Home > TIPS / PANDUAN WISATA > 10 Tempat Wisata di Jakarta yang Paling Terkenal

10 Tempat Wisata di Jakarta yang Paling Terkenal

Sering melihat foto Tugu Monas? Tugu Monas atau Monumen Nasional merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta yang sangat terkenal dan wajib kamu kunjungi, apalagi jika kamu berasal dari luar Jakarta. Selain Monumen Nasional, terdapat banyak lagi tempat-tempat wisata yang tidak kalah menarik dan sangat terkenal yang wajib kamu kunjungi saat liburan ke Jakarta.

Berdasarkan hasil riset kami menggunakan data Google Keyword Planner, berikut ini 10 tempat wisata di Jakarta yang paling terkenal dan wajib kamu kunjungi. Ayo manfaatkan waktu liburanmu saat di Jakarta untuk mengunjungi tempat-tempat ini:

10. Seaworld Ancol

Jika kalian tertarik untuk melihat berbagai macam hewan laut dalam jarak dekat atau memberikan edukasi kepada anak-anak untuk mengenal lebih dekat tentang kehidupan laut, Seaworld Ancol adalah tempat yang paling cocok. Berlokasi di lokasi Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Seaworld Indonesia terbuka bagi semua umur. Kalian dapat melakukan berbagai banyak hal selama di sana, yaitu menonton hewan-hewan laut dari berbagai macam jenis dari kaca transparan yang tebal. Selain itu, pihak Seaworld kerap kali mengadakan pertunjukkan yang menampilkan hewan-hewan laut yang menarik perhatian pengunjung.

tempat wisata di jakarta seaworld ancol
Wisata Jakarta – Seaworld Ancol (sumber gambar: jakarta.panduanwisata.id)

Menuju ke Seaworld sangatlah gampang dengan menggunakan transportasi bis Trans Jakarta dari halte BKN menuju arah Tanjung Priok. Sesampainya di sana, kalian bisa naik angkot yang mengarah langsung ke depan pintu gerbang Ancol. Untuk sampai tepat ke depan Seaworld, kalian harus jalan dan membayar tiket masuk Ancol sebesar Rp 25.000,-. Setelah itu, hanya dengan berjalan selama 10 menit sampailah kalian di Seaworld Ancol.

Jika tertarik, segera kunjungi Seaworld Indonesia yang buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 17.00 (hari biasa) dan 09.00 – 18.00 (akhir pekan) dengan harga tiket masuk Rp 100.000 per orang.

9. Pulau Macan

Pulau Macan merupakan satu dari pulau terindah yang terdapat di Kepulauan Seribu dan berlokasi pula di Marina Ancol. Tempat wisata di Jakarta yang satu ini merupakan pulau yang berbasis Eco Resort Villages di Kepulauan Seribu. Itulah sebabnya bahwa pulau ini selalu menyajikan fasilitas yang menyatu dengan alam. Kalian dapat menikmati matahari terbenam yang sangat romantis, coral planting, bermain kano yang sudah disediakan Pulau Macan, villa yang dibangun dengan bangunan kayu artistik, serta berdekatan dengan Pulau Bintang, Pulau Putri, Pulau Pelangi, dan Pulau Sepa.

pulau macan
Pulau Macan (sumber gambar: wiyata-island.com)

Selain itu, Pulau Macan juga memiliki Pulau Macan kecil yang berjarak 200 km dari Pulau Macan Resort. Di sana kalian dapat melakukan aktivitas snorkeling dan menikmati putihnya pasir pantai di sana. Untuk mencapai Pulau Macan, kalian harus menuju Dermaga Marina Ancol, tepatnya di Dermaga 17. Dimulai dari pintu gerbang Taman Impian Jaya Ancol, masuk ke arah Dufan dan belok ke kiri menyusuri kanal, hingga terlihat deretan kapal yang bersandar. Pintu gerbang utama Taman Impian Jaya Ancol buka selama 24 jam, dapat dicapai dari jalan Gunung Sahari, toll outer ring-road dan kemudian kalian dapat turun di Ancol. Akhirnya kalian dapat menggunakan kapal cepat menuju Pulau Macan selama 1,5 – 2 jam. Biaya masuk pulau tersebut adalah Rp 100.000,- per orang dan Rp 200.000,- untuk biaya sandar per kapal.

Jika kalian tertarik untuk melewatkan liburan kalian di sana, kalian dapat mengunjungi berbagai laman web untuk mengetahui berbagai info tentang Pulau Macan. Salah satu situsnya adalah http://www.pulaumacan.com/. Kalian akan menemukan banyak sekali berbagai penawaran tentang akomodasi, transportasi, penginapan, dan berbagai info lebih lanjut.

8. Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta atau yang biasa disebut dengan Batavia Lama adalah satu dari tempat wisata di Jakarta yang memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat bersejarah. Sebut saja Museum Fatahilah, Lapangan Fatahilah, Museum Bank Indonesia, Kafe Batavia, dan sebagainya. Tempat yang mengandalkan arsitektur Belanda tidak pernah sepi dari pengunjung lokal dan mancanegara. Kalian dapat menikmati berbagai aktivitas yang tidak kalah menarik seperti fotografi, mengunjungi berbagai museum, mencicipi kuliner khas Jakarta seperti ketoprak atau kerak telor, dan sebagainya. Maka dari itu, Kota Tua Jakarta adalah tempat yang pantas untuk dijadikan tujuan wisata utama di akhir pekan.

wisata kota tua jakarta
Kota Tua Jakarta (sumber gambar: upload.wikimedia.org)

Harga tiket masuk untuk setiap museum sangatlah bervariasi, mulai dari harga Rp 600,- – Rp 2.000,- sekali masuk. Jam operasional museum dibuka mulai dari pukul 09.00 – 15.00. Jika tertarik, kalian juga dapat bersepeda mengelilingi kota tua dengan leluasa dengan harga sewa Rp 10.000,- per jam. Tertarik dengan interior jadul? Kunjungilah Kafe Batavia dan pesanlah beberapa makanan yang terdiri dari makanan barat, oriental, dan lokal dengan harga yang sangat terjangkau. Tempat makan ini juga kerap kali dijadikan sebagai foto pra-nikah dengan konsep tempo doeloe.

Banyak sekali akses menuju Kota Tua Jakarta, salah satunya yaitu dengan angkutan umum Trans Jakarta. Bermula dari Stasiun Gambir, kalian dapat memasuki halte busway Gambir 1 menuju halte Harmoni. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju halte Kota. Sesampainya, kalian hanya perlu berjalan sebentar untuk sampai ke Kota Tua Jakarta.

7. Ancol

Ancol atau biasa disebut sebagai Taman Impian Jaya Ancol adalah tempat wisata di Jakarta Utara yang sangat luas untuk berekreasi. Berdiri sejak tahun 1966, Ancol menyediakan banyak sekali tempat rekreasi yang sangat bervariatif. Tempat-tempat wisata tersebut meliputi Dunia Fantasi (Dufan), Pantai Ancol, Kereta Gantung, Seaworld Ancol, dan sebagainya. Selain itu, Ancol juga memiliki pelabuhan yang menghubungkan langsung dengan pulau – pulau di Kepulauan Seribu. Keanekaragaman tempat wisata inilah yang menjadi tujuan wisata paling favorit untuk keluarga kalian.

tempat wisata ancol
Tempat Wisata Ancol (sumber gambar: 3.bp.blogspot.com)

Harga tiket masuk Ancol dijual mulai dari harga Rp 25.000,- (individu). Harga tersebut belum termasuk dengan seluruh lokasi wisata yang terdapat di dalam kawasan Ancol. Maka dari itu, siapkan kocek yang cukup untuk menikmati wisata-wisata di sekitar Ancol. Selain itu, untuk mencapai Ancol kalian hanya perlu menaiki busway dengan jalur PGC – Ancol jika kalian ingin menggunakan akses tercepat dan terdekat.

6. Pulau Harapan

Pulau Harapan adalah satu dari pulau penduduk yang sangat diminati utnuk dikunjungi di Kepulauan Seribu. Lokasinya yang sangat berdekatan dengan Pulau Pramuka masih sangat alami dan tenang sehingga banyak sekali wisatawan yang mengunjungi pulau tersebut. Kalian dapat melakukan berbagai aktivitas snorkeling, diving, menikmati matahari terbenam, berkeliling pulau dengan menggunakan kapal tradisional, dan sebagainya. Air laut yang masih sangat jernih masih menyimpan berbagai jenis biota laut yang dapat kalian telusuri dengan berbagai momen.

pulau harapan
Pulau Harapan (sumber gambar: pulau-harapan.com)

Untuk mencapai Pulau Harapan, kalian bisa menuju Dermaga Marina Ancol, sama seperti akses ke pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu. Khusus akses menuju Pulau Harapan, kalian bisa berangkat dari Dermaga 6. Atau kalian juga bisa berangkat dari Pelabuhan Muara Angke. Kemudian kalian dapat menyewa kapal cepat untuk menuju Pulau tersebut. Selain itu, pulau ini juga berdekatan dengan Pulau Panjang yang juga digunakan sebagai Bandara Udara Kepulauan Seribu. Maka dari itu, siapkan akomodasi kalian sematang-matangnya supaya liburan kalian semakin berkesan.

5 Tempat Wisata di Jakarta Terpopuler

5. Pulau Pari

Pulau Pari adalah satu dari pulau di Kepulauan Seribu yang sangat terkenal dengan Pantai Pasir Perawan yang masih sangat putih dan bersih. Pulau yang berdekatan dengan Pulau Tidung dulu merupakan pusat penelitian rumput laut dan terumbu karang oleh Lembaga Oseanografi LIPI. Pulau ini dapat digunakan oleh berbagai aktivitas seperti snorkeling, bersepeda mengelilingi Pantai Pasir Perawan yang sangat terkenal, berjalan – jalan di sekitar hutan mangrove, bahkan aktivitas olahraga air yang sering diminati oleh para pengunjung. Oleh karena itu, kalian tidak boleh melewatkan kesempatan liburan ke Pulau Pari ini bersama keluarga bahkan teman-teman sejawat kalian.

tempat wisata pulau pari
Pulau Pari (sumber gambar: rockerclimber.com)

Ada dua akses untuk menuju ke Pulau Pari, yaitu mulai dari Dermaga Marina Ancol dengan menggunakan kapal cepat selama 45 menit atau dari Pelabuhan Muara Angke dengan kapal feri selama 1,5 jam.

4. Monumen Nasional

Siapa yang tidak kenal monumen ini? Tempat wisata di Jakarta yang biasa disebut dengan Monas merupakan ‘wajah’ Jakarta yang paling dilirik oleh masyarakat Indonesia bahkan para wisatawan yang sangat penasaran dengan Monas. Monumen ini terletak di Jakarta Pusat, berdekatan dengan berbagai tempat terkenal lainnya seperti Balai Kota, Kantor Pusat Pertamina, Museum Gajah, dan sebagainya. Selain itu, kalian dapat berfoto ria di sekitar Monas, berolahraga santai di sekitar Taman Monas yang sangat luas, bahkan dapat melihat seisi monumen tersebut yang biasa disebut Museum Sejarah Perjuangan Nasional. Jadi tunggu apa lagi? Jangan buang kesempatanmu untuk mengunjungi monumen ini!

tugu monas - monumen nasional
Monumen Nasional (sumber gambar: upload.wikimedia.org)

Untuk memasuki Monas, kalian dapat mengunjunginya setiap hari mulai pukul 09.00 – 16.00. Bagi yang tertarik untuk melihat seisi museum di dalam Tugu Monas, tempat ini dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 08.30 – 17.00. Harga tiket masuk sangatlah murah, mulai dari harga Rp 1.000,- hingga Rp 3.000,- (Mahasiswa/anak-anak di pelataran cawan dan pelataran puncak) dan Rp 2.500,- hingga Rp 7.500,- (Dewasa di pelataran cawan dan pelataran puncak). Untuk memasuki kawasan Monas, kalian dapat memasuki lokasi tersebut melalui Pintu Utara Monas. Selain pintu utara, kalian juga dapat memasuki Monas melalui lorong bawah tanah yang terletak di sekitar Patung Diponegoro.

Jika berangkat dari Stasiun Gambir, kalian hanya perlu menuju halte Gambir untuk menaiki busway menuju halte Monumen Nasional. Sedangkan bagi yang membawa kendaraan pribadi, tersedia pula fasilitas parkir umum khusus IRTI, atau kalian dapat memarkir mobil kalian di sekitar Stasiun Gambir.

3. Dufan

Siapa yang tidak mengenal Dufan? Tempat wisata rekreasi keluarga yang memiliki kepanjangan Dunia Fantasi merupakan tempat rekreasi yang memiliki banyak sekali wahana yang disukai oleh semua umur. Wahana-wahana tersebut selalu diperbarui setiap tahun yang ditambah pula dengan pertunjukan yang dibintangi oleh seluruh staf-staf ahli dari Dufan Ancol. Wahana-wahana yang dimiliki Dufan Ancol selalu membuat kalian untuk mencobanya terus menerus. Sebut saja wahana Halilintar yang akan menarik kalian pada ketinggian berpuluh-puluh meter, Istana Boneka yang menampilkan banyak sekali boneka-boneka yang lucu, Arung Jeram yang memberikan cipratan air yang sangat deras, dan berbagai wahana lain yang sangat menantang untuk dicoba.

wisata jakarta dufan
Wisata Jakarta – Dufan (sumber gambar: thejournay.com)

Tunggu apa lagi? Segera dating dan nikmati keseruan Dufan bersama keluarga dan teman kalian. Harga tiket yang ditawarkan cukup menguras kantong, yaitu sebesar Rp 300.000,- per orang pada jam operasional pukul 10.00 – 17.00 (Hari kerja) dan 10.00 – 20.00 (Akhir pekan dan hari libur) atau tiket masuk tahunan sebesar Rp 350.000,- per orang. Meskipun demikian, pihak Ancol kerap kali menawarkan berbagai promo murah. Maka dari itu, jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan kesempatan ini!

Menuju ke Dufan sangatlah gampang dengan menggunakan transportasi bis Trans Jakarta dari halte BKN menuju arah Tanjung Priok. Sesampainya di sana, kalian harus naik angkot yang mengarah langsung ke depan pintu gerbang Ancol. Dengan membayar tiket sebesar Rp 25.000,- kalian akan mendapatkan akses untuk sampai tepat ke depan pintu Dufan. Setelah itu, hanya dengan berjalan beberapa menit sampailah kalian di tempat tujuan.

2. Taman Mini Indonesia Indah

TMII atau biasa disebut dengan Taman Mini Indonesia Indah terletak di Jakarta Timur. Ini merupakan tempat wisata di Jakarta yang bertemakan budaya Indonesia sehingga kita kerap menjumpai Anjungan Daerah yang memiliki berbagai macam miniatur rumah adat hingga berbagai macam boneka yang memakai busana daerah khas masing – masing provinsi. Selain itu, TMII juga memiliki danau yang menggambarkan miniatur negara Indonesia dan dibatasi dengan 33 provinsi yang dimiliki saat ini. TMII juga memiliki beraneka ragam tempat rekreasi seperti kereta gantung, berbagai museum, Teater IMAX Keong Mas, dan Teater Tanah Airku. TMII juga memiliki Istana Anak Indonesia, sebuah istana dongeng yang dapat dimasuki dan dijelajahi sesuka hati kalian.

taman mini indonesia indah
Taman Mini Indonesia Indah (sumber gambar: upload.wikimedia.org)

Untuk mengunjungi TMII, kalian wajib membayar harga tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang dan harga tersebut belum termasuk harga tiket untuk memasuki beragam wahana yang ingin dituju. Tempat rekreasi ini dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 07.00 – 22.00. Akses menuju ke TMII sangatlah bervariatif, mulai dari transportasi umum hingga kendaraan pribadi. Bagi yang menggunakan bus Trans Jakarta dan berangkat dari arah Blok M – Kota, sila transit di halte Semanggi untuk berpindah ke halte koridor 4 jurusan Ragunan – Dukuh Atas. Kemudian lanjutkan dengan transit di Halte Kuningan Timur, jalan ke Halte Kuningan Barat dan naik bus jurusan Pinang Ranti. Setelah itu barulah kalian sampai di Halte Garuda Taman Mini dan jalanlah beberapa kilometer untuk sampai ke tujuan.

1. Pulau Tidung

Ini merupakan tempat wisata di Jakarta yang paling terkenal dan wajib kamu kunjungi. Pulau Tidung adalah satu dari Pulau Wisata di Kepulauan Seribu yang terbesar sekaligus paling diminati oleh wisatawan. Pulau ini terbagi menjadi dua pulau, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil yang dihubungkan dengan Jembatan Cinta yang sangat terkenal. Jembatan ini juga dijadikan tempat favorit bagiwarga setempat untuk memperagakan loncat indahnya di atas lengkungan jembatan. Selain itu, kalian dapat menikmati indahnya matahari terbenam di atas jembatan tersebut. Pulau ini dapat kita jumpai dengan berbagai pemukiman penduduk, pos polisi, hingga sekolah setingkat SMA.

tempat wisata di jakarta terpopuler - pulau tidung
Tempat wisata di Jakarta yang paling terkenal: Pulau Tidung (sumber gambar: pulautidungindonesia.co.id)

Pulau Tidung adalah tempat wisata alam yang sangat ideal untuk melakukan aktivitas snorkeling, diving, olahraga air seperti banana boat, kano, donut boat, dan sebagainya, hingga wisata kuliner dan cinderamata yang asli dibuat oleh penduduk setempat.

Harga yang ditawarkan sangatlah bervariasi. Jika kalian ingin melakukan snorkeling, kalian hanya perlua mengeluarkan kocek sebesar Rp 35.000,- hingga Rp 100.000,- jika kalian ingin menggunakan jasa pemandu. Kalian juga dapat melakukan aktivitas serupa di perairan yang lebih dalam dengan menyewa kapal untuk 60 orang seharga Rp 800.000,-. Bagi yang kesulitan mencari penginapan, kalian dapat menggunakan jasa homestay dengan fasilitas yang terjangkau mulai dari harga Rp 350.000,- hingga Rp 500.000,-. Untuk menuju Pulau Tidung, kalian dapat memilih dua akses alternatif, yaitu dari Pelabuhan Muara Angke di Penjaringan dan Dermaga Marina Ancol.

Inilah 10 tempat wisata di Jakarta yang paling terkenal dan wajib kamu kunjungi. Ibukota yang terus berkembang menjadi kota yang modern namun mereka tidak pernah lupa dengan tempat wisata yang turut membangun kota Jakarta sebagai destinasi wisata yang diminati banyak orang. Jadi tunggu apa lagi? Ayo rencanakan liburanmu segera!

Kontributor: Amirahvelda Priyono
Tanggal upload artikel: 6 Agustus 2016

Daerah tempat wisata menarik lainnya:

1. 10 tempat wisata di Bandung terpopuler

2. 10 tempat wisata di Lombok terpopuler

3. 10 tempat wisata di Malang terpopuler

About Amirahvelda Priyono

Amirahvelda Priyono, alumni Sastra Prancis Universitas Padjadjaran. Asal dari Surabaya namun sekarang tinggal di Jatinangor dan mau meniti karir di Jakakrta. Hobi menulis, fotografi, desain grafis, dan denger musik jazz.

Check Also

Wisata Lombok: 10 Tempat Wisata di Lombok Paling Terkenal

Siapa yang tidak mengenal Gili Trawangan? Tempat wisata di Lombok yang satu ini bahkan telah …

One comment

  1. Thanks min info tempat wisata di jakartanya, membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *