Home > TEMPAT WISATA > Pantai Indrayanti Jogja – Foto & Review Lengkap

Pantai Indrayanti Jogja – Foto & Review Lengkap

Pantai Indrayanti merupakan sebuah objek wisata yang cukup terkenal di Kabupaten Gunungkidul. Lokasinya terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jika Anda merasa berminat dan ingin mengunjunginya, Anda bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan bermotor – baik roda dua maupun roda empat – dengan estimasi waktu sekitar 2 jam perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta.

pantai indrayanti
pantai indrayanti dari ketinggian bukit (sumber foto: initempatwisata.com)

Lihat juga tempat wisata menarik lainnya: Pulau Harapan atau Pantai Sawarna

Sesampainya di Pantai Indrayanti, Anda akan disambut oleh hamparan pasir putih yang begitu luas lengkap dengan panorama bukit yang menyerupai sebuah pulau kecil nan cantik. Jernihnya air laut yang tampak biru dan bersih, seolah-olah akan mengajak Anda untuk berenang dan berbaur di dalamnya. Istimewanya lagi, obyek wisata ini juga dilengkapi dengan beberapa restoran, cafe, serta sederet penginapan yang siap memanjakan para wisatawan yang ingin bermalam di sini.

Selain itu, berbagai hidangan nan lezat berupa seafood, nasi goreng, bakmi Jawa, gudeg, hingga es kelapa muda, siap menjadi penghalau lapar yang bisa Anda pesan sewaktu-waktu. Pada malam harinya, Anda juga bisa bersantai di gazebo-gazebo yang terletak di bibir pantai dengan ditemani gemerlap lampu serta gugusan bintang yang ada di langit.

gazebo tempat bersantai
Gazebo tempat bersantai (sumber foto: rians123.blogspot.com)

Ya, pantai yang menjadi tujuan kita kali ini terletak di sebelah timur Pantai Sundak. Sebagian besar wilayahnya dibatasi oleh perbukitan karang yang menghampar luas, sehingga menyajikan pemandangan yang cukup istimewa dan berbeda jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang ada di Gunungkidul.

Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan di Pantai Indrayanti

Berburu Ikan di Sela-sela Karang

Keadaan Pantai Indrayanti sangatlah bersahabat. Jarak antara pasir putih dengan ombak lautnya dipisahkan oleh karang-karang panjang yang menjadi tempat bersembunyinya ikan-ikan kecil dengan aneka warna yang cukup cantik. Anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk berburu ikan-ikan kecil tersebut dengan menggunakan jaring yang banyak dijual di sekitar lokasi pantai.

Menyaksikan Senja dari Atas Bukit

Selain berburu ikan, Anda juga bisa mencoba pengalaman lain dengan berjalan menuju bukit yang terletak di sebelah timur Pantai Indrayanti. Untuk mencapainya, Anda harus melewati jalan setapak dengan rute yang cukup asyik untuk dilewati. Sesampainya di sana, Anda akan disuguhi pemandangan Samudera Hindia yang terbentang luas, lengkap dengan siluet burung-burung camar yang sesekali melintas di atas awan. Sungguh pemandangan yang sangat menakjubkan bila dipandang.

Menguji Adrenalin dengan Bermain Jet Ski

Pantai Indrayanti juga menawarkan sebuah wahana ekstrim khusus buat Anda yang menyukai tantangan dan ingin menguji adrenalin. Wahana tersebut adalah jet ski. Biayanya dipatok dengan tarif sebesar Rp.250.000,00/ 15 menit. Setelah membayar tiket, Anda akan dibawa oleh seorang driver yang cukup berpengalaman. Segala peranti keselamatan, termasuk baju pelampung dan kaca mata renang, juga telah disediakan di sini.

serunya bermain jetski di pantai indrayanti
serunya bermain jetski di pantai indrayanti (sumber foto: twitter.com)

Berfoto dan Bermain Pasir Pantai

Jika Anda datang ke pantai ini dengan si buah hati, maka Anda bisa bermain pasir pantai dengan membuat kreasi bangunan atau bentuk lainnya. Keadaan Pantai Indrayanti cukup bersih dan jauh dari sampah. Oleh karenanya, Anda bisa memanfaatkan momen tersebut dengan berfoto bersama si buah hati, dengan background hamparan pasir putih yang sungguh memukau.

Tips Berwisata

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Pantai Indrayanti adalah pada sore hari. Karena, pada saat siang harinya, cuaca di tempat wisata ini cukup terik. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan sunset yang cukup indah dari atas bukit jika Anda datang di waktu sore. Perlu saya sampaikan pula, bahwa di pantai ini ada larangan agar Anda tidak membuang sampah sembarangan. Karena jika kedapatan membuang sampah, maka Anda akan dikenakan denda sebesar Rp. 10.000,00.

Sekilas Informasi tentang Tempat Wisata

Pos penjagaan tiket masuk ke kawasan Pantai Indrayanti dibuka selama 24 jam. Tarif retribusinya dibandrol dengan harga Rp.10.000,00/ orang. Biaya tersebut sudah termasuk akses masuk ke Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Sundak, dan Pantai Drini. Sedangkan biaya parkir kendaraannya dipatok dengan harga Rp. 4.000,00/ motor dan Rp. 10.000,00/ mobil.
Layaknya tempat wisata pada umumnya, Pantai Indrayanti juga menyediakan hotel ataupun pondokan yang terletak di tepi pantai. Tarifnya cukup bervariatif, dari harga Rp. 100.000,00 hingga Rp. 350.000,00/ malam. Jika Anda datang pada saat libur sekolah, tentu harganya pun akan lebih mahal. Selain itu, biasanya hotel dan penginapan yang ada di sana juga sudah terisi penuh. Maka saya sarankan, sebaiknya Anda mencari hotel secara online di Wonosari yang berjarak kurang lebih 30 menit dari Pantai Indrayanti.

penginapan dekat pantai
penginapan dekat pantai (sumber foto: pondokshafalla.com)

Anda pun tak perlu khawatir menahan rasa lapar dan dahaga. Sebab, di sini banyak tersedia restoran, cafe, serta warung-warung penjaja makanan yang terletak di tepi pantai. Anda bisa menikmati aneka hidangan kuliner yang cukup mengguggah selera, seperti nasi goreng, bakso, soto, bakmi Jawa, gudeg, es kelapa muda, dan lain sebagainya. Dan tentu saja, Anda bisa menikmati hidangan laut yang masih segar di tempat-tempat makan ini.

salah satu cafe di indrayanti
Salah satu cafe (sumber foto: initempatwisata.com)

Oleh-oleh

Di sepanjang jalan menuju Pantai Indrayanti, Anda akan menemukan beberapa kios pedagang asongan yang menjajakan cinderamata khas Pantai Indrayanti, seperti pakaian pantai, gantungan kunci, pernak-pernik yang terbuat dari kerang, dan juga kaos yang bertuliskan “Pantai Indrayanti”. Untuk harganya pun cukup bervariatif, antara Rp. 10.000,00 – Rp. 50.000,00. Dan tentunya, besar kecilnya harga ditentukan dari cara Anda menawar pada si penjual.

Cara Menuju Pantai Indrayanti

Untuk sampai ke Pantai Indrayanti, Anda akan melewati wilayah perbukitan dengan pemandangan alam yang cukup eksotis. Di kanan kiri jalan, Anda bisa melihat hutan jati, ladang jagung, serta ladang ketela milik warga setempat. Jika Anda ingin menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menaiki bus jurusan Yogyakarta – Wonosari dari terminal Giwangan, Yogyakarta. Setelah itu, turun di terminal Wonosari, lalu lanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek untuk menuju ke pantainya.
Namun, jika Anda memilih menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda bisa langsung mengikuti jalan Wonosari yang terletak di persimpangan ring road timur. Ikuti saja jalannya hingga bertemu alun-alun Wonosari, atau kurang lebih 2 jam perjalanan dari ring road timur, Yogyakarta. Setelah sampai di Alun-alun Wonosari, jalan saja terus ke arah timur hingga menemukan papan penunjuk arah bertuliskan Terminal Wonosari. Setelah itu, beloklah ke kanan dan ikuti terus jalan tersebut. Jika Anda masih bingung, berikut ini saya tampilkan koordinat GPS-nya: -8.15022,110.612004.

Tempat Wisata Lain Dekat Pantai Indrayanti

Pantai Sundak

Pantai Sundak terletak di sebelah barat Pantai Indrayanti. Tepatnya di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Secara sekilas, Pantai Sundak mempunyai pemandangan yang tak kalah menarik jika dibandingkan dengan Pantai Indrayanti. Istimewanya, pantai ini memiliki sebuah goa alami yang terbentuk dari batuan karang yang mempunyai ketinggian 12 meter. Di dalam goa tersebut, Anda bisa menjumpai sebuah sumur alami yang biasa digunakan penduduk sekitar sebagai tempat untuk mendapatkan air tawar.

pantai sundak
pantai sundak (sumber foto: wisatanesia.co)

Pantai Sadranan

Tak jauh dari Pantai Sundak, terdapat pula Pantai Sadranan yang terletak di Dusun Pule Gundes, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Di sini Anda bisa menikmati keindahan bawah laut dengan ber-snorkeling-ria. Biayanya dipatok dengan harga Rp. 35.000,00/ orang. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pasir putih yang cukup halus, serta bermain ombak di tepi pantainya. Jika Anda beruntung, di sini juga banyak terdapat ikan-ikan kecil yang biasa tampak dari sela-sela bebatuan karang.

pantai sadranan
pantai sadranan (sumber foto: belahanusantara.info)

Kontributor: Drajat T. Jatmiko
Mengunjungi Pantai Indrayanti pada bulan Desember 2015
Tanggal upload artikel: 17 Mei 2016

Tempat wisata menarik lainnya:

1. Jogja Bay – Menikmati Suguhan Wahana Air Terlengkap di Indonesia

2. Candi Borobudur – Warisan Budaya Terlaris di Seluruh Dunia

3. Kawah Putih – Lebih dari Sekedar Pesona di Balik Kamera

About Drajat Jatmiko

Drajat T. Jatmiko, pemuda kelahiran Blora yang suka jalan-jalan, baca buku, dan bersepeda santai. Ia pernah punya cita-cita jadi seorang astronot. Tapi semenjak ada kabar flat-earth, akhirnya ia banting stir jadi penulis artikel. Kini ia tinggal dan menetap di Prambanan, Yogyakarta. Bisa ditemui di instagramnya: @dt_jatmiko

Check Also

Wisata Keraton Yogyakarta – Foto & Review Lengkap

Keraton Yogyakarta atau disebut juga dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *