Home > TEMPAT WISATA > Wisata Pantai Anyer Banten – Foto & Review Lengkap

Wisata Pantai Anyer Banten – Foto & Review Lengkap

Jika kamu bertanya kepada warga Jakarta dimana saja tujuan liburan favorit mereka, pasti sebagian besar menjawab Pantai Anyer sebagai salah satunya. Pantai yang berada di ujung barat Pulau Jawa ini dari dulu memang terkenal sebagai tempat favorit berlibur warga Ibukota karena lokasinya yang mudah dijangkau dari Jakarta. Berkat adanya tol Jakarta-Merak, hanya dibutuhkan waktu sekitar 3-4 jam untuk menuju objek wisata ini.

pantai anyer
Sunset di Pantai Anyer (Sumber gambar: indonesiaituindah.net)

Lihat juga tempat wisata menarik lainnya: Pantai Nglambor atau Umbul Ponggok

Anyer sendiri adalah nama kecamatan di Kabupaten Serang, Provinsi Banten yang merupakan wilayah pesisir yang memilki jejeran pantai indah yang menajdi tujuan wisata. Masyarakat kemudian menyebut kawasan wisata sebagai Pantai Anyer. Di kawasan objek wisata ini juga terdapat pantai-pantai lain diantaranya adalah Pantai Sambolo, Pantai Marbella, Cibereum, Marina, Pasir Putih Florida, dan Pantai Jambu. Kawasan wisata ini mulai berkembang sejak dibangunnya Jalan Raya Anyer- Panarukan pada era kolonial Belanda abad ke 18.

pantai jambu yang berpasir putih
Pantai Jambu yang berpasir putih (Sumber gambar: edisas.wordpress.com)

Di sepanjang jalan raya saat mulai memasuki Pantai Anyer hingga ke Pantai Carita kamu akan menemui indahnya pemandangan pesisir laut. Keistimewaan lainnya adalah jika cuaca cerah, dari pantainya kamu bisa bisa melihat Gunung Anak Krakatau dari kejauhan. Disepanjang jalan ini juga terdapat jejeran Resort, Hotel dan Villa yang langsung menghadap ke laut. Berkembangnya pariwisata di Anyer menjadikannya memilki fasilitas wisata yang lengkap. Hal ini selalu menjadi daya tarik wisatawan dari Jakarta maupun kota lainnya untuk berkunjung lebih dari satu kali ke objek wisata ini.

tempat wisata favorit untuk berlibur
Tempat favorit untuk berlibur (Sumber foto: Dok. pribadi penulis)

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Anyer

Berenang

Berenang selalu menjadi aktifitas wajib dilakukan saat berlibur ke pantai. Bermain kejar-kejaran dengan ombak bersama teman-teman selalu jadi aktifitas yang menyenangkan. Ombak di pantai ini terbilang sangat tenang, sehingga aman untuk berenang. Jika kamu menginap di salah satu hotel atau villa, biasanya memiliki fasilitas kolam renang di tepi laut. Berenang santai sambil memandang luasnya lautan akan merileksasi tubuhmu dari kepenatan. Jangan lupa untuk menyaksikan momen matahari terbenam, Pantai Anyer yang menghadap barat akan menyajikan sunset yang sempurna untukmu.

wisata pantai anyer berenang di laut
Berenang di laut bersama teman-teman (Sumber foto: Dok. pribadi penulis)

Menikmati Pantai Anyer dari Atas Mercusuar Cikoneng

mercusuar cikoneng anyer
Mercusuar Cikoneng Anyer (Sumber gambar: indonesiasocialmedia.blogspot.com)

Tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Mercusuar Cikoneng. Bangunan bersejarah ini terletak di Kampung Bojong, Desa Cikoneng yang mudah diakses dengan jalan kaki maupun kendaraan bermotor. Menara ini sudah berdiri sejak tahun 1806 namun hancur karena letusan Gunung Krakatau di tahun di tahun 1883. Dua tahun berselang pada tahun 1885 mercusuar ini kembali dibangun oleh pemerintahan kolonial Belanda. Setelah menaiki 18 tingkat menara, kamu bisa melihat pemandangan indah Pantai Anyer dari ketinggian 75.5 meter. (Sumber: anyerpedia.com)

pemandangan dari atas mercusuar banten
Pemandangan dari atas Mercusuar (Sumber gambar: anyerpedia.com)

Bermain Water Sports

Selain berenang kamu juga bisa menikmati liburanmu dengan bermain water sport seperti Banana Boat dan Jet Ski. Permainan Banana Boat wajib kamu coba bersama teman/keluargamu. Satu banana boat bisa memuat 4 hingga 7 orang, hanya dengan membayar Rp 150,000 saja untuk satu kali permainan. Bagi kamu yang mencari tantangan, sebaiknya mencoba permainan ini pada sore hari. Pada sore hari laut mulai pasang, sehingga ombak yang datang cenderung lebih besar. Aktifitas lainnya adalah mencoba belajar Surfing dengan menyewa papan seluncur yang banyak disewakan disini.

serunya bermain banana boat
Serunya bermain Banana Boat (Sumber foto: Dok. pribadi penulis)

Tips Berwisata

Tempat wisata ini telah menjadi salah satu destinasi liburan favorit, sehingga sangat padat pengunjungnya terutama ketika musim liburan. Sebaiknya hindari berkunjung pada musim liburan di mana jalanan menuju Anyer sangat macet, selain itu sulit menemukan spot bersantai di pantai sehingga liburanmu kurang maksimal.

Jika kamu memutuskan untuk bermalam di Pantai Anyer, pastikan untuk memesan hotel/villa sebelumnya terutama pada musim liburan. Walaupun banyak sekali hotel, villa, resort, maupun homestay di sekitar wisata pantai ini, namun pada musim liburan tempat-tempat penginapan ini cenderung full-booked. Saat berkunjung ke pantai, jangan lupa untuk membawa perlengkapan seperti sunblock, topi, dan sunglasses untuk melindungi dari terik matahari.

Sekilas Informasi tentang Tempat Wisata

Kawasan Pantai Anyer buka setiap hari selama 24 jam. Untuk masuk ke pantai ini pengunjung dikenakan biaya Rp. 5.000,-/orang. Jika membawa kendaraan akan dikenakan tarif parkir Rp. 50.000,- untuk mobil dan Rp. 15.000,- untuk motor. Jika ingin menginap di kawasan wisata ini, tidak perlu khawatir karena banyak tersedia hotel, cottage ataupun homestay yang ada di sekitar pantai Anyer. Namun seperti tips diatas, sebaiknya booking terlebih dahulu. Kamu bisa mencarinya info mengenai fasilitas dan tarif penginapan tersebut via internet.

salah satu hotel di pantai anyer banten
Salah satu hotel di tepi Pantai Anyer (Sumber gambar: marbellaanyer.com)

Di kawasan ini banyak sekali rumah makan khususnya restoran Seafood sehingga kamu tidak perlu repot lagi mencari makan. Sebelum memilih restauran Seafood sebaiknya tanyakan dulu daftar harga menu makanan karena sempat terjadi kasus yang ramai di media sosial, wisatawan dikenakan harga makanan yang sangat tidak wajar di salah satu restoran Seafood.

Cara Menuju Pantai Anyer

Kebanyakan wisatawan yang mengunjungi Anyer menggunakan mobil pribadi atau bersama rombongan bus Pariwisata. Dari Jakarta, masuklah tol menuju Merak lalu keluar di pintu tol Cilegon Barat, saat jalan bercabang dua pilih arah Anyer lalu lurus terus sampai tujuan.

Jika menggunakan transportasi umum, paling efisien menggunakan bus tujuan Merak dan turun di Terminal Cilegon, baik dari Jakarta maupun kota besar lainnya. Tarif Bus Jakarta-Merak cukup murah hanya sekitar Rp. 30.000,-. Jika menggunakan jasa Kereta Api dari Jakarta, kamu bisa naik KA Patas Merak dan KA Kalimaya. Jika dari Jawa Timur dan Tengah kamu bisa naik KA Krakatau yang berelasi Kediri-Merak. Semuanya turun di Stasiun Cilegon. Sesampainya di Cilegon baik dengan Bus atau Kereta Api, kamu bisa naik angkot warna ungu dan turun di Simpang. Dari Simpang lanjutkan naik angkot warna silver jurusan Anyer. Butuh waktu tempuh sekitar 1 jam dari Kota Cilegon menuju Anyer dalam keadaan normal.

Oleh-oleh

Di tempat wisata ini kamu bisa menemukan kios yang menjual kaos bertema Pantai Anyer dan pernak-pernik lainnya untuk dijadikan oleh-oleh. Selain itu saat pulang dari Anyer kamu bisa membeli Sate Bandeng yang menjadi makanan khas daerah Banten. Banyak kios-kios yang menjual Sate Bandeng di pinggir jalan menuju Kota Serang.

sate bandeng khas banten
Sate Bandeng khas Banten (Sumber gambar: fitrian.net)

Tempat Wisata Lain dekat Pantai Anyer

Cagar Alam Rawa Danau

Selepas menikmati wisata Pantai Anyer, kamu bisa mampir ke sebuah Kawasan Cagar Alam yang terletak di Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang. Jarak tempuhnya sekitar 30 menit dari Anyer dengan kendaraan bermotor. Ditempat ini, anda bisa melihat pemandangan Kawasan Cagar Alam Rawa Danau dari ketinggian melalui Pos Terpadu dan tidak dikenakan biaya. Namun jika ingin menjelajahi rawanya harus mengurus Surat Izin kepada tugas dan harus disampingi staff karena kawasan ini merupakan Cagar Alam.

cagar alam rawa danau
Cagar Alam Rawa Danau (sumber gambar: bantenwisata.com)

Selain Rawa Danau, dari sini juga terlihat deretan pegunungan yang berada di Kabupaten Pandeglang. Cagar Alam Rawa Danau merupakan rawa pegunungan satu-satunya yang masih tersisa di Pulau Jawa. Disebut Rawa Danau karena dulunya merupakan kepundan gunung berapi yang sudah mati kemudian berubah menjadi danau. Lalu Seiring jalannya waktu danau tersebut berubah menjadi rawa-rawa. Oleh karena itulah disebut Rawa Danau.

Pantai Karang Bolong

Tak Jauh dari Pantai Anyer terdapat pantai unik bernama Pantai Karang Bolong. Jaraknya yang hanya sekitar 3 km dan bisa ditempuh dalam waktu 15 menit. Nama asli pantai ini sebenarnya adalah Karang Suraga, namun lama kelamaan pantai ini lebih dikenal dengan sebutan Karang Bolong dikarenakan di pantai ini memang terdapat sebuah karang besar yang berlubang (Karang Bolong).

pantai karang bolong
Pantai Karang Bolong (sumber gambar: simpartaserang.com)

Perkiraan para ahli, terbentuknya lubang karena adanya pengikisan oleh air laut dalam jangka waktu panjang. Kalau air laut tengah surut kamu bisa menyusuri bebatuan karang yang tak tenggelam, main perahu dan banana boat, tracking ke puncak karang serta melihat indahnya Gunung Anak Krakatau dari jauh. Cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- untuk berwisata di pantai ini.

Kontributor: Antin Agustin
Mengunjungi Pantai Anyer pada bulan November 2013
Tanggal upload artikel: 30 Juli 2016

Tempat wisata menarik lainnya:

1. Jatim Park 2 – Taman Bermain dan Wahana Edukasi Terlengkap di Malang

2. Pantai Sawarna – Satu dari Permata Selatan Pulau Jawa

3. Tebing Keraton Bandung – Melihat Kemegahan Alam Bumi Parahyangan dari Ketinggian

About Antin Agustin

Pemilik nama lengkap Tri Settyo Agustin, berdomisili di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Seorang pecinta kereta api yang bermimpi menelusuri jalur kereta api di seluruh dunia. Hobi travelling, badminton, membaca, dan sedang belajar menulis, berbagi kisah perjalanannya agar bermanfaat bagi orang lain. Mari jelajahi negerimu, kenali negerimu, dan cintai negerimu dengan travelling. Kunjungi kisah perjalanan saya lainnya di antinagustin.wordpress.com Salam, @antin.agustin

Check Also

Wisata Keraton Yogyakarta – Foto & Review Lengkap

Keraton Yogyakarta atau disebut juga dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *