Home > TEMPAT WISATA > Pantai Santolo Garut Jawa Barat – Foto & Review Lengkap

Pantai Santolo Garut Jawa Barat – Foto & Review Lengkap

Pantai Santolo adalah sebuah pantai di Garut Selatan yang terkenal dengan wisata pegunungannya. Terletak di daerah Pameungpeuk, sekitar 88 KM kearah selatan dari Garut Kota, pantai ini menjadi tujuan wisata favorit warga Garut dan sekitarnya karena terkenal memiliki sunset dan sunrise yang cantik. Deburan ombak kencang khas pantai selatan Jawa akan menyambut kedatanganmu, dilatarbelakangi hijaunya deretan pegunungan yang menyejukkan mata.

pantai santolo
Pantai Santolo (Sumber gambar: geulisindonesia.com)

Lihat juga tempat wisata menarik lainnya: Pantai Nglambor atau Curug Leuwi Hejo

Nama Santolo sendiri merupakan nama pulau yang terletak berdekatan dengan pantai ini dan hanya terpisah oleh sungai yang tidak terlalu besar. Jika mengunjungi Pantai Santolo mampirlah ke pulau ini, karena di dalamnya terdapat juga pantai karang yang indah bernama Pantai Sayang Heulang.

pantai sayang heulang
Pantai Sayang Heulang yang berkarang (Sumber foto: Dok. pribadi penulis)

Pada jaman penjajahan Belanda, pantai ini pernah difungsikan sebagai dermaga untuk mengangkut rempah-rempah menuju kapal besar yang berada di tengah laut, tak heran ditemukan juga bangunan-bangunan khas kolonial Belanda di kawasan ini. Sampai sekarang kawasan pantai Santolo masih dijadikan sebagai dermaga kapal nelayan tradisional. Hasil tangkapan nelayan lokal tersebut dijual di tempat pelelangan ikan yang juga berada di kawasan pantai ini. Mulai dari cumi, udang, hingga berbagai jenis ikan laut, yang tentunya dalam kondisi segar. Pengunjung pun bisa menikmati aneka hidangan seafood di warung-warung makan yang banyak tersedia di sekitar pantai.

sungai di santolo
Sungai yang memisahkan Pulau Santolo dan dijadikan dermaga nelayan tradisional (Sumber foto: Dok. pribadi penulis)

Selain pemandangannya yang indah, tempat wisata ini juga memiliki daya tarik lain untuk dikunjungi, yakni muara Cilautereun. Muara ini sangat unik karena tak seperti muara lainnya yang airnya mengalir ke laut, di muara ini justru sebaliknya, air laut mengalir ke arah daratan. Keindahan serta keunikannya tentunya akan menjadi pilihan tepat tujuan liburanmu.

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Santolo

Menelusuri Muara Cilautereun, Ketika Air Laut Mengalir Ke Sungai

Di dekat Pantai Santolo terdapat sejenis muara sungai di laut yang unik bernama Cilautereun. Dalam bahasa Sunda Cilautereun berarti air laut turun. Seperti namanya, kamu akan menemui air laut yang mengalir menuju daratan bukan sebaliknya. Hal ini terjadi karena di Pulau Santolo terdapat pertemuan dua ombak yang berbeda arah sehingga menimbulkan arus baru yang mengalir memutar menuju daratan. Menurut info dari penduduk sekitar, fenomena ini hanya terdapat di Perancis dan Indonesia. Jika ingin menjelah lebih jauh kamu bisa menyewa perahu nelayan yang biasa melayani wisatawan untuk menikmati deburan pantai ombak selatan yang cukup menantang.

jembatan di muara cilautereun
Jembatan di Muara Cilautereun (Sumber foto: Dok. pribadi penulis)

Menelusuri Pulau Santolo

Dengan menaiki perahu sampan yang ada di dekat dermaga, kamu akan diantar menuju Pulau Santolo yang hanya terpisah oleh sungai yang tidak terlalu besar namun cukup dalam. Pulau ini sebagian besar  pantainya merupakan karang. Di bagian barat kamu akan menemukan warung-warung pedagang yang menjual makanan, namun saat senja warung-warung tersebut tutup dan pedagangnya kembali ke daratan. Berjalan ke sebelah timur kamu akan menemui hutan yang masih alami dan di ujungnya terdapat jembatan gantung yang sudah tua, namun masih bisa dilewati asal berhati-hati dan bergantian jalannya. Keunikan jembatan ini sering dijadikan spot untuk berfoto dan  seringkali juga dijadikan tempat para nelayan memancing atau menebar jala. Kondisi pulau yang masih sepi sangat asyik dijadikan tempat camping, karena akan terasa seperti pulau pribadi.

pulau santolo
Menelusuri pantai di Pulau Santolo yang seperti tak berpenghuni (Sumber foto: Dok. pribadi penulis)
jembatan gantung di garut
Jembatan Gantung menuju Pulau Santolo (Sumber : Dok. pribadi penulis)

Hunting Sunrise di Pantai Santolo dan Sunrise di Pantai Sayang Heulang

Tempat wisata ini terkenal dengan sunrisenya yang cantik. Kamu bisa menunggunya sambil duduk-duduk di hamparan pasir putih. Semilir angin berhembus, diterpa sinar matahari senja sambil diiringi suara deburan ombak sungguh merupakan susana yang mendamaikan hati. Matahari yang bulat keemasan pun perlahan turun ke peraduannya, menciptakan lembayung senja yang indah. Siapkanlah kameramu dan jangan lupa abadikan momen ini.

sunset di garut selatan
Sunset di Pantai Santolo (Sumber foto: Dok.Pribadi)

Jika kamu menginap di pantai ini, keesokan harinya jangan lewatkan untuk melihat sunrise di Pantai Sayang Heulang yang berada di Pulau Santolo. Saat air laut surut di pagi hari, maka hamparan karang akan terlihat dengan banyak tumbuhan laut dan ikan-ikan kecil yang terperangkap. Air laut yang terjebak di dalam karang akan memantulkan cahaya matahari seperti kaca sehingga sangat bagus dijadikan objek foto. Sekitar pukul 04:30 WIB telusurilah bibir pantai kearah timur, melewati karang-karang landai tersebut dan sekitar pukul 05:00 WIB kamu akan disambut semburat cahaya kemerahan yang perlahan-lahan menjadi keemasan.

sunrise di pantai sayang heulang
Sunrise di Pantai Sayang Heulang (Sumber foto: Dok. pribadi penulis)

Bermain Water Sports

Gulungan ombak yang besar menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini. Dengan menyewa papan selancar yang banyak terdapat di pantai, kamu bisa mencoba bermain selancar menantang gulungan ombak Pantai Santolo. Selain berselancar, di pantai inipun kamu bisa mencoba menguji adrenaline dengan bermain banana boat .

Tips Berwisata

Perjalanan menuju Pantai Santolo dari Garut kota bisa menghabiskan waktu 3-4 jam melewati jalur pegunungan yang beriliku-liku. Maka dari itu siapkan obat anti mabuk jika kamu tipikal orang yang mudah mabuk perjalanan. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah sekitar bulan April hingga Oktober untuk menghindari angin laut yang kencang yang bisa menimbulkan ombak tinggi.

Saat menjelajahi pantai sebaiknya gunakan alas kaki, karena terdapat banyak karang yang cukup tajam. Persiapkanlah sunblock, kacamata dan topi jika kamu ingin berkunjung di siang hari. Tidak ada air tawar di Pulau Santolo. Jika ingin berkunjung atau camping disini bawalah bekal air minum sebanyak mungkin dari Pantai Santolo karena harga air mineral disini jauh lebih mahal.

Sekilas Informasi Tentang Tempat Wisata

Tempat wisata ini memiliki garis pantai yang cukup panjang untuk ditelusuri. Tak jauh dari tempat wisata ini juga terdapat fasilitas peluncuran roket milik LAPAN. Objek wisata ini bisa dikunjungi kapan saja, tidak ada jam buka khusus. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp. 3.500,- per orang untuk masuk ke kawasan ini.

Fasilitas wisatanya cukup lengkap, walaupun belum ada penginapan sekelas hotel, kamu bisa menemukan penginapan di sekitar pantai yang disewakan penduduk dengan tarif Rp. 100.000,- s/d Rp. 350.000,- per malam tergantung fasilitas. Untuk kebutuhan lainnya kamu bisa membelinya di warung-warung penduduk yang ada di sekitar pantai.

pintu masuk pantai santolo garut
Pintu masuk menuju tempat wisata (Sumber gambar: lilyasari.wordpress.com)

Cara Menuju Pantai Santolo

Tempat wisata ini dapat ditempuh sekitar 3-4 jam perjalanan dari Garut kota menuju daerah Pameungpeuk. Sepanjang perjalanan kamu tidak akan bosan karena jalurnya melewati perkebunan teh yang luas, persawahan dan hijuanya deretan pegunungan. Untuk menuju pantai ini terlebih dahulu kamu harus menuju kota Garut. Ada beberapa moda transportai yang bisa kamu gunakan. Jika dari Jakarta paling efisien menggunakan bis menuju Garut, seperti bis Primajasa yang bertarif Rp. 52.000,- per orang berangkat tiap jam mulai pukul 05:00 WIB s/d 21:00 WIB. Jika menggunakan kereta api atau pesawat, kamu bisa turun di Bandung dan lanjut naik bis menuju Garut.  Dari terminal Garut naiklah Elf tujuan Pameungpeuk dengan tarif Rp. 35.000,- per orang. Elf ini ada dari pagi hingga sore hari dengan jadwal berangkat 30 menit s/d 1 jam sekali atau tergantung penuhnya penumpang.

jalan berliku menuju objek wisata di garut
Jalan berliku-liku menuju objek wisata (Sumber : Dok. pribadi penulis)

Oleh-oleh

Karena di Pantai Santolo terdapat pelelangan ikan, kamu bisa membeli ikan, cumi, udang dan lainnya hasil tangkapan nelayan lainnya untuk dijadikan oleh-oleh. Selain itu saat melewati Garut kota kamu bisa mampir untuk membeli makanan khas Garut yang sangat terkenal, yaitu dodol garut.

dodol garut
Dodol Garut yang sangat terkenal (Sumber gambar: liburandulu.com)

Tempat Wisata Lain dekat Pantai Santolo

Pantai Cicalobak

Pantai Cicalobak berada di kecamatan Mekarmukti sebelah barat Pantai Santolo dengan jarak tempuh sekitar 30 menit menggunakan kendaraan bermotor. Di sisi kanan dan kiri ini Pantai Cicalobak berupa pantai karang, sedangkan dibagian tengah adalah pantai pasir yang tidak terlalu luas karena merupakan sebuah muara sungai kecil. Pantai ini menghadap langsung ke Samudra Hindia, dari jalan diatasnya kamu bisa melihat luasnya samudra atau dari saung yang terdapat di sisi kiri pantai. Di pantai pasir, bisa buat berenang tapi jangan ke tengah karena ombaknya semakin besar. Untuk masuk ke pantai ini tidak perlu bayar, gratis.

pantai cicalobak
Pantai Cicalobak (Sumber gambar: panoramio.com)

Pantai Karang Paranje

Masih berada di Garut Selatan, Pantai Karang Paranje berada di Kecamatan Cibalong, sebelah timur  Pantai Santolo dengan jarak tempuh sekitar 30 menit menggunakan kendaraan bermotor. Sampai saat ini unutk mengunjungi pantai ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Di pantai ini kamu dapat melihat gugusan karang yang indah terhempas derasnya ombak Samudra Hindia. Dari atas gugusan karang tersedia gazebo dimana kamu bisa memandang luas ke Samudra Hindia. Untuk pesisir pantainya bisa kamu nikmati dengan berjalan-jalan. Di pantai ini sangat tidak disarankan untuk berenang karena ombaknya besar.

pantai karang paranje
Panti Karang Paranje (Sumber gambar: wisatadipantaikarangparanje.blogspot.com)

Kontributor: Antin Agustin
Mengunjungi Pantai Santolo pada bulan Februari 2015
Tanggal upload artikel: 26 Juni 2016

Tempat wisata menarik lainnya:

1. Jogja Bay – Menikmati Suguhan Wahana Air Terlengkap di Indonesia

2. Pulau Pari – Primadona Wisata Bahari di Kepulauan Seribu

3. Kawah Putih – Lebih dari Sekedar Pesona di Balik Kamera

About Antin Agustin

Pemilik nama lengkap Tri Settyo Agustin, berdomisili di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Seorang pecinta kereta api yang bermimpi menelusuri jalur kereta api di seluruh dunia. Hobi travelling, badminton, membaca, dan sedang belajar menulis, berbagi kisah perjalanannya agar bermanfaat bagi orang lain. Mari jelajahi negerimu, kenali negerimu, dan cintai negerimu dengan travelling. Kunjungi kisah perjalanan saya lainnya di antinagustin.wordpress.com Salam, @antin.agustin

Check Also

Wisata Keraton Yogyakarta – Foto & Review Lengkap

Keraton Yogyakarta atau disebut juga dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *