Home > TEMPAT WISATA > Wisata Candi Borobudur – Foto & Review Lengkap

Wisata Candi Borobudur – Foto & Review Lengkap

Candi Borobudur merupakan salah satu dari tujuh keajaiban di dunia, satu dari situs bersejarah pariwisata Indonesia yang sangat terkenal. Candi yang sudah dibangun sejak dinasti Syailendra ini juga dipakai sebagai tempat beribadah bagi pemeluk agama Buddha. Obyek ini terletak di Magelang, Jawa Tengah, beda 40 km dari Yogyakarta.

candi borobudur
Sumber gambar: jogjakharismatransport.com

Lihat juga tempat wisata menarik lainnya: Candi Prambanan atau Keraton Yogyakarta

Penghargaan World Heritage Site oleh UNESCO pada tahun 1991 membuat pemerintahan Indonesia membuka Taman Wisata Candi Borobudur sebagai objek wisata yang sangat diminati oleh seluruh dunia. Bahkan Richard Gere, pemain film Hollywood ternama, pernah mengunjungi tempat tersebut untuk beribadah di hari Waisak yang selalu diadakan setiap tahun. Oleh sebab itu, obyek ini memang dikenal sebagai pusat beribadah bagi seluruh umat Buddha di dunia.

Tempat wisata ini sangat cocok bagi kalian yang sangat menyukai sejarah atau arkeologi, termasuk ilmu pengetahuan terhadap perkembangan kerajaan Buddha di Indonesia. Arca hingga relief yang terukir di setiap sudut candi merupakan saksi sejarah terpenting sepanjang masa. Selain itu, tempat ini juga sangat bagus untuk para pecinta fotografi dan mengambil momen pada saat matahari terbenam.

Aktivitas yang bisa kamu lakukan di Candi Borobudur

Festival Lampion

Setiap tahun di tempat wisata ini diadakan festival lampion yang bertujuan untuk mengundang wisatawan domestik maupun mancanegara. Kegiatan ini sering kali diadakan pada saat Hari Waisak, hari besar bagi umat Buddha. Jika ingin ikut serta merayakan festival lampion, kalian bisa mendatangi tempat wisata ini pada saat malam pergantian tahun baru di mana pihak taman wisata menambahkan rangkaian acara yang cukup menghibur para wisatawan seperti pagelaran musik dan seni. Festival ini diadakan di sekitar taman Candi Borobudur dengan 1000 lampion yang siap dilepaskan ke langit-langit.

gambar festival lampion borobudur
Sumber Gambar : sisijalan.com

Fotografi

Mengabadikan momen tidak pernah ketinggalan untuk dijadikan sebagai kegiatan penting selama berada di tempat-tempat yang jarang dikunjungi. Apalagi tempat wisata ini adalah tempat yang sangat ideal untuk mengambil objek fotomu semenarik mungkin dengan pemandangan Jawa Tengah yang sangat indah. Kalian juga dapat melihat Gunung Merapi, gunung api yang masih aktif dan sangat legendaris di Indonesia dari lokasi obyek wisata ini. Maka dari itu, sangat disarankan untuk mengambil objek foto pada saat matahari terbit maupun terbenam dari tempat teratas candi ini. Ditambah pula dengan momen-momen festival yang diadakan pihak Candi Borobudur setiap tahun juga tidak boleh dilewatkan supaya mendapatkan hasil foto yang sangat variatif.

gambar candi borobudur saat matahari terbenam
Sumber Gambar: ourglobaltrek.com

Belajar Sejarah

Tempat wisata ini memiliki rangkaian sejarah yang sangat menarik untuk dipelajari. Kita bisa melihat relief-relief yang diukir oleh batu yang sangat bersejarah. Arca-arca yang dibangun di sekitar candi memiliki peran penting terhadap perkembangan sejarah Indonesia. Jika penasaran, sewalah pemandu wisata yang telah disediakan oleh pihak taman wisata yang sangat memahami sejarah candi ini.

museum sejarah candi borobudur
Sumber Gambar: oldlook.indonesia.travel

Tips Berwisata

Lokasi Taman Wisata Candi Borobudur sangatlah luas. Fasilitas dan atraksi yang disediakan pula sangatlah variatif. Maka dari itu, jika kalian membawa anak-anak dibawah 10 tahun, ajaklah sekalian untuk mengunjungi Museum Borobudur atau hanya sekedar melihat berbagai atraksi gajah yang sangat unik supaya pengalaman liburan mereka semakin mengesankan.

Ketika memasuki obyek wisata ini, kalian akan menjumpai berbagai tangga yang tingginya sangat curam dengan anak tangga yang banyak. Maka dari itu kalian dilarang memakai sepatu berhak atau sandal dan memakai sepatu bertali atau sepatu sandal. Tabir surya, topi, dan payung juga sangat dibutuhkan ketika kalian mengunjungi tempat wisata ini pada siang hari supaya tidak terkena sengatan matahari secara berlebihan.

Selain dijadikan sebagai tempat wisata, tempat yang juga dipakai untuk beribadah ini diharapkan menghormati segala peraturan yang sudah ditentukan. Setiap memasuki kawasan candi ini kalian diwajibkan memakai kain dililitkan ke pinggang yang sudah disediakan oleh pihak wisata. Kalian bisa mendapatkan kain tersebut secara gratis. Selama berada di sana, jangan sekali-kali untuk melepas kain tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur. Tidak hanya itu, jika ada peraturan-peraturan lainnya yang menyangkut dengan kepercayaan umat beragama, diharapkan untuk mematuhinya. Misalnya mencorat-coret batu-batu yang ada di dalam candi. Banyak yang beralasan sebagi kenang-kenangan bahkan saksi bahwa mereka pernah mengunjungi obyek wisata ini. Padahal warisan budaya ini juga termasuk tempat yang paling dilindungi.

Sekilas Informasi tentang Tempat Wisata

Taman Wisata Candi Borobudur ini dibuka mulai dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore. Untuk memasuki tempat wisata ini, kalian akan dikenakan biaya tiket masuk seharga Rp 30.000,- untuk wisatawan lokal dewasa dan Rp 12.500,- untuk  wisatawan lokal anak-anak. Bagi wisatawan asing dikenakan biaya sebesar 20$ untuk dewasa dan anak-anak (termasuk pelajar) dikenakan biaya sebesar 10$ semua biaya yang telah disebutkan sudah termasuk dengan kain yang harus dipakai ketika berada di tempat wisata.

Fasilitas dan atraksi yang disediakan sangatlah banyak dan terbilang cukup memadai. Fasilitas tersebut meliputi Museum Borobudur yang memiliki banyak sekali warisan arkeologi, arca, dan prasasti yang bersejarah, Museum Kapal Samudera Raksa atau Kapal Borobudur, Kereta mini yang dapat membawa kalian keliling Taman Wisata dan pusat turis. Selain itu, pihak wisata memiliki variasi atraksi gajah khas Borobudur yang cocok buat anak-anak.

atraksi gajah di candi borobudur
Sumber Gambar: cdn.metrotvnews.com

Banyaknya wisatawan yang kerap sekali mengunjungi obyek wisata ini membuat kualitas hotel-hotel semakin ditingkatkan, baik yang berstandar bawah hingga tinggi. Berikut penginapan-penginapan yang bisa menjadi rekomendasi terbik untuk liburan kalian:

Cempaka Villa

Penginapan ini tergolong sangat dekat dengan lokasi karena kalian hanya berjalan sejauh 5 km menuju lokasi tersebut. Fasilitas yang ditawarkan tidak kalah menarik, yaitu spa, makanan khas Jawa dan Barat, dan pemandangan matahari terbit dan terbenam di Candi Borobudur. Harga yang diberikan cukup terjangkau, yaitu Rp 255.000,- dampai Rp 495.000,- per malam. Tanpa menunggu lama, segera kunjungi Cempaka Villa di Jl. Medang Kamulan No 8B, Borobudur, Jawa Tengah.

Hotel Borobudur Indah

Hotel ini terletak tidak jauh dari Borobudur, yaitu di jalan utama Semarang-Yogyakarta beralamat Jl. A.Yani No.246, Magelang. Hotel yang memiliki 37 kamar memiliki fasilitas terbaik yaitu parkir mobil yang luas, internet, ruang rapat, dan sarapan setiap kamar. Harganya tergolong terjangkau, yaitu sekitar Rp 206.000,- sampai Rp 301.000,- berdasarkan ukuran tempat tidur.

Pondok Tingal Hotel and Restaurant

Hotel ini selalu laku keras dipesan oleh wisatawan. Hotel ini terletak di Jl. Balaputra Dewa 32, 56553 Brojonalan, Jawa Tengah. Bangunan yang bercorak Jawa ini menawarkan fasilitas menarik, yaitu internet gratis, transportasi khusus antarjemput ke Bandara Adi Sucipto, penyewaan sepeda, dan sebagainya. Harga? Sangat terjangkau! Hanya menyiapkan kocek Rp 200.000,- per malam kalian dapat menikmati fasilitas yang sudah disediakan.

Cara Menuju Candi Borobudur

Jika kalian berangkat dari Jakarta, banyak sekali fasilitas kendaraan yang bisa digunakan menuju kota Jogja terlebih dahulu, seperti pesawat, bus, dan kendaraan pribadi (motor dan mobil). Bagi yang menggunakan bus, kalian disarankan untuk berangkat dari Terminal Giwangan atau Sub Terminal Jombor dengan mengambil jurusan Borobudur. Kocek yang dibutuhkan untuk menuju ke sana hanya sebesar Rp 10.000,. Waktu total yang ditempuh untuk mencapai lokasi wisata mencaai 1,5 jam. Ketika sudah sampai di Terminal Borobudur, kalian dapat menaiki becak (satu kali jalan Rp 5.000,-) atau dokar (satu kali jalan Rp 20.000,-) untuk menuju Candi Borobudur.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, kalian dapat melalui jalan-jalan seperti Sleman – Muntilan – Palbapang – Mendut – Candi Borobudur. Bagi pengguna mobil, kalian dapat memarkir di dalam lokasi Taman Wisata sedangkan untuk pengguna motor harus parkir di luar lokasi.

Oleh-oleh

Pihak Taman Wisata Candi Borobudur memiliki cinderamata yang sangat menarik dan cocok sebagai buah tangan untuk sanak saudara bahkan teman sebaya, seperti patung Buddha, lukisan, bahkan aksesoris khas Jawa Tengah. Tak ketinggalan jajanan khas Jawa Tengah dan Jogjakarta juga dijual di sini seperti wingko babat dan jenang. Harganya sangat variatif dan jika beruntung, kalian dapat melakukan tawar menawar dengan harga yang sangat miring.

patung oleh oleh
Sumber Gambar: turindo.co.id

Tempat wisata lain dekat Candi Borobudur

Punthuk Setumbu

Tempat ini adalah bukit setinggi 400 m dpl yang terletak di gugusan Pegunungan Menoreh, Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang yang sangat terkenal dengan pemandangan matahari terbit. Jika tertarik, kalian disarankan untuk mengunjungi tempat ini pada pukul 05.00 pagi dan butuh tenaga ekstra untuk sampai di tempat tersebut karena area treking yang cukup melelahkan. Meskiun demikian, Punthuk Setumbu memiliki fasilitas gazebo, rumah panggung, dan kursi-kuris kayu yang bisa digunakan serambi menikmati matahari terbit. Jika tertarik, kalian hanya menyiapkan harga tiket masuk sebesar Rp 15.000,-.

punthuk setumbu
Sumber Gambar: 1001malam.com

Gereja Ayam

Bagi kalian yang hobi menonton film Ada Apa Dengan Cinta 2 yang sangat melegenda di tahun 2016 pasti mengenal tempat ini. Ya, Gereja Ayam adalah gereja yang terletak di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Magelang. Pada awalnya, bangunan milik Daniel Alamsjah ingin dibuat menyerupai burung merpati. Akan tetapi bangunan tersebut lebih menyerupai dengan ayam. Jadilah orang-orang menyebutnya sebagai Gereja Ayam. Pemandangan alam yang ditawarkan menjadi daya tarik para wisatawan terutama bagi kalian yang ingin melihat matahari terbit. Selain itu, kalian bisa melihat Candi Borobudur dari puncak Gereja Ayam ini, karena jaraknya hanya sekitar 2,5 kilometer.

gereja ayam
Sumber Gambar: pegipegi.com

Kontributor: Amirahvelda Priyono
Mengunjungi Candi Borobudur pada bulan Juli 2011
Tanggal upload artikel: 28 Mei 2016

Tempat wisata menarik lainnya:

1. Pantai Indrayanti – Menikmati Indahnya Laut & Pantai Gunung Kidul Jogja

2. Museum Angkut Malang – Review & Harga Tiket Masuk Museum Angkut

3. Pantai Sadranan, Wisata Pesona Alam Jogja Layaknya di Pulau Dewata

About Amirahvelda Priyono

Amirahvelda Priyono, alumni Sastra Prancis Universitas Padjadjaran. Asal dari Surabaya namun sekarang tinggal di Jatinangor dan mau meniti karir di Jakakrta. Hobi menulis, fotografi, desain grafis, dan denger musik jazz.

Check Also

Wisata Keraton Yogyakarta – Foto & Review Lengkap

Keraton Yogyakarta atau disebut juga dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *