Home > TEMPAT WISATA > Wisata Jatim Park 2 Malang – Foto & Review Lengkap

Wisata Jatim Park 2 Malang – Foto & Review Lengkap

Jatim Park 2 merupakan salah satu objek wisata yang masih terbilang baru di Kota Batu, Malang. Wahana wisata ini menyajikan konsep taman bermain sekaligus sebagai tempat pembelajaran yang dikemas secara apik dan menarik. Oleh karena itu, tak heran jika objek wisata ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan yang datang dari seluruh penjuru Indonesia.

Konsep yang ditawarkan Jatim Park 2 memang agak berbeda dengan pendahulunya, yakni Jatim park 1 yang lebih mengutamakan taman bermain dan panggung hiburan. Untuk konsepnya sendiri, objek wisata yang satu ini lebih mengedepankan kombinasi antara tempat belajar dan taman bermain. Selain itu, keunikan lainnya yang bisa kamu dapatkan di sini adalah bentuk bangunan yang terdapat di tempat wisata ini. Bangunan-bangunan berbentuk super megah ini telah didesain sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah mahakarya seni yang cukup mengagumkan. Maka tak heran jika bangunan tersebut sering dipakai sebagai tempat foto prewedding bagi calon pengantin.

jatim park 2
Lanskap Jatim Park 2 (Sumber foto: klipberita.com)

Lihat juga tempat wisata menarik lainnya: Jogja Bay atau Candi Prambanan

Untuk luas wilayahnya, Jatim Park 2 dibangun di atas lahan seluas 14 hektar. Areanya sendiri dibagi menjadi tiga bagian, yakni Area Museum Satwa, Area Secret Zoo, dan yang terakhir adalah Area Eco Green Park. Untuk area Secret Zoo dan Eco Green Park, keduanya sama-sama memiliki koleksi binatang dan wahana permainan. Meskipun hampir serupa, tapi keduanya memiliki karakter dan keistimewaan masing-masing.

Nah, karena banyaknya wahana permainan dan koleksi binatang yang ada di sini, tidak jarang pula para pengunjung membeli tiket terusan yang bisa dipakai selama 2 hari kunjungan. Karena selain bisa menikmati semua wahana tanpa tergesa-gesa, pengunjung juga bisa lebih menghemat pengeluaran. Istimewanya lagi, jika kamu membeli tiket masuk ke Jatim Park 2, maka kamu juga bisa mendapatkan fasilitas masuk ke Batu Secret Zoo dan Museum Satwa. Hal ini dikarenakan kedua tempat wisata tersebut berada dalam satu area yang sama, termasuk area Pohon Inn dan Eco Green Park Batu yang terletak di sampingnya. So, kamu tertarik untuk mengunjunginya?

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Jatim Park 2

Menjelajah Batu Secret Zoo

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Jatim Park 2 tanpa singgah terlebih dahulu ke Batu Secret Zoo. Ya, wahana wisata yang satu ini menyajikan konsep kebun binatang yang dikemas secara menarik dan modern. Agar lebih memudahkan pengunjung dalam melihat koleksi satwa yang ada di sini, maka pihak pengelola Jatim Park 2 (Batu Secret Zoo) mengelompokkan hewan-hewan tersebut dalam beberapa zona.

batu secret zoo jawa timur
Batu Secret Zoo (Sumber gambar: mraldilatebeh.blogspot.com)

Zona-zona itu antara lain adalah Zona Batu Secret Zoo A. Ya, di sini kamu bisa melihat berbagai jenis primata, burung, kanguru, reptil, dan juga lemur yang lincah. Selanjutnya adalah Zona Aquarium. Sesuai namanya, di zona ini kamu bisa melihat berbagai jenis ikan air tawar dan air laut. Tak hanya ikan-ikan yang indah dan lucu seperti di film Finding Nemo, di sini juga ada ikan yang berbahaya seperti ikan hiu dan belut listrik. Kemudian ada pula zona Savannah. Di zona ini kamu akan dibawa menuju alam Afrika yang panas dan gersang. Untuk koleksinya sendiri meliputi: zebra, rusa bertanduk panjang, tapir, gajah, dan masih banyak lainnya. Istimewanya, kamu juga bisa menaiki gajah, memberi makan bebek, flamingo, dan berfoto bersama ular dan burung (Sumber: www.jawatimurpark2.com)

Menikmati Permainan di Fantasy Land dan Happy Land

Tak hanya aneka satwanya saja yang lengkap, di Jatim Park 2 kamu juga bisa bermain di Zona Fantasy Land dan Happy Land. Dua zona ini menyediakan berbagai macam wahana permainan baik untuk anak-anak maupun dewasa. Adapun permainan yang cocok untuk si buah hati adalah komedi putar, mobil pemadam kebakaran, kolam renang dengan waterboom yang besar, dan masih banyak yang lainnya.

patung kingkong di batu secret zoo
Patung kingkong di batu secret zoo (sumber gambar: malangvariorental.blogspot.co.id)

Selain itu, ada juga wahana Eco Journey yang di dalamnya berisi pengetahuan mengenai lingkungan. Nah, buat kamu yang ingin basah-basahan, kamu bisa memilih wahana Plaza Music yang dilengkapi dengan permainan air, seperti pistol air, kolam air lumpur, dan juga pompa air. Jangan salah, di sini juga ada wahana Water Track yang melatih keseimbangan tubuh. Karena ketika kamu jatuh, maka kamu akan dibuat basah dan dipenuhi lumpur.

Menambah Wawasan di Area Eco Green Park

Selain menjelajah beberapa tempat di atas, kamu juga bisa mengunjungi area Eco Green Park yang mengusung konsep Green Earth. Di tempat ini kamu bisa belajar berbagai macam ilmu pengetahuan alam, seperti biologi dan fisika yang dikemas dengan cara yang apik dan mudah dipahami. Selain itu, ada juga berbagai macam koleksi serangga dan hewan yang bisa kamu lihat dilihat. Untuk tiket masuknya, kamu bisa membelinya langsung di pintu masuk Eco Green Park atau beli di loket Jatim Park 2 yang berupa tiket paket wisata Jatim Park 2 dan Eco Green Park.

wahana jatim park 2 eco green park malang
Eco Green Park (Sumber foto: panoramio.com)

Tips Berwisata

Berhubung banyaknya wahana permainan yang bisa kamu nikmati di Jatim Park 2, maka saya sarankan agar kamu datang ke tempat ini sejak pagi hari. Selain untuk menghindari cuaca yang terik, tentunya agar kamu bisa puas berkeliling ke lokasi wisata seluas 15 hektar ini. Sebab jika kamu tidak datang pada pagi hari, kemungkinan besar kamu tidak akan bisa mencoba seluruh area theme yang ada.

hotel pohon inn batu
Hotel Pohon Inn (Sumber gambar: bluefatamorgana.blogspot.com)

Selain itu, beberapa wahana yang ada di Jatim Park 2 adalah wahana air. Jadi, kamu akan dituntut untuk berbasah-basahan di sini. Untuk itu, bawalah pakaian ganti sebelum mengunjungi objek wisata ini. Nah, untuk mendokumentasikan liburanmu bersama keluarga, pastikan kamu membawa kamera dari rumah, ya. Tapi perlu diingat, jika kamu sedang menikmati wahana air, jangan sampai kameramu terkena air.

Sekilas Informasi Tentang Tempat Wisata

Jatim Park 2 dibuka setiap hari pada pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB. Khusus untuk wahana di Eco Green Park, areanya sudah ditutup pada pukul 16.00 WIB. Jadi jika kamu ingin berkunjung ke Museum Satwa, Eco Green Park, dan Secret Zoo, sebaiknya kamu mengunjungi area Eco Green Park terlebih dahulu. Untuk harga tiketnya dipatok dengan harga Rp. 75.000,00 (tiket reguler). Kemudian Rp. 85.000,00 (untuk 2 objek wisata yakni Jatim Park 2 dan Eco Green Park). Dan juga Rp. 300.000,00 (berlaku untuk 2 hari).

harga tiket masuk jatim park 2
Harga tiket masuk (Sumber: jawatimurpark12.com)

Ketiga paket di atas hanya berlaku untuk hari kerja saja (weekday). Nah, untuk weekend, harganya adalah sebagai berikut: Rp. 105.000,00 (tiket reguler), Rp. 125.000,00 (untuk 2 objek wisata yakni Jatim Park 2 dan Eco Green Park). Perlu kamu ketahui juga, bahwa harga tiket di atas bisa berubah sewaktu-waktu.

Cara Menuju Jatim Park 2

Secara administratif, Jawa Timur Park 2 berada di Kecamatan Batu, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tepatnya di Jalan Oro-oro Ombo, No. 9, Kecamatan Batu, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasi Jatim Park 2 ini berada tak jauh dari objek wisata Jatim Park 1. Untuk mencapainya, kamu hanya perlu mengikuti petunjuk arah dari pusat Kota Malang menuju objek wisata Jatim Park 1. Setelah berada  di  Jatim Park 1, lurus saja hingga menemui ujung jalan. Nah, di situlah letak lokasi tempat wisata ini. Jika kamu masih bingung, kamu bisa menghubungi admin Jatim Park 2 untuk info lebih jelasnya. Berikut ini adalah nomor yang bisa kamu hubungi: (0341) 5025777

peta lokasi jawa timur park 2
Peta lokasi dan petunjuk arah (Sumber: alamatpenting.com)

Oleh-oleh

Jika berbicara tentang oleh-oleh, Kota Batu sendiri memiliki makanan khas yang bisa kamu peroleh dengan mudah di pusat oleh-oleh yang ada di sini. Untuk harganya pun cukup terjangkau. Berbagai macam olahan kripik bisa kamu dapatkan mulai dari Kripik Singkong, Tempe, sampai dengan aneka buah-buahan.

oleh oleh keripik buah malang
Oleh-oleh khas malang (sumber gambar: anyar.info)

Selain itu, kamu juga bisa membeli berupa buah apel. Ya, di sini memang banyak sekali ditemui petani yang menanam buah apel, dan biasanya tidak hanya dikirim keluar kota, tetapi juga banyak juga dijual di pusat oleh-oleh yang ada di Kota Batu. Kamu juga bisa membeli oleh-oleh lain berupa kue pia dengan isi buah-buahan. Ya, itulah beberapa oleh-oleh yang bisa kamu dapatkan bila mengunjungi objek wisata yang ada di Kota Batu.

Tempat Wisata Lain Dekat Jatim Park 2

Omah Kayu

Dalam bahasa Indonesia, Omah Kayu berarti rumah dan kayu. Jadi, secara garis besar Omah Kayu ini merupakan penginapan yang disewakan untuk umum. Ya, penginapan dengan suasana asri pegunungan ini didirikan pada tahun 2014. Omah Kayu menyiapkan 6 unit kamar dengan kapasitas 2 sampai 3 orang. Istimewanya, rumah kayu ini bertengger dengan cantiknya di atas batang pohon yang menjulang sekitar 10 meter.

omah kayu batu malang
Omah Kayu (Sumber foto: twitter.com)

Untuk biaya menginap di rumah pohon ini sama sekali tidak mahal. Kamu cukup merogoh kantong sekitar Rp. 300.000,00 untuk weekday, dan Rp 450.000,00 untuk weekend. Kalau kamu menginap di sini, kamu akan diberi 2 bibit pohon yang wajib ditanam di sekitar area Omah Kayu. Ini wajib, lho! Dan uniknya lagi, kamu bisa juga menamai pohonmu sendiri. Nah, buat kamu yang tidak ingin menginap tapi ingin berfoto-foto di sini, maka kamu akan dikenai biaya masuk sebesar Rp. 5.000,00

Coban Talun

Coban Talun berada tidak jauh dari Taman Bunga Selecta, atau tepatnya berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Untuk menikmati kesejukan air terjun di Coban Talun, kamu cukup membayar biaya mask seharga Rp. 5.000,00/orang. Nah, setelah membayar tiket di pintu masuk, kamu bisa kembali melanjutkan perjalanan dengan kondisi jalan yang cukup bersahabat. Dan tidak lama kemudian, kamu akan tiba di lokasi parkir.

coban talun
Coban Talun (Sumber foto: catatanbolpoint.wordpress.com)

Untuk mencapai lokasi Coban Talun, kamu mesti melewati sungai berbatu yang cukup indah bila dipandang. Di tepi sungai ini juga disediakan lokasi camping ground yang menggoda mata. Nah, setelah melewati sungai, kamu akan masuk lebih jauh ke dalam hutan hingga menemukan persimpangan lalu belok ke kiri. Dan setelah itu, kamu akan sampai di Coban Talun yang masih sangat alami dan cukup hening. So, kamu bisa relaksasi seharian di sini.

Kontributor: Drajat T. Jatmiko
Mengunjungi Museum Angkut pada bulan Desember 2015
Tanggal upload artikel: 7 Juni 2016

Tempat wisata lain yang tak kalah menarik:

1. Lawang Sewu – Kemegahan Bangunan Era Kolonial yang Berbalut Misteri

2. Gunung Bromo – Lukisan Alam Indonesia yang Mendunia

3. Pulau Harapan – Tempat Terbaik Menjelajahi ‘Pulau Seribu’ Yang Sebenarnya

About Drajat Jatmiko

Drajat T. Jatmiko, pemuda kelahiran Blora yang suka jalan-jalan, baca buku, dan bersepeda santai. Ia pernah punya cita-cita jadi seorang astronot. Tapi semenjak ada kabar flat-earth, akhirnya ia banting stir jadi penulis artikel. Kini ia tinggal dan menetap di Prambanan, Yogyakarta. Bisa ditemui di instagramnya: @dt_jatmiko

Check Also

Wisata Keraton Yogyakarta – Foto & Review Lengkap

Keraton Yogyakarta atau disebut juga dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *