Home > TEMPAT WISATA > Curug Leuwi Hejo Sentul Bogor – Foto & Review Lengkap

Curug Leuwi Hejo Sentul Bogor – Foto & Review Lengkap

Curug Leuwi Hejo merupakan salah satu objek wisata yang paling diminati di wilayah Bogor. Bahkan, dalam kurun waktu satu tahun terakhir, curug ini telah menjelma menjadi sebuah wahana rekreasi favorit yang mampu mendatangkan banyak pengunjung. Oleh karenanya, tidaklah mengherankan jika di musim liburan sekolah, objek wisata ini selalu dipadati para wisatawan yang datang dari dalam maupun luar Kota Bogor.

curug leuwi hejo
Lanskap Curug Leuwi Hejo (Sumber: Ngadem.com)

Kondisinya yang masih asri, membuat pemandangan di sekitar lokasi ini sangat indah. Karena selain bisa menikmati sebuah kolam tampung alami, kamu juga bisa menyaksikan bias-bias pelangi dari setiap sudut air terjunnya. Bahkan, keindahan itu pun masih berpadu dengan hijaunya pepohonan rindang yang banyak tumbuh di sekitar lokasi. Ya, Curug Leuwi Hejo sendiri berada di ketinggian sekitar 500-1000 mdpl. Oleh karenanya, tak heran apabila suhu udara di sekitar kawasan wisata ini lebih cenderung sejuk dan menyegarkan. Sehingga mampu membuat tubuh yang  letih menjadi bugar kembali.

Lihat juga tempat wisata menarik lainnya: Kebun Raya Bogor atau Pulau Pari

Sebelum dikenal dengan sebutan Curug Leuwi Hejo, masyarakat setempat lebih dulu menyebutnya dengan nama Curug Bangkok. Secara keseluruhan, objek wisata ini memiliki gambaran lanskap yang begitu memukau, sekaligus mempunyai daya tarik yang dipercaya mampu membuat hati kita merasa senang, nyaman, dan tenteram. Tak hanya itu saja, kawasan ini juga masih dipercantik dengan rindangnya pohon-pohon hijau yang banyak tumbuh di sekitarnya, sehingga semakin menambah kemolekan serta keasrian tempat wisata ini.

salah satu sudut eksotis sentul
Sumber: life.viva.co.id

Selain menjadi kawasan wisata alam terpadu, Curug Leuwi Hejo ini juga menjadi salah satu objek wisata yang cukup menghasilkan. Pasalnya, objek wisata ini masih dikelola secara swadaya oleh penduduk setempat. Meskipun masih banyak kekurangannya, tapi percayalah, kamu tak akan menyesal jika memutuskan untuk berkunjung ke tempat ini. Sebab, sudah banyak wisatawan yang telah membuktikan bahwa tempat wisata ini benar-benar recommended dan wajib dikunjungi bagi kamu yang menyukai tantangan sekaligus petualangan.

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Curug Leuwi Hejo

Menjelajahi Area Curug

Sayang sekali jika kamu melewatkan kesempatan untuk menjelajahi setiap sudut area curug ini. Sebab, di tempat ini kamu akan dimanjakan dengan pesona alam yang berpadu mesra dengan hangatnya suasana pedesaan. Ya, dengan melihat aktivitas warga di pedesaan, kamu akan merasakan nuansa nostalgia yang tak bisa kamu dapatkan di kota-kota besar seperti di Jakarta. Selain itu, pemandangan yang masih asri berupa deretan persawahan, perbukitan, sungai, dan perkebunan, juga akan menambah suasana syahdu yang ada di dalamnya. Dan tentunya, kamu juga bisa memotret setiap sudut tempat wisata ini dan menyimpannya sebagai arsip kenangan di masa mendatang.

akses ke lokasi wisata bogor
Sumber: baginspirasi.blogspot.com

Berenang di Kolam Tampung Alami

Sambil menyelam minum air. Begitulah kata peribahasa yang sering kita dengar. Ya, salah satu hal yang menjadi favorit para pengunjung di objek wisata ini adalah Kolam Tampung Alami yang terletak di bawah Curug Leuwi Hejo. Kolam alami ini sering digunakan para wisatawan sebagai tepat berenang atau sekadar bermain air. Kondisi airnya pun masih begitu jernih layaknya mata air dari pegunungan.

bermain air di curug leuwi hejo
Sumber: agustiiin.wordpress.com

Selain berenang, kamu juga bisa menaiki dinding-dinding batu yang terdapat di sekitar lokasi wisata ini. Cobalah untuk melompat dari dinding tersebut, dan terjunlah ke kolam alami yang ada di bawahnya. Maka kamu akan merasakan sebuah sensasi yang luar biasa dan tak terlupakan. Tapi perlu diingat, jika kamu ingin bermain air di sini, pastikan bahwa kamu benar-benar bisa berenang. Pasalnya, kedalaman kolam ini sendiri bisa mencapai 5 sampai 7 meter.

Hunting Foto

Selain melakukan kedua aktivitas di atas, kamu juga bisa melakukan kegiatan fotografi di tempat ini. Ya, Curug Leuwi Hejo ini juga menjadi lokasi favorit untuk melakukan aktivitas fotografi. Oleh karenanya, tidak mengherankan jika keindahan curug ini sangat mudah ditemukan di dunia maya, seperti di media sosial Instagram yang diabadikan oleh kamera para pelancong.

hunting foto di leuwi hejo
Sumber: monica-kristianti.blogspot.com

Tips Berwisata

Berkunjung ke tempat wisata ini sebaiknya dilakukan sejak pagi hari dan pulang sebelum jam 3 sore. Hal ini perlu kamu lakukan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Pasalnya, di sekitar kawasan ini belum dipasangi penerangan yang memadai. Berhati-hatilah terhadap perubahan cuaca. Jika musim hujan, sebaiknya urungkan dulu niatmu untuk berkunjung ke curug ini. Karena kemungkinan besar, debit air akan meningkat dan arusnya pun semakin deras. Jangan lupa pula untuk membawa kacamata renang, sunblock, serta kamera anti air untuk mengabadikan setiap momen bahagiamu.

Sekilas Informasi Tentang Tempat Wisata

Curug Leuwi Hejo juga dikenal oleh penduduk setempat dengan nama Curug Bengkok. Di dalamnya terdapat sebuah kolam kecil alami yang sangup menampung aliran air terjun dari Curug Leuwi Hejo itu sendiri.

dinding batu dan air jernih di curug
Sumber: tapak4ki.wordpress.com

Objek wisata ini masih dikelola secara swadana oleh penduduk setempat. Oleh karenanya, jika kamu ingin berkunjung ke sini, maka kamu harus membayar biaya masuk seharga Rp. 10.000,00/ orang. Nah, untuk biaya parkirnya sendiri juga dipatok dengan harga Rp. 5000,00/ motor, dan Rp. 15.000,00/ mobil. Nah, setelah membayar tiket masuk, kamu akan diajak untuk berpetualang mengitari jalur trekking sejauh 2 km untuk mencapai lokasi. Rimbun pepohonan serta kicauan burung-burung kecil akan menjadi teman perjalananmu. So, siapkanlah kamera agar kamu bisa mengabadikan momen bahagiamu.

Cara Menuju Curug Leuwi Hejo

Secara administratif, Curug Leuwi Hejo terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babagan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk akses menuju ke lokasi sangatlah mudah. Kamu bisa menempuhnya melalui beberapa jalan alternatif. Antara lain melalui Sentul City, atau juga bisa melalui Jalan Citeureup. Nah, jika kamu memilih untuk melewati Sentul City, berikut ini gambaran rutenya.

Dari Tol Jagorawi, pilih jalur keluar ke arah Sentul City, Giant, atau Jungle Land. Setelah melewati Giant, kamu akan bertemu dengan jalan menurun menuju pertigaan Rainbow Hills Golf dan Polsek Babagan Madang. Ambillah jalur ke kiri yang sejalan dengan Polsek Babagan Madang. Kemudian lurus terus sampai bertemu pertigaan Gunung Pancar dan Pasar Babakan Madang, lalu belok kiri ke arah gunung pancar. Jangan masuk ke kanan ke arah Pemandaian Air Panas Gunung Pancar, tapi belok kiri ke arah Desa Karang Tengah. Ikuti terus jalan tersebut sampai bertemu plang Selamat Datang di Wisata Alam Curug Bengkok, Leuwi Hejo, dan Curug Barong.

Oleh-oleh

Jika kamu sudah sering pergi ke kawasan Puncak Bogor, tentunya kamu sudah tak asing lagi dengan yang namanya ubi bakar Cilembu. Ya, ubi ini bisa dengan mudah ditemui di sepanjang jalan menuju Puncak. Meskipun berasal dari Sumedang, namun ubi ini cukup populer di Bogor terutama di kawasan Puncak. Ubi Cilembu dikenal dengan rasanya yang semanis madu. Selain itu, yang khas dari ubi bakar Cilembu adalah cairan lengket seperti gula yang keluar saat ubi dibakar. Cairan inilah yang membuat ubi memiliki rasa manis legit istimewa.

ubi bakar cilembu
Sumber: sepuluhtempatlebih.blogspot.com

Selain ubi bakar Cilembu, kamu juga bisa memilih menu kuliner kacang Bogor. Ya, kacang Bogor ini memang berbeda dengan kacang tanah biasa, atau kacang kedelai dan kacang apa pun. Kacang ini memiliki bentuk bulatan-bulatan kecil yang di dalamnya sendiri berwarna ungu. Pada bulan Februari sampai April, kamu bisa dengan mudah menemukan kacang Bogor rebus yang dijajakan berkeliling di sekitaran Bogor.

Tempat Wisata Lain Dekat Curug Leuwi Hejo

Curug Bidadari

Tak jauh dari lokasi Curug Leuwi Hejo, terdapat sebuah objek wisata yang tak kalah menarik bernama Curug Bidadari. Ya, lokasinya sendiri terletak kawasan Sentul Paradise Park, atau tepatnya di Desa Bojong Keneng, Kecamatan Sentul, Bogor. Sebelum dikenal dengan nama Curug Bidadari, dulunya objek wisata ini dikenal dengan nama Curug Bojong Keneng. Akan tetapi, setelah dikelola oleh pihak Sentul Paradise Park, maka curug ini pun berganti nama menjadi Curug Bidadari seperti sekarang ini.

curug bidadari
Sumber: nativeindonesia.com

Curug ini mulai dibuka pada pukul 8 pagi hingga 5 sore. Harga tiket masuknya pun terbilang terjangkau, yakni seharga Rp. 25.000,00/ orang. Sedangkan untuk weekend, harganya pun berubah menjadi Rp. 40.000,00. Ya, di tempat ini kamu bisa berenang di kolam yang sudah disediakan oleh pihak pengelola dan menikmati beberapa wahana keren yang meliputi: flying fox, perahu wisata, penyewaan pelampung berbentuk donat, dan lain sebagainya.

The Jungle Water Advanture

The Jungle Water Adventure merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Kota Bogor. Tempat wisata ini semakin menarik karena penataan ruangnya telah didesain sedemikian rupa hingga menghasilkan sebuah tata ruang menyerupai lahan terbuka hijau. Di tempat ini pula, kamu bisa melihat megahnya tempat rekreasi wisata keluarga berlatar pemandangan Gunung Salak dan Gunung Pangrango.

the jungle
Sumber: cantik.com

Ada banyak wahana permainan air dan aneka hiburan yang sungguh menyenangkan. Menariknya lagi, di The Jungle Water Adventure ini terdapat Spiral Slide dan Tube Slide yang memiliki panjang lintasan 100 meter dari ketinggian 12 meter. Ohya, ada juga gedung Sinema 4D yang merupakan satu-satunya Sinema 4 dimensi di Jawa Barat! Cukup menarik, bukan?

Kontributor: Drajat T. Jatmiko
Mengunjungi Curug Leuwi Hejo pada bulan Juni 2015
Tanggal upload artikel: 22 Juni 2016

Tempat wisata menarik lainnya:

1. Jatim Park 2 – Taman Bermain dan Wahana Edukasi Terlengkap di Malang

2. Jogja Bay – Menikmati Suguhan Wahana Air Terlengkap di Indonesia

3. Museum Angkut – Wisata Edukasi Paling Instagenic di Batu Malang

About Drajat Jatmiko

Drajat T. Jatmiko, pemuda kelahiran Blora yang suka jalan-jalan, baca buku, dan bersepeda santai. Ia pernah punya cita-cita jadi seorang astronot. Tapi semenjak ada kabar flat-earth, akhirnya ia banting stir jadi penulis artikel. Kini ia tinggal dan menetap di Prambanan, Yogyakarta. Bisa ditemui di instagramnya: @dt_jatmiko

Check Also

Wisata Keraton Yogyakarta – Foto & Review Lengkap

Keraton Yogyakarta atau disebut juga dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *