuk yang sangat ditunggu-tunggu banyak wisatawan.

Biaya tiket yang ditawarkan untuk memasuki Telaga Warna sebesar Rp 7.500,- dengan jam operasional mulai pukul 08.00-17.00. Jika berangkat mulai dari kota Bogor, tempat yang menjadi acuan adalah Masjid Atta’awun dan beloklah ke kiri jalan. Kemudian kalian hanya perlu menyusuri jalan kecil yang sudah diberi paving block yang merupakan bagian jalan menuju Telaga Warna. Tunggu apa lagi? Ajak keluarga kalian untuk menikmati alam di Telaga Warna!

9. Mekarsari

Kalian ingin belajar menanam sayur mayur atau buah-buahan? Atau kalian ingin memetik bunga langsung dari tanamannya? Mekarsari adalah tempat wisata di Bogor yang cocok bagi kalian. Taman wisata keluarga Mekarsari terletak di Cileungsi Jonggol dan selalu dijadikan sebagai tempat penelitian agronomi terbesar di Indonesia.

wisata mekarsari
Mekarsari (sumber foto: instagram.com/sevendrone)

Taman yang sebelumnya dijadikan pusat konservasi oleh (Alm.) Ibu Tien Soeharto memiliki ribuan spesies tanaman dan pepohonan yang dilestarikan. Bibit-bibit tanaman yang dikumpulkan dari seluruh Indonesia ditanam kembali supaya dijaga kelestariannya dan memberikan edukasi bagi siapa saja yang ingin mengetahui proses penanamannya. Selain itu, kalian dapat membeli bibit tanaman langsung yang dapat kalian beli di Garden Center. Kemudian Mekarsari dikembangkan dan dibuka wahana air yang terdiri dari kolam pemancingan, banana boat, perahu naga, dan sebagainya. Tak heran jika banyak sekali rombongan keluarga bahkan rombongan instansi yang mengunjungi taman wisata tersebut untuk sekedar rekreasi.

Biaya tiket masuk Mekarsari seharga Rp 25.000,-. Jam operasional yang diberikan pun juga berbeda. Untuk hari biasa, Mekarsari dibuka mulai pukul 10.00-16.30 sedangkan untuk akhir pekan dibuka mulai pukul 09.00-16.30. Lokasi wisata Mekarsari yang sangat luas dapat menjangkau para wisatawan untuk menemukannya. Jika berangkat dari Bogor, kalian hanya perlu mengikuti jalur Tol Jagorawi yang keluar di pintu Tol Cibubur. Kemudian, kalian mengikuti jalanan Cileungsi Jonggol. Tak perlu menunggu lama lagi, ajaklah orang-orang terdekat untuk menjelajahi seisi Taman Wisata Mekarsari!

8. Taman Wisata Matahari

Wisata Bogor berupa taman hiburan yang terletak di Puncak ini menyajikan berbagai macam taman rekreasi seperti wahana permainan air, wahana petualangan, serta fasilitas-fasilitas lain yang ditawarkan seperti penginapan, hingga pusat perbelanjaan. Tak heran jika Taman Wisata tersebut tak pernah sepi dikunjungi oleh berbagai kalangan karena harga yang ditawarkan pula sangatlah terjangkau.

taman wisata matahari
Taman Wisata Matahari (sumber gambar: tamanwisatamatahari.id)

Penasaran? kalian dapat menikmati seluruh wahana dan fasilitas yang telah disediakan mulai pukul 08.00-16.00 (hari biasa) dan 07.30-17.00 (akhir pekan). Tentu saja harga tiket yang ditawarkan juga sangatlah terjangkau, yaitu Rp 25.000,- (wisatawan domestik) sudah termasuk gratis masuk 5 wahana permainan dengan diskon 10% makan di Restoran Sunda Express. Bagi wisatawan mancanegara, kalian hanya membeli tiket masuk sebesar Rp 100.000,- Meskipun demikian, kalian masih dapat menikmati seluruh wahana lainnya dengan harga terjangkau.

Cara menuju Taman Wisata Matahari sangatlah mudah. Berangkat dari Bogo, kalian dapat jalan dari daerah Sukasari hingga menuju PDAM. Kemudian kalian dapat lanjutkan hingga menuju Jalan Raya Puncak yang mengarah ke Ciawi.

7. Air Terjun Bidadari

Cagar alam ini terletak di kawasan Sentul Paradise Park, Bogor. Air terjun yang dikelilingi oleh Gunung Salak dan Gunung Mas ini dipercaya sebagai tempat persembunyian Jaka Tarub ketika sedang mengintip para bidadari dari kahyangan. Itulah sebabnya salah satu objek wisata Bogor ini disebut sebagai Air Terjun Bidadari. Selain dijadikan sebagai tempat untuk berfoto-foto ria, kalian juga dapat berenang di sekitar air terjun. Jika tidak membawa pakaian renang, pihak pengelola telah menyediakan pelampung dan pakaian renang untuk disewakan. Kalian juga tidak perlu khawatir bagi yang membawa anak-anak, kolam renang yang disediakan sangatlah dangkal sehingga aman untuk melakukan aktivitas berenang. Cagar alam ini dapat kalian nikmati mulai pukul 08.00-17.00 (hari biasa) dan pukul 07.30-18.30 (akhir pekan). Ada pula harga tiket masuk dijual seharga Rp 25.000,- (hari biasa) dan Rp 40.000,- (akhir pekan).

air terjun bidadari
Air Terjun Bidadari (sumber gambar: kompastravelfair.com)

Jalan menuju Air Terjun Bidadari sangatlah mudah untuk diakses. Bermula dari Jakarta, kalian dapat memasuki Tol Jagorawi kemudian masuk ke dalam Tol Sentul City. Setelah itu ambillah jalur kiri menuju kawasan Sentul Paradise Park. Air Terjun Bidadari terletak di dalam kawasan tersebut.

6. Curug Cilember

Curug Cilember terletak di Puncak dan tidak jauh dari Taman Wisata Matahari. Sebelum Taman Wisata Matahari, kalian berbelok ke arah kiri dan Curug Cilember berseberangan dengan Cimory. Curug Cilember juga berada dalam kawasan Sentul Paradise Park sehingga kalian dapat mengakses lokasi tersebut dengan mudah. Air terjun ini memiliki tujuh air terjun dan setiap tempat memiliki arah medan yang sangat berbeda. Itulah sebabnya pihak pengelola memberikan angka sebagai penanda dari medan terbesar hingga medan terkecil. Biasanya para pengunjung lebih sering mengunjungi Curug Cilember 7 karena aksesnya yang lebih dijangkau banyak orang daripada curug yang lain. Itulah sebabnyak kita kerap kali menjumpai orang-orang yang menginap di sekitar Curug Cilember untuk menikmati curug-curug yang lain.

curug cilember bogor
Curug Cilember (sumber foto: hellobogor.com)

Selain mengabadikan dalam bentuk gambar atau video, kalian juga dapat berenang di sekitar curug sambil menikmati keindahan alam beserta menikmati cipratan air yang dingin nan segar. Penasaran? Curug Cilember dapat dikunjungi mulai pagi hingga sore dengan harga tiket sebesar Rp 10.000,-. Fasilitas yang bisa kalian pakai adalah penginapan seperti villa bahkan area perkemahan.

5 Tempat Wisata di Bogor yang Paling Terkenal

5. The Jungle

Bertemakan petualangan anak-anak, taman hiburan The Jungle merupakan satu dari taman hiburan air terbesar di Jawa Barat. Salah satu tempat wisata di Bogor ini menyajikan keanekaragaman wahana yang menarik bagi anak-anak, seperti Waterpark, Kawah Ratu, Panggung untuk pertunjukkan khusus, dan sebagainya. Tidak hanya itu, kalian dapat mengunjungi Bird Park yang memiliki beragam spesies burung yang perlu dijaga kelestariannya. The Jungle terletak di Perumahan Bogor Nirwana Residence, Bogor dengan jam operasional mulai pukul 09.00-17.00. Harga tiket yang ditawarkan sangatlah variatif, mulai dari Rp 80.000,- (hari biasa), Rp 95.000,- (akhir pekan), dan Rp 120.000,- (hari raya besar). Jika kalian datang secara rombongan, pihak pengelola memiliki harga spesial untuk kalian semua.

wisata bogor the jungle waterpark
The Jungle Water Adventure (sumber foto: seputarhargaterkini.com)

Untuk mencapai Taman Hiburan The Jungle, kalian harus menemukan Perumahan Bogor Nirwana Residence terlebih dahulu. Pertama-tama dari Terminal Barangsiang Bogor, kalian belok ke arah kiri menuju Jalan Pajajaran. Sampai pada lampu merah kedua, kalian berputar ke kanan menuju Jalan Siliwangi sampai di Jalan Lawanggintung di sebelah kiri. Kemudian di Jalan Pahlawan kalian akan menemukan billboard The Jungle dan di situlah kalian akan memasuki kawasan perumahan. The Jungle terletak persis di sebelah kiri jalan. Info lebih lanjut cek laman web http://www.thejungleadventure.com/ mengenai seluruh informasi seputar promo, pertunjukan, wahana baru, dan sebagainya.

4. Kebun Raya Bogor

Taman kota di kota Bogor telah menjadi landmark yang telah dikenal baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Terletak di pusat kota, Kebun Raya Bogor memiliki banyak sekali biota alam yang sudah lama tumbuh selama bertahun-tahun seperti jenis anggrek, bunga bangkai Rafflesia, tanaman buah, tanaman air, dan sebagainya. Objek wisata Bogor yang dikelola oleh LIPI ini seringkali dijadikan sebagai pusat laboratorium treub, laboratorium kultur jaringan, dan identifikasi tanaman. Tak heran jika banyak sekali kerjasama dengan organisasi-organisasi internasional dari seluruh dunia. Tentu saja, hal tersebut ikut mempengaruhi kekayaan alam yang terdapat di seluruh kawasan Kebun Raya Bogor. Kalian dapat piknik keluarga bahkan menjadikan taman kota ini sebagai objek foto yang sangat menarik. Tempat lain yang bisa dikunjungi di sana adalah Makam Belanda, Tugu Raffles, Tugu Reinwardt, Museum Zoologi, Kolam Gunting, dan Griya Anggrek. Menarik bukan?

kebun raya bogor
Kebun Raya Bogor (sumber foto: info-bogor.com)

Tarif yang dibutuhkan untuk memasuki kawasan Kebun Raya Bogor sangatlah terjangkau. Rp 14.000,- (domestik) dan Rp 25.000,- (mancanegara) dengan jam operasional pukul 07.30-17.00. Langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai taman ini sangatlah mudah. Ketika berada di Terminal Bogor, jalanlah ke kiri menuju Jalan Kapten Muslihat. Kemudian tunggulah di halte depan Taman Topi Square untuk menaiki angkutan umum jurusan Sukasari – Terminal Bubulak. Akhirnya kalian telah sampai di pintu gerbang Kebun Raya Bogor.

3. Gunung Pancar

Bogor juga memiliki Gunung Pancar yang memiliki hutan pinus yang menjulang tinggi. Terletak di kawasan Sentul, kalian dapat menikmati pemandangan alam tersebut dengan cara berfoto ria. Tak heran jika tempat ini sering dipakai untuk foto pre-wedding bahkan lokasi favorit untuk melakukan piknik bersama keluarga bahkan bersama teman sejawat. Jika tertarik, kalian bisa memakai lokasi Gunung Pancar sebagai resepsi pernikahan yang sederhana namun berkesan di sepanjang hidup bagi yang akan menikah. Kegiatan lain yang bisa kalian lakukan di Gunung Pancar terdiri dari Glamping, Corporate Team Building, Fun Games, dan sebagainya.

tempat wisata gunung pancar
Gunung Pancar (sumber foto: hellobogor.com)

Harga tiket yang ditawarkan sangatlah terjangkau, mulai dari Rp 5.000,- (hari biasa) hingga Rp 7.500,- (akhir pekan) sebagai biaya perawatan yang dikelola oleh Kementerian Kehutanan. Untuk menuju ke Gunung Pancar, kalian harus menuju Jalan Raya Sentul Raya hingga menemukan bundaran dan beloklah ke kiri. Kemudian carilah arah jalan menuju Babakan Mandang lalu dilanjutkan menuju Jalan Sumur Batu. Akhirnya kalian tinggal mencari Jalan Uli lalu teruskan hingga menemukan Jalan Air Panas.

2. Taman Safari

Tempat wisata di Bogor yang berada di Cisarua, Puncak, ini memiliki ribuan spesies binatang yang dijaga kelestariannya. Kalian dapat melihat seluruh binatang di Taman Safari Indonesia dengan dua cara, yaitu kereta khusus dari pihak pengelola atau dengan menggunakan mobil. Kalian juga dapat melihat satwa-satwa liar yang dilindungi mulai dari siang hingga malam. Selain itu, kalian juga dapat melihat berbagai atraksi yang telah ditawarkan pihak pengelola taman safari. Fasilitas lain yang dapat kalian nikmati adalah penginapan nyaman yang bersentuhan langsung dengan alam, wahana bermain untuk seluruh kalangan umur, dan restoran yang bertemakan safari.

taman safari indonesia
Taman Safari Indonesia (sumber gambar: info-bogor.com)

Harga tiket yang ditawarkan sangatlah bervariasi, mulai dari Rp 150.000,- (domestik usia 6 tahun ke atas) dan Rp 140.000,- (domestik usia 1-5 tahun). Untuk wisatawan internasional wajib membayar seharga Rp 300.000,- (internasional usia 6 tahun ke atas) dan Rp 250.000,- (internasional usia 1-5 tahun). Bagi kalian yang berangkat dari Jakarta, kalian dapat masuk ke dalam tol Jagorawi lalu teruskan di jalan Raya Puncak. Kemudian kalian akan menemukan penunjuk arah ke Taman Safari di sebelah kanan. Taman Safari Indonesia sudah memiliki tiga cabang terbesar dengan Bogor sebagai kota pendiri pertama di Indonesia.

1. Taman Bunga Nusantara

Ini merupakan tempat wisata di Bogor yang paling terkenal dan wajib anda kunjungi. Hamparan bunga yang luas tentu adalah sesuatu yang ingin dilihat bagi semua orang, terutama bagi kalian yang sangat menyukai berbagai macam jenis bunga. Jika kalian berada di Bogor, sempatkanlah untuk mengunjungi Taman Bunga Nusantara yang terletak berdekatan dengan Desa Kawungluwuk, Puncak.

taman bunga nusantara tempat wisata di bogor
Wisata Bogor: Taman Bunga Nusantara (sumber foto: sky-adventure.com)

Taman bunga ini memiliki kawasan-kawasan unik yang bisa menjadi objek foto menarik bagi kalian, mulai dari Taman Perancis, Taman Bali, Taman Jepang, Taman Mediterania, dan sebagainya. Tak heran jika lokasi Taman Bunga Nusantara selalu menjadi incaran terbaik bagi foto pre-wedding demi mendapatkan momen terbaik bersama pasangan. Selain itu, fasilitas yang dimiliki oleh taman wisata ini meliputi Kereta Dotto, Garden Tram (transportasi khusus untuk mengelilingi Taman Bunga), Nany’s Galleria (pusat perbelanjaan dan oleh-oleh), dan sebagainya.

Bagi kalian yang memulai perjalanan dari Jakarta, setelah keluar dari Tol Jagorawi kalian lanjutkan perjalanan hingga menemukan Pasar Ciwalen di pertigaan lalu beloklah kiri. Kemudian lanjutkan hingga menemukan desa Kawungluwuk lalu belok kanan hingga menemukan pintu gerbang masuk Taman Bunga Nusantara. Harga tiket yang dijual sebesar Rp 30.000,- per orang.

Inilah 10 tempat wisata di Bogor yang paling banyak dicari oleh netizen di internet. Tempat wisata yang paling terkenal dan wajib anda kunjungi. Wisata alam yang dimiliki kota Bogor selalu menjadi tujuan favorit bagi seluruh wisatawan. Bagaimana denganmu? Tunggu apa lagi?

Kontributor: Amirahvelda Priyono
Tanggal upload artikel: 16 Juni 2016

Daerah tempat wisata menarik lainnya:

1. 10 tempat wisata di Malang terpopuler

2. 10 tempat wisata di Jogja terpopuler

3. 10 tempat wisata di Bandung terpopuler

About Amirahvelda Priyono

Amirahvelda Priyono, alumni Sastra Prancis Universitas Padjadjaran. Asal dari Surabaya namun sekarang tinggal di Jatinangor dan mau meniti karir di Jakakrta. Hobi menulis, fotografi, desain grafis, dan denger musik jazz.

Check Also

10 Tempat Wisata di Jakarta yang Paling Terkenal

Sering melihat foto Tugu Monas? Tugu Monas atau Monumen Nasional merupakan salah satu tempat wisata …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *