Home > TIPS / PANDUAN WISATA > Wisata Malang: 10 Tempat Wisata di Malang yang Paling Terkenal

Wisata Malang: 10 Tempat Wisata di Malang yang Paling Terkenal

Terletak di provinsi Jawa Timur, kota Malang menjadi salah satu tujuan wisata yang selalu ramai dikunjungi banyak orang. Selain udaranya yang sejuk, Malang memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berdasarkan data Google Keyword Planner, kami merangkum 10 tempat wisata di Malang yang paling banyak dicari di internet.

Berikut ini 10 tempat wisata di Malang yang paling terkenal dan wajib anda kunjungi:

10. Batu Night Spectacular

Sesuai dengan namanya, Batu Night Spectacular atau biasa disebut dengan BNS merupakan wahana khusus dibuka mulai dari sore hingga malam, yaitu pukul 15.00-23.00 untuk hari biasa dan pukul 15.00-24.00 untuk akhir pekan. Taman hiburan ini terletak di Desa Oro-oro Ombo, Kota Wisata Batu yang berada di atas bukit. Kalian dapat melihat lampu-lampu kota Malang yang gemerlap dari ketinggian. Wahana yang disediakan sangatlah variatif, mulai dari wahana yang santai hingga mengguncang adrenalin. Wahana-wahana tersebut adalah Galeri Hantu, Taman Lampion, Sepeda Udara Tertinggi, Mouse Coaster, Drag Race, dan sebagainya. Tak heran jika BNS selalu diminati oleh berbagai kalangan walaupun diterpa oleh angin kota Batu yang sangat dingin. Maka dari itu, janganlah lupa untuk memakai jaket supaya badan kalian tetap hangat.

wisata malang bns
Batu Night Spectacular (sumber gambar: sanutra.com)

Fasilitas lain yang ditawarkan tempat wisata ini selain wahana BNS adalah Pujasera, live music, dan pusat oleh-oleh seperti aksesoris, kaos, jajanan khas Jawa Timur, dan sebagainya. Taman Hiburan BNS dapat kalian capai dengan kendaraan pribadi dari Alun-alun Batu yang terkenal selama 10 menit. Kemudian kalian akan menyelusuri Jalan Agus Salim hingga memasuki Jalan Oro-oro Ombo. Setelah melewati bundaran Oro-oro Ombo, kalian akan menemukan BNS yang terletak tepat di kiri jalan.

Tertarik? Kalian dapat membeli tiket masuk individual atau tiket terusan untuk menikmati seluruh wahana yang tersedia. Untuk harga tiket di hari biasa dijual seharga Rp 30.000,- sedangkan pada akhir pekan dijual seharga Rp 40.000,-. Kemudian untuk harga tiket terusan dijual seharga Rp 100.000,- berlaku setiap hari.

9. Coban Rondo

Coban Rondo adalah objek wisata Malang berupa air terjun yang sangat terkenal di Jawa Timur. Gemercik air yang sangat jernih dan segar berasal dari sumber mata air Cemoro Dudo, lereng Gunung Kawi. Panorama yang sangat indah membuat cagar alam ini diminati oleh para wisatawan domestik dan mancanegara. Jika kalian ingin sekali trekking, kalian dapat memilih opsi Cuban Tengah yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Selain itu, kalian juga dapat memanfaatkan Coban Rondo untuk melakukan aktivitas outdoor learning bersama rombongan-rombongan favorit kalian. Coban Rondo juga memiliki dua wahana yang dapat memanjakan liburan kalian, yaitu Paint Ball (HTM : Rp 450.000,- per 150 peluru dan Rp 750.000,- per 300 peluru untuk paket 3 on 3 sebanyak 6 orang) dan Fun Tubing (HTM : Rp 35.000,- per orang). Jadi tunggu apa lagi?

coban rondo
Coban Rondo (sumber gambar: malangonline.com)

Untuk memasuki Coban Rondo, kalian hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 8.000 (wisatawan domestik) dan Rp 10.000 (wisatawan mancanegara). Perjalanan menuju Coban Rondo sangatlah mudah berhubung seluruh ruas jalan menuju lokasi sudah diaspal. Selain itu, jalan menuju Coba Rondo dapat kalian tempuh mulai dari Jalan Batu-Pujon, Malang. Kemudian kalian dibawa ke jalanan yang berkelok-kelok nan landai hingga sampai di tempat tujuan.

8. Eco Green Park

Jika kalian ingin sekali mencari tempat wisata di Malang yang bertemakan lingkungan, flora, dan fauna, Eco Green Park adalah tempat yang cocok sekali, Objek wisata ekologi yang terletak di Desa Oro-oro Ombo, Kota Wisata Batu, tepatnya di lereng Gunung Panderman yang sejajar dengan Batu Night Spektakuler. Baru didirikan sejak tahun 2012, Eco Green Park telah berhasil memenangkan Trip Advisor 2016. Keberhasilan yang diraih ini menunjukkan bahwa eksistensi terhadap pelayanan kepada seluruh pengunjung. Eco Green Park yang berwawasan pendidikan dan rekreasi memiliki 37 wahana dari tiga tema yang bisa kalian nikmati, terdiri dari Jungle Adventure, Pembelajaran Hidroponik Stroberi dan Jamur, Water Outbound, dan sebagainya.

eco green park batu malang
Eco Green Park (sumber gambar: malangcity.com)

Wahana yang sangat variatif ini membuat pihak Eco Green Park menawarkan harga tiket yang bervariatif pula nan murah. Untuk tiket reguler, kalian wajib merogoh kocek sebesar Rp 30.000,- (hari biasa) dan Rp 40.000,- (akhir pekan). Selain tiket reguler, pihak Eco Green Park menyediakan tiga Paket Kaget dan dua Paket Sakti yang bisa dipakai ke berbagai taman hiburan yang dikelola oleh Jawa Timur Park Group.

Berangkat dari Alun-alun Batu, kalian akan menyelusuri Jalan Agus Salim hingga memasuki Jalan Oro-oro Ombo. Pada bundaran Oro-oro Ombo, beloklah ke kanan dan kalian sudah berada di wilayah Jatim Park dan Eco Green Park berada di kanan jalan.

7. Ranu Kumbolo

Bagi yang suka sekali menonton film 5 cm yang melegenda di akhir tahun 2012 pasti kalian akan tahu tempat yang menjadi lokasi syuting film tersebut. Ya, Gunung Semeru sampai saat ini menjadi tujuan alam yang paling diminati baik bagi para pendaki gunung, pecinta alam, dan sebagainya. Satu dari lokasi di Gunung Semeru yang sangat cocok ditempati untuk berkemah adalah Ranu Kumbolo.

ranu kumbolo gunung semeru
Ranu Kumbolo, Gunung Semeru (sumber foto: youtube.com)

Ranu Kumbolo adalah tempat wisata di Malang berupa danau air tawar yang terbentang luas di lereng gunung. Danau ini terletak di Pegunungan Tengger, kaki Gunung Semeru. Debit air danau yang jernih dan tidak pernah habis, suhu udaranya yang mencapai 5º C, gugus bintang Bimasakti yang dapat dilihat pada malam hari, serta kabut dingin yang tebal selalu menarik perhatian bagi siapapun yang mengunjungi tempat ini. Ranu Kumbolo juga merupakan tempat transit untuk mencapai puncak Mahameru, pucak tertinggi Gunung Semeru. Tak heran jika ketika kalian menginjakkan kaki di sini, kalian akan menjumpai tenda-tenda yang berjejeran di sekitar tepi Ranu Kumbolo. Hal lain yang dapat menarik perhatian kita di Ranu Kumbolo adalah Tanjakan Cinta yang sangat terkenal. Konon jika kalian berjalan sepanjang tanjakan sambil membayangkan orang yang kita cintai tanpa menoleh ke belakang, cinta kalian akan tersampaikan.

Untuk memasuki Gunung Semeru, hal yang harus kalian butuhkan adalah tiga buah fotokopi KTP dan Surat Keterangan Sehat Dokter. Jika kalian tidak memiliki surat tersebut, kalian dapat memilikinya di Senduro. Setelah dokumen kalian dinyatakan lengkap, kalian akan berangkat dari Ranupani dan melewati empat pos yang sudah ditetapkan. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Ranu Kumbolo sekitar 5-7 jam. Jangan lupa untuk menyiapkan jaket atau pakaian hangat supaya terhindar dari hipotermia.

6. Pulau Sempu

Pulau Sempu adalah objek wisata Malang erupa pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Jawa Timur. Lokasi persis pulau ini adalah di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing. Pulau Sempu dikelilingi oleh pepohonan tropis yang sangat lebat dan memiliki keunikan khusus, yaitu Laguna Segara Anakan. Laguna Segara Anakan adalah pantai pasir putih yang berada di sekitar Pulau Sempu seluas 4 ha. Selain Laguna, kalian data mengunjungi tempat lain yang tidak kalah menarik seperti Tiger Cave, Pantai Pasir Kembar, Pantai Waru-waru, dan sebagainya. Cagar alam yang sangat luas ini dijadikan sebagai salah satu tempat yang dilindungi oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Kementerian Kehutanan Indonesia.

wisata malang pulau sempu
Pulau Sempu (sumber foto: bligum.wordpress.com)

Untuk menuju ke Pulau Sempu, kalian harus berangkat dari Pantai Sendang Biru. Kemudian kalian dapat menyewa perahu sebesar Rp 100.000,- yang telah disediakan untuk sampai ke sana. Sesampainya di Pulau Sempu, kalian telah berada di Teluk Semut yang menjadi Akan tetapi, kalian wajib mengurus perizinan berkemah terlebih dahulu sebelum berangkat menuju lokasi wisata. Kemudian untuk mencapai lokasi perkemahan, kalian harus berjalan selama 2-3 jam menembus hutan lebat yang cukup curam. Lokasi perkemahan tersebut ada di Laguna Segara Anakan.

5 Tempat Wisata di Malang yang Paling Terkenal

5. Jatim Park 1

Jatim Park 1 adalah tempat wisata di Malang berupa tempat hiburan yang pertama didirikan oleh Jawa Timur Park Group. Tempat wisata ini terletak di Jalan Dewi Sartika Atas, Kota Wisata Batu tepatnya di lereng Gunung Panderman. Kemegahan yang dimiliki taman hiburan ini menjadi tujuan wisata yang paling diminati oleh semua umur dari berbagai wilayah, seperti Bali, Yogyakarta, Kalimantan, dan sebagainya.

jatim park 1
Jatim Park 1 (sumber gambar: villahotelbatu.com)

Taman hiburan yang mengandalkan potensi edukasi, flora dan fauna, pusat pengembangan hasil pertanian, dan taman bermain, Jatim Park adalah tempat yang sangat cocok. Wahana yang dimiliki selalu bertambah setiap tahun sudah menjadi trademark bagi pihak pengelola. Wahana-wahana tersebut meliputi Science Center, Keraton Nusantara, Sky Swinger, Waterboom, Pendulum 360, Volcano Coaster, dan sebagainya.

Dimulai dari Alun-alun Batu kalian dapat menyulusuri Jalan Agus Salim (melewati SMAN 1 Batu) kemudian belok ke arah kanan menuju Jalan Dewi Sartika Atas. Setelah itu beloklah ke kiri dan sampailah di Jatim Park 1. Tempat hiburan terbesar di Jawa Timur ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.30-16.30 dengan harga tiket Rp 60.000,- (hari biasa) dan Rp 80.000,- (akhir pekan). Jika kalian masih membutuhkan pertanyaan silahkan kunjungi http://www.jawatimurpark1.com.

4. Jatim Park 2

Antusiasme para wisatawan terhadap Jatim Park 1 memicu semangat bagi pihak Jatim Park Group berinsiatif untuk mendirikan Jatim Park 2 beberapa tahun setelah kesuksesan Jatim Park 1. Bedanya dari Jatim Park 1 adalah mereka menyediakan wahana dan pertunjukkan bertemakan satwa dan rekreasi. Tak heran jika kalian akan menjumpai berbagai wahana dan pertunjukkan yang terdiri dari Singa Laut Show, Pasar Afrika, Reptile Garden, dan sebagainya. Kawasan taman hiburan yang sangat berdekatan dengan Jatim Park 1 dapat memudahkan kalian untuk mecari lokasi tersebut karena setiap taman hiburan yang dikelola oleh Jatim Park Group diletakkan tak jauh dari jangkauan wisatawan.

jatim park 2
Jatim Park 2 (sumber foto: tempatwisatamalang.com)

Untuk memasuki taman hiburan tersebut, cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp 75.000,- (hari biasa) dan Rp 105.000,- (akhir pekan). Lokasi Jatim Park 2 juga sangat berdekatan dengan Eco Green Park di Jalan Oro-oro Ombo. Maka dari itu, arah jalan untuk menuju ke Jatim Park 2 tidak jauh berbeda dengan arah jalan menuju Eco Green Park.

Untuk info lebih lanjut tentang wisata Malang yang satu ini, kunjungi www.jawatimurpark2.com mengenai pertunjukan terkini, harga tiket, dan informasi temat hiburan terbaru oleh Jawa Timur Park Group.

3. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna merupakan tempat wisata di Malang berupa pantai yang paling terkenal. Berlokasi di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Pantai Tiga Warna masih merupakan kawasan konservasi yang sangat dilindungi. Pantai ini diapit oleh dua pantai yang sangat indah, yaitu Pantai Clungup dan Pantai Gatra. Aktivitas yang dapat kalian lakukan di Pantai Tiga Warna adalah snorkeling. Pasir putih yang sangat jernih membuat kita tak pernah lelah untuk mengabadikan momen yang tidak akan terlupakan nantinya.

pantai 3 warna malang
Pantai 3 warna (sumber foto: bintang.com)

Supaya terhindar dari tindakan-tindakan yang tidak bertanggungjawab, pihak pengelola membatasi jumlah pengunjung Pantai Tiga Warna. Itulah sebabnya sangat penting bagi kalian untuk melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum mengunjungi Pantai Tiga Warna. Jika kalian datang secara rombongan (maksimal 10 orang), wajib melakukan reservasi seminggu sebelum kedatangan (bagi yang mengunjungi lokasi pada hari biasa) dan sebulan sebelum kedatangan (bagi yang mengunjungi lokasi pada akhir pekan). Selain itu, disarankan untuk berkemah di dua pantai yang dapat kalian pilih, yaitu Pantai Clungup dan Pantai Gatra. Pemandu wisata khusus Pantai Tiga Warna akan memandu kalian menuju lokasi pantai. Sesampainya di sana, kalian diberi waktu selama dua jam. Jika kalian ingin melakukan snorkeling, wajib membayar perlengkapan snorkeling sebesar Rp 15.000,- per orang.

Untuk menghilangkan rasa penasaran kalian, pergilah mulai dari Malang menuju Dampit kemudian teruskan sampai ke daerah Turen. Setelah itu, lanjutkan hingga menemukan pertigaan yang mengarahkan ke Pantai Sendang Biru di sebelah kiri dan Pantai Balekambang di sebelah kanan. Ambillah jalan ke kiri dan kalian akan melewati Clungup Mangrove Conservation dan sampailah di pintu gerbang Pantai Clungup. Jika kalian membawa mobil, parkirlah di depan gang dan jalan kaki menuju lokasi pantai

2. Museum Angkut

Museum yang letaknya sejajar dengan taman-taman hiburan yang dikelola oleh Jawa Timur Park Group ini didirikan sebagai bentuk apresiasi terhadap perkembangan transortasi di Indonesia bahkan di dunia. Perpaduan unsur seni dan budaya menjadikan Museum Angkut ini sebagai museum transportasi terbesar di Indonesia bahkan di Asia. Ketika memasuki museum ini, kalian akan dimanjakan dengan bangunannya yang dibuat berdasarkan benua-benua di seluruh dunia. Selain itu, Museum Angkut juga memiliki wahana dan atraksi yang bisa kalian kunjungi mulai pukul 12.00-20.00, yaitu pertunjukan-pertunjukan China Town & Batavia Show, Gangster Show, Parade Museum Angkut, dan sebagainya. Lokasi wisata yang sangat bervariatif kerap kali digunakan sebagai photo session bahkan pre wedding dengan paket yang telah disediakan.

wisata museum angkut
Museum Angkut (sumber gambar: javaindonesia.org)

Tempat wisata di Malang ini terletak di Jalan Terusan Sultan Agung, Kota Wisata Batu. Untuk menuju ke sana bermulai dari Jl. Imam Bonjol dan teruskan kea rah Jalan Terusan Agus Salim. Museum ini terletak persis di belakang Jatim Park 1 sehingga tergolong mudah untuk dicari. Jika tertarik, siapkan kocek berupa harga tiket sebesar Rp 60.000,- (hari biasa) dan Rp 80.000,- (akhir pekan). Bagi yang membawa kamera berupa DSLR, kamera digital, polaroid, dan sebagainya wajib membayar tiket khusus jenis kamera seharga Rp 30.000,-. Jika ingin, kalian juga dapat membeli tiket terusan untuk mengunjungi D’ Topeng Kingdom sebesar Rp 70.000,- sampai Rp 90.000,-.

Kunjungilah http://www.museumangkut.com/ untuk mengetahui info lebih lanjut.

1. Gunung Bromo

Ini merupakan tempat wisata di Malang yang paling terkenal dan wajib anda kunjungi. Terbesar di Jawa Timur, Gunung Bromo selalu menjadi tujuan wisata alam yang paling banyak diminati oleh seluruh pendaki gunung, pecinta alam, dan sebagainya. Berlokasi di perbatasan Kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan, dan Probolinggo, Gunung Bromo merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

tempat wisata di malang gunung bromo
Wisata Malang: Gunung Bromo (sumber foto: wanderlusteastjava.blogspot.com)

Di sana kalian dapat menikmati pemandangan matahari terbit dan Gunung Bromo di lima view point terfavorit, yaitu Puncak B29 (Negara di Atas Awan), Pananjakan 1, Sruni Point, Bukit Cinta, dan Bukit Kingkong. Lokasi alam favorit Gunung Bromo lainnya adalah Kawah Gunung Bromo, Pasir Berbisik, dan Bukit Teletubbies. Selain itu, Gunung Bromo juga selalu dijadikan lokasi wisata budaya Upacara Kasodo (upacara adat agama hindu) dan konser musik Jazz Gunung yang diadakan setiap tahun di bulan Maret sejak tahun 2012. Jika tertarik, jangan lupa untuk menyiapkan seluruh akomodasi yang dibutuhkan mulai dari pakaian hangat, alat-alat perkemahan jika ingin, serta uang saku yang cukup untuk menikmati seluruh fasilitas yang telah disediakan.

Gunung Bromo yang sangat luas dan dibagi empat wilayah (Malang, Pasuruan, Probolinggo, dan Kabupaten Lumajang) dapat dicapai dengan kendaraan pribadi dan kendaraan umum. Bagi yang memulai perjalanan dari Malang, kalian dapat memulainya dari Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang dan diteruskan menuju Desa Buklak Klakah. Setelah itu perjalanan kalian dilanjutkan menuju jalur menuju Lumajang, yaitu kawasan Jemplang. Akhirnya kalian akan sampai di Gunung Bromo seraya melewati Padang Savana Gunung Bromo.

Itulah 10 tempat wisata di Malang yang paling banyak dicari oleh netizen di internet. Tempat wisata yang paling terkenal dan wajib anda kunjungi. Setiap tahun perkembangan pariwisata di Jawa Timur selalu meningkat. Tentu saja untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Indonesia, kita harus bisa mempromosikan pariwisata Indonesia khususnya di Malang ke kancah internasional. Ayo! Siapkan liburan kalian dan lestarikan pariwisata kota Malang!

Kontributor: Amirahvelda Priyono
Tanggal upload artikel: 15 Juni 2016

Daerah tempat wisata menarik lainnya:

1. 10 tempat wisata di Bandung terpopuler

2. 10 tempat wisata di Jogja terpopuler

3. 10 tempat wisata di Bogor terpopuler

About Amirahvelda Priyono

Amirahvelda Priyono, alumni Sastra Prancis Universitas Padjadjaran. Asal dari Surabaya namun sekarang tinggal di Jatinangor dan mau meniti karir di Jakakrta. Hobi menulis, fotografi, desain grafis, dan denger musik jazz.

Check Also

10 Tempat Wisata di Jakarta yang Paling Terkenal

Sering melihat foto Tugu Monas? Tugu Monas atau Monumen Nasional merupakan salah satu tempat wisata …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *