Home > TEMPAT WISATA > Wisata Jogja Bay Waterpark – Foto & Review Lengkap

Wisata Jogja Bay Waterpark – Foto & Review Lengkap

Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark merupakan wahana air (waterpark) terbesar di Indonesia yang berada di Yogyakarta. Tempat wisata ini sangat cocok buat kamu yang suka bermain air, basah-basahan, atau buat kamu yang ingin merasakan sensasi liburan bersama keluarga, kekasih, dan orang-orang terdekatmu. Jogja Bay terletak di sebelah utara Stadion Maguwoharjo, atau tepatnya di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark
sumber gambar: news.jalanjalanyuk.com

Objek wisata ini dikelola oleh PT. Taman Wisata Yogyakarta dan dibangun di atas tanah milik kas desa Maguwoharjo dengan luas kurang lebih 7,7 hektar. Di dalamnya terdapat 19 jenis wahana permainan air yang bisa kamu nikmati kapan saja. Selain itu, wahana permainan air ini juga diklaim sebagai salah satu waterpark terbesar, tercanggih, dan juga yang terlengkap di Indonesia, khususnya lagi di Kota Yogyakarta.

Lihat juga tempat wisata menarik lainnya: Candi Borobudur atau Pantai Parangtritis

gambar di depan pintu masuk
sumber gambar: jalanpiyungan.blogspot.com

Secara resmi, Jogja Bay dibuka pada tanggal 20 Desember 2015 oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono ke-X. Adapun tema yang diusung oleh pihak pengelola adalah konsep Bajak Laut (Adventure Pirates). Tema ini sengaja dipilih untuk menjadikan objek wisata Jogja Bay setara dengan waterpark berkelas dunia, seperti waterboom yang ada di Bali, serta waterpark yang ada di Orlando, Amerika Serikat.

Memo Racer
Memo Racer (sumber gambar: Dok. pribadi penulis)

Keistimewaan lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah, kamu tidak perlu pergi jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan sensasi waterpark berkelas dunia. Ya, kamu cukup berkujung ke Kota Yogyakarta untuk menjajal serunya permainan air di Jogja Bay. Selain itu, wahana permainan yang menjadi unggulan di tempat ini adalah How To Survive In Tsunami dan wahana Earthquake. Kedua wahana tersebut bisa digunakan sebagai media edukasi untuk masyarakat agar tidak merasa panik ketika terjadi gempa dan tsunami.

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Jogja Bay

Menyaksikan Pertunjukan Harbour Theater

Harbour Theater menjadi salah satu wahana yang paling diminati di sini. Gedung teaternya sanggup menampung hingga 1.500 penonton. Interiornya pun cukup megah dan dilengkapi dengan audio berkualitas tinggi yang siap membuatmu terpukau. Sesuai dengan temanya: Jose and The Guardians (Past In The Future), maka kamu akan dibawa menuju masa depan dan masa lampau. Nah, kalau kamu merasa penasaran, segera saja saksikan secara langsung di Harbour Theater Jogja Bay Waterpark. Untuk waktu operasionalnya, wahana ini dibuka pada jam 19.00 hingga 22.00 WIB.

Harbour Theater
Harbour Theater (sumber: vienafernanda30.blogspot.com)

Bermain Petak Umpet di Labirin Jogja Bay Lighthouse

Wahana lainnya yang tak kalah menarik adalah Jogja Bay Lighthouse. Ya, wahana tersebut adalah nama lain dari sebuah labirin yang ada di objek wisata Jogja Bay. Ketika memasukinya, kamu akan merasakan serunya berputar-putar di dalam labirin dengan ditemani gemerlap lampu yang menggoda mata. Agar lebih berkesan, maka ajaklah kekasih atau orang terdekatmu untuk menemani perjalananmu mengitari labirin ini.

Hunting Foto dengan Background Kapal Bajak Laut

Tempat wisata ini terkenal karena foto-fotonya yang banyak terpajang di media Instagram. Salah satu spot yang paling sering dipakai sebagai background adalah bangunan berbentuk kapal bajak laut yang terletak di dekat pintu masuk obyek wisata ini. Ketika memasuki objek wisata ini, hal pertama yang akan kamu lihat adalah bangunan tersebut. Jika kamu berminat dan ingin meluangkan waktu untuk berfoto, maka datanglah ke tempat ini pada waktu sore hari, antara pukul 15.00 hingga 16.00 WIB. Karena pada saat itu, cahaya matahari tidak terlalu terik dan tidak terlalu petang. Sehingga, foto yang dihasilkan tentunya akan lebih maksimal.

Kapal Bajak Laut
Kapal Bajak Laut (Sumber: Dok. pribadi penulis)

Tips Berwisata

Agar petualanganmu lebih berkesan, ajaklah teman-temanmu untuk ikut merasakan momen seru yang tidak akan pernah terlupakan. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah pada sore hari. Selain untuk menghindari cuaca yang teramat terik, kamu juga bisa berpetualang menyusuri labirin yang dihiasi oleh gemerlap lampu yang terlihat cantik di malam hari. Selain itu, jika kamu ingin menyaksikan pertunjukan Harbour Theater, maka waktu yang kamu butuhkan untuk menunggu pun tidak terlalu lama. Karena memang, wahana Harbour Theater baru dibuka pada pukul 19.00 WIB. Jangan lupa pula untuk membawa kacamata renang, sunblock, serta kamera anti air untuk mengabadikan setiap momen bahagiamu.

Wahana Air
Wahana Air (Sumber foto: meganusa.wordpress.com)

Sekilas Informasi tentang Tempat Wisata

Jogja Bay berdiri di atas tanah milik kas desa seluas 7,7 hektar yang terletak di sebelah utara Stadion Maguwoharjo. Untuk memanjakan para pengunjung, disediakan 19 wahana permainan dengan kualitas yang cukup baik, modern, dan lengkap. Lahan parkirnya pun terbilang luas, karena mampu menampung hingga 400 mobil, 30 bus, dan 1.000 kendaraan roda dua. Tak hanya itu saja, di sini juga disediakan shuttle bus dari komplek parkir yang akan membawa para pengunjung ke depan pintu masuk.

Permainan Air
sumber foto: Dok. pribadi penulis

Kamu bisa mengunjungi tempat ini setiap hari dari jam 09.00 WIB hingga jam 18.00 WIB. Sedangkan untuk wahana Harbour Theater, mulai dibuka dari jam 19.00 WIB hingga jam 22.00 WIB. Saat weekend, Jogja Bay buka lebih cepat, yakni pada jam 08.00 WIB.

Untuk biaya masuknya, objek wisata ini mematok harga sebesar Rp. 60.000,00 untuk anak-anak yang tingginya kurang dari 110 cm. Untuk usia dewasa, dipatok dengan harga Rp. 90.000,00. Dan untuk orang tua di atas 65 tahun, dipatok dengan harga Rp. 60.000,00. Sedangkan untuk anak-anak yang usianya kurang dari 2 tahun, tidak dikenakan biaya masuk.

Cara Menuju Jogja Bay

Dari pusat Kota Yogyakarta, kamu bisa berkendara ke arah utara menuju Ring Road Utara. Dari perempatan Condong Catur (Ring Road Utara), silakan ambil jalan ke arah timur kurang lebih 5 km. Dari situ kamu sudah bisa menemukan petunjuk jalan menuju Stadion Maguwoharjo, Sleman. Ikuti saja jalannya hingga menemukan lokasi Jogja Bay Waterpark. Nah, jika kamu dari arah timur (Surakarta), kamu bisa langsung menuju pertigaan Ring Road Maguwoharjo. Pilihlah jalan yang ke kanan. Bebeapa ratus meter dari situ kamu sudah bisa menemukan petunjuk jalan menuju lokasi yang hanya berjarak sekitar 4 km saja.

Oleh-oleh

Di tempat wisata ini terdapat tempat khusus atau pusat oleh-oleh khas yang bisa kamu bawa pulang untuk diberikan kepada kerabat dekat, ataupun untuk koleksi pribadi. Kamu bisa membeli oleh-oleh berupa pernak-pernik kerajinan seperti: mug, miniatur sepeda dengan bahan perak, gantungan kunci, aneka model tas, boneka, dan juga kaos bertuliskan Jogja Bay Waterpark.

Oleh-oleh jogja
sumber: Dok. pribadi penulis

Tempat Wisata Lain dekat Jogja Bay

Candi Sambisari

Candi Sambisari terletak di Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mencapainya, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 5 km ke arah timur dari objek wisata Jogja Bay Waterpark. Istimewanya, bangunan Candi Sambisari ini terletak di bawah permukaan tanah yang membentuk sebuah ceruk raksasa. Jika diamati dari atas, maka pemandangan candi tersebut akan tampak seperti bangunan kerajaan di masa lampau. Selain itu, komplek wisata Candi Sambisari ini juga dihiasi beberapa tanaman peneduh, rumput-rumput hias nan hijau, serta bangku-bangku yang bisa digunakan untuk bersantai.

Candi Sambisari
Candi Sambisari (sumber gambar: ngejogja.top)

Komplek Makam Panembahan Senopati di Kotagede

Selain dikenal sebagai Kota Pelajar dan Kota Gudeg, Yogyakarta juga dikenal sebagai kota yang kaya akan peninggalan sejarah. Salah satunya adalah komplek makam Panembahan Senopati di Kotagede. Di sini kamu akan diajak menikmati suasana khas pedesaan seperti pada zaman dahulu dengan gaya arsitektur yang menyerupai pura di Pulau Dewata. Untuk mencapainya, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 10 km ke arah selatan dari objek wisata Jogja Bay Waterpark. Istimewanya lagi, untuk memasuki objek wisata ini kamu diwajibkan untuk mengenakan pakaian adat Jawa yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Jika kamu berminat, segera kemasi barang-barangmu dan mampirlah ke tempat ini.

Komplek Makam Panembahan Senopati
Komplek Makam Panembahan Senopati (sumber foto: 1hal.com)

Kontributor: Drajat T. Jatmiko
Mengunjungi Jogja Bay pada bulan April 2016
Tanggal upload artikel: 29 Mei 2016

Tempat wisata menarik lainnya:

1. Keraton Yogyakarta – Wisata Sejarah Kehidupan Kerajaan di Jogja

2. Pulau Bidadari – Asyiknya Berlibur di Eco-Resort Sambil Berwisata Sejarah

3. Pantai Sadranan – Wisata Pesona Alam Jogja Layaknya di Pulau Dewata

About Drajat Jatmiko

Drajat T. Jatmiko, pemuda kelahiran Blora yang suka jalan-jalan, baca buku, dan bersepeda santai. Ia pernah punya cita-cita jadi seorang astronot. Tapi semenjak ada kabar flat-earth, akhirnya ia banting stir jadi penulis artikel. Kini ia tinggal dan menetap di Prambanan, Yogyakarta. Bisa ditemui di instagramnya: @dt_jatmiko

Check Also

Wisata Keraton Yogyakarta – Foto & Review Lengkap

Keraton Yogyakarta atau disebut juga dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *