Home > TEMPAT WISATA > Pantai Sawarna Banten – Foto & Review Lengkap

Pantai Sawarna Banten – Foto & Review Lengkap

Pantai Sawarna yang terletak di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten ini merupakan objek wisata yang sangat indah untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi liburan kamu. Objek wisata ini merupakan perpaduan alam antara keindahan Samudera Hindia dengan hutan tropis yang sangat lebat. Arus ombak yang cukup deras juga menjadikan tempat wisata ini sebagai surganya para peselancar. Tidak heran jika kita menjumpai banyak sekali wisatawan lokal maupun asing yang membawa seabrek alat selancar mereka untuk melakukan aktivitasnya. Terlebih dari itu, tempat ini adalah tempat berangkatnya para nelayan untuk melakukan aktivitasnya setiap hari. Maka dari itu, kalian akan menemukan pengalaman yang sangat unik selama berada di sini.

pantai sawarna
sumber foto: Dokumen pribadi penulis

Lihat juga tempat wisata menarik lainnya: Pulau Pari atau Jogja Bay Waterpark

Pantai yang diambil dari nama sebuah desa yaitu Desa Sawarna ini memiliki sembilan titik yang bisa dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Karang Taraje, Legon Pari, Karang Beureum, Tanjung Layar, Pasir Putih, Goa Lalay, Goa Langir, Karang Bokor, dan Pulo Manuk. Untuk mencapai kesembilan lokasi tersebut, kalian bisa menyewa ojek yang sudah disediakan karena setiap tempat berjarak sangat jauh dari tempat penginapan. Sayangnya, mobil tidak bisa digunakan untuk mencapai ke tempat-tempat tersebut karena jalanannya yang hanya bisa ditempuh oleh kendaraan beroda dua. Meskipun demikian, perjuangan kalian akan terbayar dengan keindahan alam yang spektakuler. Keindahan inilah yang membuat warga setempat meresmikan Pantai Sawarna sebagai tempat wisata pada tahun 2010. Jumlah wisatawan setiap tahun pun selalu meningkat.

ombak laut sawarna
sumber foto: Dokumen pribadi penulis

Aktivitas yang bisa kamu lakukan di Pantai Sawarna

Berselancar dan Voli Pantai

Kalian termasuk orang yang aktif? Suka olahraga? Pantai Sawarna adalah tempat yang sangat cocok bagi kalian yang ingin berolahraga. Pantai Selatan di Pulau Jawa memang surganya para peselancar, baik dari barat hingga ke timur. Arus ombak yang sangat deras membuat kita terpacu untuk berselancar. Tidak heran jika kita menjumpai banyak sekali wisatawan mancanegara yang memilih pantai ini sebagai destinasi terbaik mereka untuk berselancar. Jika kalian tidak bisa berselancar, kalian juga bisa mengajak teman-teman kalian untuk bermain voli pantai. Olahraga ini juga menjadi favorit baik bagi para wisatawan maupun warga setempat. Tentunya, obyek wisata ini tidak akan mengecewakan para wisatawan sehingga mereka selalu ingin kembali mengunjungi tempat ini.

Objek Foto

Kekayaan Pantai Sawarna membuat kita tidak pernah bosan untuk mendapatkan objek foto-foto terbaik sesuai yang diinginkan. Jika tertarik, kunjungilah ke sembilan titik lokasi wisata yang sudah menjadi favorit warga setempat dan para wisatawan. Aktivitas para nelayan hingga pemandangan matahari terbenam bisa menjadi andalan untuk hasil fotomu. Setiap potret yang diambil di balik lensa kalian akan menjadi saksi hidup terbaik terhadap pemandangan indah yang tidak terlupakan.

Tips Berwisata

Bagi kalian yang ingin meluangkan waktu liburan dengan berolahraga, siapkan seluruh peralatan olahraga kalian seperti papan selancar, pakaian renang, hingga bola voli. Ajaklah teman-teman kalian untuk ikut serta supaya liburan kalian menjadi momen yang tidak pernah terlupakan. Sedangkan untuk para pecinta fotografi diharapkan berhati-hati untuk tidak terlalu dekat dengan air laut yang dapat membuat perangkat elektronik kalian berkarat hingga tidak bisa dipakai lagi. Maka dari itu, jagalah barang-barang kalian supaya tidak mengalami kerusakan yang tidak diinginkan.

Untuk mencapai Pantai Sawarna membutuhkan waktu sebanyak 5 – 10 menit dari penginapan. Sandal pantai sangat dibutuhkan supaya kalian dapat berjalan mencapai lokasi-lokasi pantai dengan nyaman tanpa membuat kaki lecet. Selain itu, mengingat cuacanya sangat panas, disarankan menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit anda dari sengatan matahari yang sangat terik. Jangan lupa pula untuk selalu membawa kacamata hitam dan topi untuk melindungi kalian dari sinar matahari sepanjang hari. Kenakan pakaian yang nyaman seperti kaos atau celana pantai dan hindari berdandan berlebihan selama berada di lokasi pantai. Jika kalian ingin berenang, bawalah pakaian renang favorit anda dan nikmatilah semburan ombak yang kalian nantikan.

Arus ombak yang sangat deras membuat para penduduk setempat memiliki tanggung jawab yang sangat besar terhadap keselamatan para wisatawan. Meskipun demikian, sebagai turis kia juga harus menghormati setiap peraturan yang sudah diberikan oleh warga. Salah satu peraturan yang sangat ketat tentang Pantai Sawarna adalah arus ombak yang sangat deras. Banyak sekali kecelakaan yang terjadi menimpa turis-turis hingga meninggal dunia. Tidak lupa sebagai turis, kalian diwajibkan untuk menjaga kesopanan selama berada di pemukiman warga desa dan tidak melakukan hal-hal yang merugikan warga sekitar.

Sekilas Informasi Tentang Tempat Wisata

Sebelum memasuki seluruh lokasi pantai, jangan lupa membayar harga tiket masuk sebesar Rp 5.000,- /orang. Lebihnya lagi, Pantai Sawarna memiliki ikon menarik yang menjadi daftar perjalanan yang tidak pernah terlewati, yaitu Tanjung Layar. Tempat ini berupa dua batu karang yang sangat besar yang menyerupai layar perahu dan dikelilingi batu karang yang sangat curam. Desiran ombak yang sangat deras juga menambah pemandangan Tanjung Layar semakin menakjubkan. Untuk mencapai Tanjung Layar kalian hanya perlu berjalan kaki dari Pantai Sawarna ke arah timur selama 10 menit.

Pantai Sawarna yang sangat luas mungkin dapat membingungkan kalian untuk mencari arah jalan menuju lokasi yang dituju. Tidak perlu khawatir karena pihak pengelola Pantai Sawarna menyediakan pemandu wisata yang mampu memberikan informasi, penunjuk jalan, menjaga wisatawan, dan hal-hal yang dapat membantu wisatawan selama berlibur di sekitar Pantai Sawarna. Biaya yang diberikan berkisar antara Rp 150.000,- hingga Rp 250.000,- per orang dalam sehari.

keindahan pantai banten
sumber foto: Dokumen pribadi penulis

Bagi yang membawa mobil atau bus, kalian tidak dapat memarkir kendaraan tersebut tepat di dekat penginapan kecuali kalian memilih penginapan yang memang memfasilitasi parkir kendaraan. Jika tidak, kalian wajib memarkir kendaraan yang sudah disediakan warga setempat dan menyusuri jalanan dengan jembatan gantung untuk mencapai penginapan dan lokasi pantai.

Jika kalian tertarik, tentunya penginapan yang nyaman dengan harga yang sangat terjangkau menjadi poin yang harus dicari untuk berlibur, terutama bagi kalian yang ingin backpacker bersama teman-teman kalian. Desa Sawarna menyediakan fasilitas penginapan yang sangat variatif dan tentunya, ramah di kantong. Berikut penginapan-penginapan yang bisa menjadi rekomendasi:

  • Malibo Resort Sawarna

Penginapan berbintang empat ini memanjakan kalian dengan fasilitas yang sangat memuaskan. Penginapan yang terletak di komplek Pantai Tanjung Layar memiliki tiga macam penginapan yang bisa kalian pilih dengan harga yang terjangkau, yaitu model penginapan Pondok Bambu dengan kisaran harga mulai Rp 250.000,- hingga Rp 500.000,-, kemudian model penginapan Rumah Panggung Kayu dengan kisaran harga Rp 500.000,- hingga Rp 900.000,- per rumah dan memiliki tiga kamar serta Rp 200.000,- hingga Rp 400.000,- jika dihitung per kamar, dan model penginapan Mini Villa dengan kisaran harga mulai Rp 300.000,- hingga Rp 600.000,-. Harga tersebut dihitung berdasarkan waktu hari kerja, akhir pekan, dan liburan khusus. Selain itu, harga di atas tidak termasuk dengan biaya konsumsi dan harus membayar Rp 85.000,-/orang. Jika tertarik, langsung saja hubungi 081222266100 / 0818646547 atau melalui email info@pantaisawarna.com.

  • Andrew Homestay

Penginapan ini menyediakan tarif yang ekonomis dengan fasilitas yang sangat memadai, seperti AC, TV, toilet, pemandangan pantai, dan sebagainya. Penginapan satu ini menyediakan fasilitas bagi kalian yang datang rombongan (20 sampai lebih dari 100 orang) mulai Rp 70.000,- sampai Rp 100.000,- bahkan dalam jumlah yang sedikit (1 – 5 orang) mulai Rp 450.000,- sampai Rp 700.000,- /kamar. Harga tersebut dihitung berdasarkan waktu weekday, weekend, dan liburan khusus. Biaya makan tidak termasuk dengan biaya penginapan dan harus membayar sebesar Rp 60.000,- untuk tiga kali makan dalam sehari.

Penasaran? Langsung cek andrewhomestay.blogspot.co.id untuk keterangan lebih lanjut.

Cara Menuju Pantai Sawarna

Bagi kalian yang berangkat dari Jakarta dan menggunakan kendaraan pribadi, disarankan untuk masuk melalui kota Bogor atau menggunakan jalan tol hingga ke Ciawi. Kemudian dilanjutkan menuju Sukabumi dan masuk ke daerah-daerah seperti Parung Kuda – Cikidang – Pelabuhan Ratu – Cisolok dan akhirnya sampai ke Sawarna. Jalanan yang sangat berkelok, sebagian berlubang, dan memiliki tanjakan yang curam diharapkan untuk berhati-hati selama berkendara.

Jika kalian lebih memilih menggunakan angkutan umum menuju Sawarna, kalian disarankan transit ke Bogor, yaitu ke Terminal Baranang Siang. Kemudian carilah bus MGI berwarna biru tujuan Pelabuhan Ratu. Bus ini memiliki dua pilihan, yaitu Ekonomi (Rp 10.000 – Rp 15.000) dan Bisnis (Rp 20.000 – Rp 25.000). Sesampainya di Pelabuhan Ratu, kalian diwajibkan menaiki mobil Elf tujuan Bayah atau

Sawarna. Keterbatasan jumlah kendaraan terbilang untung-untungan. Jika terlanjur mendapat mobil Elf tujuan Bayah, turunlah di depan gerbang Sawarna dan naiklah ojek untuk menuju Sawarna seharga Rp 20.000,- sekali jalan. Total waktu yang ditempuh untuk mencapai Sawarna mencapai 7 jam.

Oleh-oleh

Desa Sawarna terkenal sekali dengan Sale Sawarna, yaitu jajanan yang terbuat dari pisang yang manis seperti madu dan lembut namun tidak lembek. Kalian bisa membeli jajanan ini seharga Rp 10.000,- per bungkus. Selain itu, jajanan ini mampu bertahan hingga tiga bulan.

oleh oleh pisang sale dari sawarna
sumber foto: papua.sawarnanews.com

Tempat wisata lain dekat Pantai Sawarna

Pantai Ciantir

Pantai ini juga merupakan tempat favorit bagi para peselancar yang suka mencari adrenalin baru. Tempat ini tidak jauh dari Pantai Sawarna, hanya sekitar 5-10 menit.

pantai ciantir
sumber foto: papua.sawarnanews.com

Goa Seribu Candi

Sawarna tidak hanya terkenal pada keindahan pantai dan desiran ombak yang memukau, tempat ini juga memiliki beberapa goa yang sangat terkenal dan bisa menjadi tujuan tambahan pada daftar perjalanan kalian. Goa Seribu Candi memiliki pintu yang sangat kecil dan di dalamnya terdapat stalagmit dan stalagtit yang menjulang menyerupai candi-candi kecil. Lokasi ini berjarak hanya sekitar ± 500 m dari Pantai Sawarna.

goa seribu candi
sumber foto: wiranurmansyah.com

Kontributor: Amirahvelda Priyono
Mengunjungi Pantai Sawarna pada bulan Juni 2014
Tanggal upload artikel: 13 Mei 2016

Tempat Wisata menarik lainnya:

1. Museum Angkut – Wisata Edukasi Paling Instagenic di Batu Malang

2. Kebun Raya Bogor – Hijaunya Kebun Botani Terbaik se Asia Tenggara

3. Pantai Indrayanti – Cara Lain Menikmati Pantai dan Senja dari Atas Bukit

About Amirahvelda Priyono

Amirahvelda Priyono, alumni Sastra Prancis Universitas Padjadjaran. Asal dari Surabaya namun sekarang tinggal di Jatinangor dan mau meniti karir di Jakakrta. Hobi menulis, fotografi, desain grafis, dan denger musik jazz.

Check Also

Wisata Keraton Yogyakarta – Foto & Review Lengkap

Keraton Yogyakarta atau disebut juga dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *