Home > TEMPAT WISATA > Wisata Pulau Harapan Kep. Seribu – Foto & Review Lengkap

Wisata Pulau Harapan Kep. Seribu – Foto & Review Lengkap

Pulau Harapan merupakan salah satu tempat wisata di kawasan Kepulauan Seribu yang sedang menjadi favorit para wisatawan. Pulau ini merupakan sebuah kelurahan di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu, Jakarta. Kelurahan ini merupakan daerah di Kepulauan Seribu yang paling padat penduduknya. Sehingga jangan heran ketika sampai di pulau ini kamu layaknya sedang berada di perkampungan Jakarta. Mulai dari deretan rumah, gang-gang kecil, Puskesmas, TK, SD, homestay, warung makan, pedagang kaki lima, kantor kelurahan dan lain sebagainya ada di pulau ini.

pulau harapan
dermaga (sumber gambar: permatamandiritour.com)

Berada di gugusan besar kepulauan paling utara laut Jakarta, menjadikan pantai-pantai dan laut di sini masih sangat alami, bersih, jernih dan jauh dari polusi kota Jakarta. Di sekeliling lautnya terdapat banyak gugusan pulau-pulau kecil lainnya, menjadikan pulau ini tujuan tepat untuk Island Hopping atau menjelajah dari 1 pulau ke pulau lainnya. Mata pencaharian sebagian besar penduduknya adalah nelayan. Di sekeliling pantainya kamu akan melihat tambak-tambak ikan yang khusus dibangun sebagai tempat penangkapan dan pembiakan ikan laut.

Lihat juga tempat wisata menarik lainnya: Curug Leuwi Hejo atau Pulau Bidadari

peta kepulauan seribu
Peta Kepulauan Seribu (Sumber: juliesartoni.blogspot.com)

Di sebelah pulau ini juga terdapat pulau besar lainnya yang berpenduduk yaitu Pulau Kelapa yang terhubung dengan jalan beton dan paving blok hasil reklamasi. Di kedua pulau ini kamu dapat menemui penduduk yang masih merupakan keturunan suku Bugis, suku dari timur Indonesia yang terkenal keahliannya dalam berlayar dan menjelajahi lautan. Pulau Harapan dulunya dikenal dengan nama Pulau Pelemparan karena pada awalnya merupakan pulau yang dijadikan daerah tujuan transmigrasi dan relokasi.

rumah penduduk
Rumah Penduduk (Sumber: pulau-harapan.com)

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Pulau Harapan

Island Hoping ke Pulau-Pulau Kecil di sekitar

Sesampainya di tempat wisata ini barulah terasa mengapa kawasan ini dinamakan Kepulauan Seribu. Tepat disekeliling obyek ini bertebaran pulau-pulau kecil yang puluhan jumlahnya. Sayang sekali kalau kamu melewatkan kesempatan untuk menjelajahinya satu-persatu. Sewalah perahu motor beserta guidenya untuk mengantarkan kamu menjelajahi pulau-pulau tersebut, baik yang berpenghuni maupun tidak. Beberapa pulau favorit yang biasa dikunjungi adalah Pulau Perak, Gosong, Kayu Angin, Bulat dan pulau lainnya. Salah satu yang paling unik adalah Pulau Gosong yang hanya berupa daratan pasir putih tanpa karang maupun tumbuhan. Jangan lupa siapkan kamera dan aksesori untuk mengabadikan spot foto yang cantik di setiap tempat tersebut.

pulau gosong
Pulau Gosong yang hanya berupa daratan pasir (Sumber: maratuatrip.com)
bintang laut harapan
Bintang laut yang masih bisa ditemukan di laut sekitar Pulau Harapan (Sumber: Dok. pribadi penulis)

Snorkeling

Sambil menyelam minum air, di sela-sela Island Hoping kamu bisa snorkeling di spot-spot yang tersebar di sekitar tempat wisata ini. Guide perahu motor biasanya sudah tahu spot-spot bagus untuk melihat keindahan bawah laut di sekitar Pulau Harapan. Secara umum, kondisi bawah lautnya sangat bersih dan jernih. Namun perlu diwaspadai beberapa biota laut yang cukup berbahaya dan banyak disini diantaranya bulu babi dan ikan batu (ikan beracun). Jangan sekali-kali menginjak karang jika sedang snorkeling ataupun berenang jika tidak ingin terkena duri bulu babi ataupun diserang ikan batu dengan racunnya yang berbahaya.

keindahan bawah laut pulau
Keindahan bawah laut di sekitar spot snorkeling (Sumber: badpackers.blogspot.com)

Hunting Sunset di Pulau Bulat

Pulau Bulat yang terletak tak jauh dari Pulau Harapan terkenal karena jadi spot terbaik untuk melihat sunset. Sore hari sehabis snorkeling, mintalah sang guide untuk mampir ke pulau ini untuk menikmati pasir pantai dan sunset yang sangat indah.

sunset dari pulau bulat
Sunset dari Pulau Bulat (Sumber foto: damarapri.blogspot.co.id)

Mengunjungi Taman Biota Laut

Di tempat ini terdapat Taman Biota Laut yang didirikan oleh Departemen Kehutanan untuk melestarikan kekayaan alam di kawasan Kepualauan Seribu. Dengan membayar tiket masuk seharga Rp 5.000,- per orang, disini kamu dapat melihat penangkaran penyu dan konservasi tanaman mangrove. Selain di kawasan ini, Taman Biota Laut ini juga terdapat di Pulau Panggang dan Pulau Kelapa yang masih dalam satu wilayah kecamatan yang sama, yaitu kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

konservasi mangrove
Konservasi Mangrove (Sumber: rahmaliza.weebly.com)

Tips Berwisata

Aktifitas liburanmu di Pulau Harapan akan dihadapkan dengan panas terik khas wilayah pesisir, jangan lupa untuk membaawa sunblock, kacamata hitam dan topi agar kamu terlindungi dari sengatan matahari. Saat kamu snorkeling pastikan life jacket sudah terpasang dengan baik, jangan terlalu jauh berenang jika kamu belum mahir. Dengarkan arahan dari guide tentang cara snorkeling yang benar dan hal-hal yang harus dihindari untuk menjaga keselamatan diri. Perjalan menuju ke Pulau Harapan dengan kapal motor penumpang akan menempuh waktu kurang lebih 3-4 jam, persiapkanlah bekal makanan dan minuman selama di kapal dan pilihlah tempat duduk di dalam kapal agar tidak terpanggang terik matahari. Selain itu, minum juga obat anti mabuk jika kamu adalah tipikal yang mudah mabuk laut.

Waktu yang terbaik mengunjungi Pulau Harapan adalah saat di musim timur (Bulan Maret s/d Oktober ) karena ombak laut sedang bersahabat. Jika kamu pergi sendiri atau kurang dari 5 orang, agar lebih praktis dan ekonomis sebaiknya kamu ikut paket open trip yang banyak terdapat di Internet agar tidak kena tarif mahal saat menyewa perahu motor untuk snorkeling. Namun jika lebih dari 5 orang, kamu bisa menyewa perahu motor sendiri agar waktumu lebih fleksible, tidak terikat seperti ikut paket open trip.

Sekilas Informasi Tentang Tempat Wisata

Pulau Harapan mempunyai luas sebesar 6,7 hektar dengan populasi peduduk sekitar 2.205 jiwa. Untuk berkunjung ke pulau ini tidak dikenakan biaya. Hanya beberapa spot wisata yang dikenakan biaya seperti Taman Biota Laut. Tidak ada Bank atau ATM disini, jadi bawalah uang cash lebih untuk berjaga-jaga.

Sesampainya di dermaga kamu akan menemui Taman Terpadu disisi sebelah kiri yang menjadi tempat berkumpul masyarakat saat malam hari dan hari libur. Disini kamu bisa menemukan warung-warung penjual makanan dan minuman. Untuk penginapan, tidak ada hotel atau resort disini, yang ada hanyalah homestay atau rumah-rumah penduduk yang disewakan dengan tarif Rp. 250.000,- s/d Rp. 700.000,-  permalam tergantung jumlah orang dan fasilitas (jika tidak ikut paket tour). Fasilitas homestaynya sudah lengkap seperti AC, kamar mandi dalam kamar, TV, Kipas Angin, bahkan beberapa homestay menyediakan paket yang sudah termasuk makan (sarapan, makan siang dan malam).

gapura pintu masuk
Gapura pintu masuk (Sumber gambar: damarapri.blogspot.com)

Cara Menuju Pulau Harapan

Tersedia dua alternatif transportasi menuju P. Harapan dari Jakarta, yakni menggunakan kapal motor penumpang atau speed boat. Jika menggunakan kapal motor penumpang, maka starting pointnya adalah dari pelabuhan Muara Angke, bertarif sekitar Rp 40.000,-/orang dengan jadwal berangkat pukul 07:00 WIB dan jadwal pulang pukul pukul 11:00 WIB dari P. Harapan. Jika menggunakan speedboat maka starting pointnya dari Dermaga Marina Ancol dengan tarif yang sangat jauh berbeda yaitu Rp 500.000,-/orang PP. Waktu tempuh kapal motor penumpang dari Muara Angke ke P. Harapan berkisar 3 – 4 jam, tergantung cuaca, sedangkan dengan speed boat hanya ditempuh dalam waktu 1,5 jam. Datanglah lebih awal saat berangkat maupun pulang agar mendapat tempat duduk yang nyaman (tempat duduk bebas) dan tentunya tidak tertinggal kapal.

suasana di kapal penumpang
Suasana di dalam kapal penumpang menuju Pulau Harapan (Sumber foto: Dok.Pribadi penulis)

Oleh-oleh

Dihuni oleh sebagian besar penduduk yang bermatapencaharian sebagai nelayan, makanan di Pulau Harapan tak jauh dari olahan hasil laut seperti ikan, cumi, udang dan lainnya. Selain membeli oleh-oleh berupa hasil tangkapan laut langsung dari nelayan, disini juga terdapat oleh-oleh khas Pulau Harapan berupa kerupuk ikan hasil produksi rumahan warga yang bisa dibeli dengan harga terjangkau. Sambil membeli, kalian juga dapat melihat secara langsung di rumah warga bagaimana proses pembuatan kerupuk ikan tersebut.

kerupuk ikan dalam proses penjemuran
Kerupuk ikan dalam proses penjemuran (Sumber gambar: www.ninonine.wordpress.com)

Tempat Wisata Lain dekat Pulau Harapan

Pulau Perak, Tempat Asyik untuk Camping

Mencoba camping di pulau tak berpenghuni menhadirkan sensasi tersendiri. Dari banyak pulau-pulau kecil tak berpenghuni di sekitar Pulau Harapan terdapat pulau yang menyenangkan untuk camping yakni Pulau Perak. Pulau ini menjadi pilihan tepat untuk camping karena mempunyai sumur air tawar, sehingga tak perlu repot-repot mencari air tawar untuk kebutuhan camping. Di Pulau ini juga terdapat warung kecil serta bangku-bangku kayu dan ayunan yang didirikan penjaga pulau karena sering dijadikah tempat singgah bagi wisatawan dari Pulau Harapan untuk spot snorkeling. Untuk camping di pulau ini, kamu harus menyewa perahu nelayan dari Pulau Harapan dengan waktu tempuh sekitar 20 menit, selain itu kamu juga harus membayar sejumlah uang kepada penjaga pulau Perak karena pulau ini milik orang pribadi.

pulau perak
Suasana camping di Pulau Perak (Sumber foto: Dok. pribadi penulis)

Penangkaran Elang Bondol di Pulau Kotok Besar

Di pulau ini terdapat konservasi Elang Bondol yang menjadi maskot DKI Jakarta. Elang Bondol tersebut merupakan hasil penyitaan yang dilakukan negara dan Jakarta Anima Aid Network (JAAN). Konservasi ini bertujuan untuk merawat Elang Bondol yang hilang naluri berburunya akibat dijadikan piaran. Setelah perawatan dirasa cukup, burung-burung tersebut akan dilepas untuk kembali ke habitat aslinya. Kandang penangkaran dibuat dari net dan dibangun mirip dengan habitat asli elang bondol. Ini dilakukan untuk membuat elang seakan hidup di alamnya dan membuat elang dapat beradaptasi kembali dengan suasana kehidupan aslinya. Pulau ini berjarak kurang lebih 45 menit perjalanan laut dari Pulau Harapan dengan menggunakan perahu motor berkapasitas sekitar 20 orang.

penangkaran elang bondol harapan
Pintu masuk menuju penangkaran (Sumber gambar: becomedaydreamer.wordpress.com)

Kontributor: Antin Agustin
Mengunjungi Pulau Harapan pada bulan Mei 2014
Tanggal upload artikel: 30 Mei 2016

Tempat wisata menarik lainnya:

1. Kalibiru – Wisata Alam yang Memukau di Kulon Progo Yogyakarta

2. Jatim Park 2 – Wahana Bermain & Edukasi Terlengkap di Malang

3. Kawah Putih – Wisata Keindahan Kawah Putih Ciwidey Bandung

About Antin Agustin

Pemilik nama lengkap Tri Settyo Agustin, berdomisili di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Seorang pecinta kereta api yang bermimpi menelusuri jalur kereta api di seluruh dunia. Hobi travelling, badminton, membaca, dan sedang belajar menulis, berbagi kisah perjalanannya agar bermanfaat bagi orang lain. Mari jelajahi negerimu, kenali negerimu, dan cintai negerimu dengan travelling. Kunjungi kisah perjalanan saya lainnya di antinagustin.wordpress.com Salam, @antin.agustin

Check Also

Wisata Keraton Yogyakarta – Foto & Review Lengkap

Keraton Yogyakarta atau disebut juga dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *