Home > TEMPAT WISATA > Kawah Putih Ciwidey Bandung – Foto & Review Lengkap

Kawah Putih Ciwidey Bandung – Foto & Review Lengkap

Kawah Putih merupakan tempat wisata yang sudah menjadi tempat favorit bagi seluruh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tempat wisata ini memiliki pesona alam yang tidak terkalahkan dari objek wisata alam lainnya. Kawah ini berasal dari lereng Gunung Patuha sejak abad ke-10. Objek wisata ini terletak di Soreang, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Sejak tahun 1991, objek wisata ini dikelola oleh PT. Perum Perhutani.

kawah putih
sumber foto: Dokumen pribadi penulis

Lihat juga tempat wisata menarik lainnya: Kawah Ijen atau Tangkuban Perahu

Terlepas dari bahaya kandungan belerang, objek wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi terutama bagi penyuka fotografi. Pemandangannya yang spektakuler membuat kita tak pernah berhenti untuk mengabadikan seluruh sudut lokasi dengan perangkat pintar hingga kamera di tangan kita. Selain itu, warna kawah dapat berubah seperti warna hijau apel, biru langit, dan sebagainya yang telah disesuaikan dengan suhu yang sangat sejuk. Ditambah pula dengan hutan Cantigi di sekeliling kawasan juga tidak kalah menarik sebagai objek foto.

gambar warna kawah
sumber foto: Dokumen pribadi penulis

Aktivitas yang bisa kamu lakukan di Kawah Putih

Foto-foto

Siapkan kamera dan seluruh perangkat fotografi kalian dan ambillah beberapa gambar-gambar menarik untuk dibagikan ke media sosial kalian. Jika kalian datang di siang hari, kalian akan terkagum-kagum dengan langit biru dengan awan-awan berwarna putih kapas, ditambah dengan warna kawah yang beraneka warna dan sangat jernih membuat objek foto kalian semakin menarik.

foto wisata ciwidey bandung
sumber foto: Dokumen pribadi penulis

Foto Pre-Wedding

Kalian adalah pasangan yang akan menikah? Tempat wisata ini juga tidak kalah menarik untuk memberikan kesan romantis pada setiap foto yang dihasilkan. Udaranya yang sejuk beserta pemandangan alam yang sangat alami dapat mendukung tema pernikahan kalian yang sederhana atau kembali ke alam. Itulah sebabnya pihak Kawah Putih menyediakan setiap sudut tempat untuk mendapatkan hasil yang maksimal bagi para calon pengantin. Jika kalian tertarik, siapkan kocek sebesar Rp500.000,- untuk mendapatkan momen foto yang sangat romantis sesuai dengan yang kalian inginkan.

foto prewed latar putih di bandung
sumber foto: nelson-s.co

Syuting film

Bagi kalian yang hidup di tahun 2006, siapa yang tidak mengenal film drama romantis ‘Heart’? Film yang dibintangi oleh Acha Septriasa, Irwansyah, dan Nirina Zubir menggunakan latar Kawah Putih sebagai salah satu lokasi di dalam scene film tersebut. Alhasil, sejak saat itu jumlah wisatawan semakin meningkat untuk menjawab rasa penasaran mereka. Bagi kalian yang memiliki proyek film indie terutama memakai unsur alam di dalamnya, tempat ini adalah lokasi syuting paling cocok.

scene film heart di objek wisata ciwidey
sumber foto: dewi-movie.blogspot.com

Tips Berwisata

Suhu Kawah Putih tergolong sangat dingin di Indonesia, yaitu sekitar 8-22 derajat Celcius. Maka dari itu, sangat tidak disarankan memakai pakaian yang terlalu terbuka seperti rok mini, tank top, celana pendek, dan sebagainya. Pakailah pakaian hangat seperti jaket, kemeja atau kaos berlengan panjang dengan celana panjang yang nyaman. Selain itu, keterbatasan oksigen di tempat ini bisa membuat kita kesulitan untuk bernapas. Masker wajah juga sangat direkomendasikan untuk membatasi kita untuk menghirup aroma belerang berlebihan. Jika kalian lupa untuk membawa masker dari rumah, kalian masih bisa membeli langsung di lokasi.

Tidak lupa pula bagi kita menjaga kebersihan selama berada di sana. Kandungan mineral pada belerang sangatlah berbahaya jika dicampur dengan sampah-sampah yang dibuang sembarangan. Hal tersebut dapat membuat kandungan asam semakin tinggi dan dapat membahayakan keselamatan pengunjung, terutama dalam pernafasan. Ditambah pula untuk tidak menyentuh sama sekali kawah bahkan berenang di kawah karena mengandung asam belerang yang sangat tinggi. Maka dari itu, dimohon untuk menjaga kebersihan Kawah Putih supaya tetap asri dan tidak tercemari.

Sekilas Informasi tentang tempat wisata

Jika kalian sudah berminat mengunjungi tempat wisata ini, kalian dapat berkunjung dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore. Akan tetapi tempat ini juga dapat tutup sewaktu-waktu jika cuaca tersebut tidak memungkinkan untuk dikunjungi. Selain itu, jangan lupa menyiapkan ongkos untuk tiket masuk sebesar Rp 18.000,- setiap orang bagi para wisatawan lokal dan Rp 50.000,- setiap orang bagi para wisatawan mancanegara. Daftar harga tiket masuk sudah diperbarui sejak bulan April-Mei 2016. Di tempat ini sudah tersedia mushala, toilet, dan pusat informasi.

lokasi alamat kawah putih bandung
sumber foto: Dokumen pribadi penulis

Ciwidey terkenal dengan udaranya yang sejuk beserta objek wisata yang sangat beragam sehingga membuat peluang wisata terbuka lebar. Itulah sebabnya kita dapat menjumpai beberapa penginapan seperti Guest House, Villa, Bungalow, serta Resort dengan harga yang sangat terjangkau. Berikut penginapan-penginapan yang bisa dilirik sebagai tempat rekreasi pendukung untuk liburan.

  • Kampoeng Strawberry

Kampoeng Strawberry adalah salah satu tempat agrowisata buah arbei sekaligus penginapan yang berjarak 3 atau 4 km dari Kawah Putih. Penginapan ini memiliki fasilitas rekreasi keluarga yang sangat menarik, yaitu pemetikan buah arbei (Rp 35.000,-/kg), Villa keluarga disediakan sebanyak 36 kamar dengan harga yang sangat variatif, mulai dari harga Rp 500.000,- sampai dengan Rp 900.000,-. Jika tertarik, kalian bisa langsung bertanya langsung ke alamat Jalan Ciwidey-Rancabali km 7, Alam Endah, Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat – Indonesia. Nomor telepon resmi Kampoeng Strawberry (022) 85920550.

  • Penginapan Nugraha

Jika kalian ingin mencari penginapan dengan harga yang sangat terjangkau, Penginapan Nugraha adalah pilihan yang tepat. Bertempat di Jalan Ciwidey-Patenggang KM 3,5 atau 38 menit dari Kawah Putih, kalian dapat pergi ke tempat-tempat wisata sekitar Ciwidey. Harga yang ditawarkan juga sangat variatif, mulai dari harga Rp 175.000,- sampai dengan Rp 400.000,- dengan extra bed sebesar Rp 50.000,-. Jika berminat, langsung hubungi segera di nomor telepon 022-85920070, atau bisa juga dengan No. HP 0813 2373 9973 dan Hotline BBM 29E26136.

  • Villa Cimanggu Cottage

Jarak villa ini sangat dekat dari Kawah Putih bagi kalian yang tidak ingin menempuh perjalanan yang cukup jauh, yaitu 1.4 Km dari lokasi diteruskan ke arah Situ Patenggang di sebelah kiri. Meskipun demikian, fasilitas yang ditawarkan tergolong ciamik mulai dari Villa keluarga, tempat tidur tambahan, serta rekreasi keluarga seperti ATV, layanan outbound,pemandian air panas, dan sebagainya dengan tarif weekday Rp 13.000,- / orang dan tarif weekend Rp 15.000,- / orang. Penginapan ini juga memiliki 7 jenis bungalow yang sangat variatif dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp 450.000,- sampai dengan Rp 1.350.000,-. Tertarik? Langsung saja reservasi melalui nomor telepon 022-7278341 atau 082 120267927 (Ade Naryo), 081 394133445 (Sonson).

Cara Menuju Lokasi Kawah Putih

Banyak sekali arah jalan untuk mencapai lokasi Kawah Putih, baik melalui motor, mobil, hingga angkutan umum. Jika menggunakan mobil dan berangkat dari Jakarta dan sekitarnya, sesampainya di Bandung masuk ke pintu Tol Kopo atau Tol Buah Batu kemudian diteruskan perjalanan menuju ke Ciwidey. Perjalanan ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam jika kalian berangkat dari Bandung dan 3-4 jam jika berangkat dari Jakarta dan sekitarnya tanpa ada potensi kemacetan di akhir pekan atau hari libur tertentu. Jika menggunakan motor, kalian tidak perlu melewati pintu tol untuk menuju Ciwidey. Banyak sekali akses tercepat menuju tempat tujuan, dari Buah Batu, Dayeuhkolot, hingga Bojongsoang. Selain itu, untuk jalanan yang cukup menanjak dan cukup curam dihimbau untuk tidak berkendara dengan kecepatan yang sangat cepat sehingga tidak membahayakan warga pemukiman sekitar. Sesampainya di lokasi objek wisata, para pengendara wajib membayar tiket masuk sebesar Rp 25.000,-/bus, Rp 6.000,-/mobil, dan Rp 3.000,-/motor. Bagi yang ingin memarkir kendaraannya berdekatan langsung di area kawah putih, mereka wajib membayar sebesar Rp 150.000,-/mobil dan Rp35.000,-/motor.

Jika kalian memilih angkutan umum menuju Kawah Putih, kalian bisa berangkat dari Terminal Leuwipanjang dengan bus atau mobil Colt / L300 dengan harga yang sangat terjangkau. Hanya mengeluarkan ongkos sebesar Rp 7000,- kalian dapat sampai langsung ke Terminal Ciwidey dan dilanjutkan dengan naik angkot berwarna kuning jurusan Terminal Ciwidey – Situ Patenggang. Kemudian kalian bisa berhenti di depan gerbang Kawah Putih dengan mengeluarkan ongkos sebesar Rp 5000,- sampai Rp 6.000,-. Akan tetapi, perjalanan menuju ke Kawah Putih tidak berhenti sampai di situ, baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Pihak Kawah Putih memiliki akses transportasi pulang-pergi yang biasa disebut Ontang-Anting yang berkapasitas 6-8 orang selama 10 menit. Setiap orang dibanderol sebesar Rp 10.000,- agar bisa sampai ke lokasi. Sesampai di sana, kalian dapat berkeliling di seluruh penjuru tempat untuk menikmati segala pemandangan yang menakjubkan di sekitar Kawah Putih.

harga tiket masuk kawah putih ciwidey
sumber foto: kawahputihciwidey.com

Oleh-oleh

Di sepanjang jalan kawasan Kawah Putih kalian dapat menjumpai para pedagang kaki lima yang menjual banyak sekali lulur dan masker belerang untuk badan dan wajah dengan harga di bawah Rp 50.000,-. Selain itu, kalian dapat membeli buah tangan lain seperti arbei yang menjadi andalan khas Ciwidey.

oleh oleh dari ciwidey
sumber foto: travelerien.com

Tempat wisata lain dekat Kawah Putih

Situ Patenggang

Situ Patenggang yang terletak di kaki Gunung Patuha berupa danau alam dengan pulau kecil yang berada di tengahnya. Di dalam pulau tersebut terdapat hewan-hewan yang dilindungi dari kepunahan, seperti monyet. Selain itu, tempat ini juga terkenal dengan Batu Cinta. Kalian bisa menyusuri danau tersebut dengan perahu yang dapat disewakan. Jarak untuk menuju ke sana sangatlah dekat, kalian hanya perlu naik angkot dari Kawah Putih sampai menuju tujuan akhir yaitu Situ Patenggang.

situ patenggang bandung
sumber foto: travelerien.com

Bumi Perkemahan Ranca Upas

Ranca Upas merupakan tempat kawasan perkemahan, penangkaran Rusa Jawa, hutan lindung, dan area bermain seperti lokasi outbond, ATV, dan sebagainya. Tempat ini menjadi favorit bagi anak-anak hingga dewasa yang mencintai alam. Untuk mencapai ke sana dari Kawah Putih, kalian hanya perlu menaiki angkot jurusan Ciwidey – Situ Patenggang dan berhenti tepat di depan gerbang Bumi Perkemahan Ranca Upas.

bumi perkemahan ranca upas
sumber foto: ketahui.com

Tunggu apa lagi? Yuk agendakan liburanmu dan ajak teman-temanmu!

Kontributor: Amirahvelda Priyono
Mengunjungi Kawah Putih pada bulan Juni 2014
Tanggal upload artikel: 11 Mei 2016

Tempat wisata menarik lainnya:

1. Lawang Sewu, Kemegahan Bangunan Era Kolonial yang Berbalut Misteri

2. Museum Angkut, Wisata Edukasi Paling Instagenic di Batu Malang

3. Tebing Keraton Bandung, Melihat Kemegahan Alam Bumi Parahyangan dari Ketinggian

About Amirahvelda Priyono

Amirahvelda Priyono, alumni Sastra Prancis Universitas Padjadjaran. Asal dari Surabaya namun sekarang tinggal di Jatinangor dan mau meniti karir di Jakakrta. Hobi menulis, fotografi, desain grafis, dan denger musik jazz.

Check Also

Wisata Keraton Yogyakarta – Foto & Review Lengkap

Keraton Yogyakarta atau disebut juga dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *