Home > TIPS / PANDUAN WISATA > 10 Tempat Wisata di Bandung yang Paling Terkenal

10 Tempat Wisata di Bandung yang Paling Terkenal

Ada banyak sekali tempat wisata di Bandung yang sangat terkenal dan wajib dikunjungi. Siapa yang tidak mengenal jalan Dago? atau jalan Braga? kawasan sejuk Lembang, bahkan Museum Konperensi Asia Afrika? Kota yang seringkali dijuluki sebagai Kota Kembang ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang diminati banyak wisatawan lokal dan mancanegara. Cuaca Bandung yang sangat sejuk membuat mereka betah untuk menyelusuri setiap daerah di sana. Kami telah melakukan riset tentang wisata Bandung yang paling banyak di cari di internet berdasarkan data Google Keyword Planner.

Hasilnya, berikut ini 10 tempat wisata yang terpopuler dan wajib kamu kunjungi di daerah Bandung dan sekitarnya:

10. Curug Malela

Tidak kalah dengan kota-kota lain di Jawa Barat, Bandung juga memiliki Air Terjun yang menyerupai dengan Air Terjun Niagara. Warga setempat biasanya menyebutnya sebagai Curug Malela. Air Terjun yang berlokasi di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga – Gununghalu Kabupaten Bandung Barat ini cukup sulit dijangkau oleh para wisatawan karena letaknya yang cukup jauh dari kota. Wisata alam ini terbilang cukup unik karena air terjun tersebut tidak menjulang tinggi, melainkan melebar sepanjang 50 m. Selain itu, Curug Malela terangkai menjadi 7 jenis curug, yaitu Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngeubul, Curug Sumpel, Curug Palisir, dan ditutup dengan Curug Pamengpeuk. Kalian dapat meluangkan waktu yang sangat bermanfaat di sana, mulai dari berfoto ria bahkan bermain air yang dingin namun menyegarkan.

curug malela wisata bandung
Curug Malela (sumber gambar: rajatourbandung.com)

Akses menuju tempat wisata Curug Malela yang sangat jauh dan berliku-liku dituntut untuk siapkan fisik dan mental. Perjalanan dapat ditempuh melalui Cimahi – Cililin – Sendang Kerta – Bunijaya kemudian memasuki perkebunan teh Montaya. Akan tetapi, perjalanan tidak berkahir di situ juga. Kalian akan melewati beberapa desa kecil yang disertai oleh jalanan yang cukup berlubang dan memakan waktu hingga 3 jam perjalanan. Sayangnya, kalian tidak dapat menaruh kendaraan pribadi di dekat lokasi dan harus menitipkan kendaraan tersebut di salah satu rumah warga dan melanjutkan perjalanan dengan menaiki ojek yang disediakan oleh warga setempat kira-kira sebesar Rp 75.000,-. Meskipun kalian akan mengeluarkan ongkos yang cukup besar, pemandangan yang terbentang di sepanjang lokasi membuat hasil jerih payah kalian terbayar lunas. Kalian dapat mengunjungi tempat wisata di Bandung ini mulai dari pagi hingga sore.

9. Kampung Daun

Bagi kalian yang tertarik untuk mencicipi sajian kuliner tradisional khas Sunda dan ditemani dengan pemandangan alam yang sangat alami, Kampung Daun adalah tempat wisata kuliner yang paling cocok melewatkan hari-hari bersama keluarga bahkan sama orang tersayang. Restoran yang terletak di jalur wisata bunga Cihideung, Lembang ini menyediakan saung-saung yang sangat tradisional bernuansa pedesaan dan nyaman untuk para pengunjung baik dalam jumlah kecil maupun besar. Tak heran jika banyak sekali pengunjung pada berdatangan dengan jumlah yang cukup banyak dan sering penuh pada waktu-waktu tertentu. Menu-menu yang ditawarkan juga sangat menarik dan dijamin dapat memanjakan lidah kalian seperti nasi liwet parahyangan, gurame goreng sambel terasi, gurame bakar sambel kecap, nasi pepes daun kemangi, nasi tutug oncom, dan sebagainya. Kampung Daun juga menyediakan makanan Barat di menu khusus kalian.

tempat wisata kuliner kampung daun
Kampung Daun (sumber gambar: griyawisata.com)

Objek wisata Bandung yang satu ini lokasinya sangat berdekatan dengan jalur utama Lembang sehingga akses menuju lokasi sangatlah mudah. Kalian hanya perlu menyelusuri kawasan Lembang dari kawasan Pasteur kemudian melewati Kampung Gajah kurang lebih sejauh 1-1,5 km dan akhirnya kalian sampai di Kampung Daun.

8. Situ Patenggang

Tidak jauh dari lokasi Kawah Putih, Situ Patenggang terletak di kaki Gunung Patuha berupa danau yang memiliki pulau tak berpenghuni di tengah-tengah. Perkebunan teh yang letaknya tidak jauh dari lokasi wisata membuat tempat wisata di kawasan Ciwidey Bandung ini semakin menarik perhatian banyak wisatawan. Banyak sekali aktivitas yang bisa dinikmati di Situ Patenggang, mulai dari menyusuri danau dengan perahu yang sudah disediakan yang dapat diipilih sesuka hati, piknik keluarga, bahkan dapat menginap di villa yang sudah disediakan oleh pengelola Situ Patenggang.

wisata bandung situ patenggang
Situ Patenggang (sumber gambar: harnas.co)

Ketika berada di sana, kalian harus mengeluarkan kocek harga tiket masuk bagi wisatawan lokal sebesar Rp 18.000,- (hari biasa) dan Rp 20.500,- (akhir pekan). Kemudian untuk para wisatawan mancanegara sebesar Rp 135.000,- (hari biasa) dan Rp 185.000,- (akhir pekan). Akses untuk menuju lokasi sangatlah gampang, mulai dari pintu Tol Kopo kemudian melewati Jalan Kopo, diteruskan hingga menuju Soreang, Kawah Putih dan sampailah di Situ Patenggang. Kalian dapat mengunjungi objek wisata tersebut mulai pukul 06.30-17.00.

7. Tangkuban Perahu

Tempat wisata alam di Bandung ini terkenal sekali dengan legenda asal usul Sangkuriang dengan Gunung Tangkuban Perahu yang bentuknya menyerupai dengan perahu yang terbalik. Tempat wisata yang berlokasi di Cikole, Bandung Utara ini berudara sangat dingin namun sejuk. Selain itu, Gunung ini juga memiliki banyak sekali kawah yang tersebar di berbagai tempat sekitar Tangkuban Perahu seperti Kawah Ratu yang jaraknya cukup berdekatan dengan lokasi parkir. Aroma belerang yang cukup kuat memiliki khasiat yang sangat bagus untuk kulit. Itulah sebabnya kalian akan menjumpai beberapa wisatawan yang merendam kakinya bahkan mengoleskan tangannya dengan lumpur belerang.

wisata alam di gunung tangkuban perahu
Gunung Tangkuban Perahu (sumber foto: ainisastra.com)

Untuk menuju Tangkuban Perahu, kalian hanya perlu masuk ke pintu Tol Pasteur kemudian mengikuti jalan menuju Lembang hingga sampai ke daerah Cikole. Selain itu, kalian juga akan memasuki jalanan yang cukup berkelok-kelok dan memakan waktu yang cukup lama sejauh 12 km dari Bandung. Jam operasional untuk mengunjungi Tangkuban Perahu mulai pukul 07.00-17.00 disesuaikan dengan cuaca dan kondisi yang dapat berubah sewaktu-waktu. Harga tiket masuk juga dijual seharga Rp 20.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp 200.000,- untuk wisatawan mancanegara.

6. Kampung Gajah

Tempat wisata di Bandung yang satu ini adalah satu dari tempat wisata yang cocok sekali untuk anak-anak yang masih belia dan juga cocok bagi orang dewasa. Taman hiburan yang berlokasi di Jalan Sersan Bajuri KM. 3,8, Cihideung, Parongpong, Bandung Barat ini memiliki lebih dari 20 wahana dan atraksi yang sangat menarik mulai dari Paint Ball, Horse Riding, Waterboom, Children Playground, dan sebagainya. Tentu saja dengan fasilitas wahana yang sangat lengkap ini cocok sekali untuk dijadikan liburan keluarga yang tidak akan terlupakan. Meskipun dilarang untuk membawa makanan dan minuman dari luar, kalian dapat membeli makanan di dalam lokasi Kampung Gajah yang menyediakan restoran khas Jepang, Sunda, dan Barat serta stand makanan dengan menu makanan yang variatif. Tempat hiburan ini dapat kalian kunjungi setiap hari mulai pukul 09.00-18.00 untuk hari kerja dan pukul 08.00-18.00 untuk akhir pekan dan hari libur.

kampung gajah
Kampung Gajah (sumber gambar: kampunggajah.com)

Untuk mencapai Kampung Gajah sangatlah mudah. Kalian dapat masuk pintu tol Pasteur kemudian menuju kawasan Terminal Ledeng dan belok kiri hingga akhirnya tiba di lokasi Kampung Gajah. Harga tiket masuk Kampung Gajah juga sangat beragam tergantung wahana mana saja yang akan dikunjungi, mulai dari harga tiket masuk seharga Rp 10.000,- (hari biasa) dan Rp 20.000,- (akhir pekan dan libur), tiket Waterboom Rp 100.000,- (hari biasa) dan Rp 125.000,- (akhir pekan dan libur), dan tiket untuk memasuki wahana-wahana tertentu yaitu Rp 150.000,- (hari biasa) dan Rp 250.000,- (akhir pekan dan libur).

5 Tempat Wisata di Bandung yang Paling Terkenal

5. Floating Market Lembang

Ingin melihat Pasar Terapung? Kali ini kalian tidak perlu jauh-jauh ke Kalimantan untuk melihat keunikan pasar tersebut. Sekarang, Bandung memiliki tempat wisata yang memiliki objek wisata pasar terapung satu-satunya di pulau Jawa. Sesuai namanya, Floating Market Lembang bisa kalian kunjungi di kawasan Lembang. Di sini mereka tidak menjual sayuran dan buah-buahan, melainkan berbagai jajanan dan makanan khas Sunda yang dijual mulai dari harga Rp 5.000,- sampai Rp 36.000,-. Jika kalian mengaku pecinta makanan dan penyuka wisata kuliner, Floating Market Lembang adalah tempat yang cocok untuk mencicipi berbagai macam kuliner khas Sunda yang juga dijamu dengan pemandangan alami yang disediakan oleh pihak wisata Pasar Terapung supaya suasana liburan kalian semakin mengesankan. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera atau ponsel kalian untuk mendapatkan gambar-gambar menarik di sana.

floating market lembang
Floating Market Lembang (sumber foto: kompasiana.com)

Untuk menuju ke sana, kalian hanya perlu berangkat dari kawasan Setiabudi kemudian diteruskan menuju Ledeng, melewati Pasar Lembang dan akhirnya sampailah di lokasi wisata. Harga tiket masuk ke dalam tempat wisata dijual sebeasar Rp 10.000,- dan belum termasuk dengan wahana-wahana yang disediakan. Harga-harga yang diberikan juga sangat variatif. Oleh karena itu, disarankan untuk menyiapkan uang yang cukup jika kalian mengajak sanak keluarga dan teman-teman sejawat kalian.

4. Tebing Keraton

Objek wisata Bandung yang satu ini juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi karena kalian dapat melihat pemandangan alam yang menakjubkan sekaligus pemandangan kota Bandung yang sangat indah. Tebing Keraton ini berlokasi di kawasan Dago Pakar, beberapa kilometer setelah Taman Hutan Raya Ir. Djuanda. Di sini kalian dapat menikmat seluruh pemandangan mulai dari gunung, sawah, kabut-kabut yang masih alami, serta sebagian kota Bandung lebih dari 180 derajat. Jangan lupa untuk mengabadikan momen pemandangan tersebut dengan kamera, perangkat pintar, dan segala alat elektronik yang mampu menangkap pemandangan Tebing Keraton. Selain itu, akan sangat lebih baik jika mengunjungi kawasan tersebut pada saat matahari terbit, yaitu pada pukul 05.30-06.30.

wisata alam tebing keraton bandung
Pemandangan dari Tebing Keraton Bandung (sumber foto: pergidulu.com)

Akses menuju ke Tebing Keraton cukup sulit, yaitu mulai dari simpang Dago atas yang berdekatan dengan McD Dago kemudian diteruskan hingga melewati Tahura Ir. Djuanda. Akan tetapi, kalian tidak dapat sampai di kawasan Tebing Keraton langsung dan harus menggunakan ojek untuk mencapai lokasi tersebut seharga Rp 50.000,- per orang bisa nego. Jika kalian memilih untuk jalan kaki, jarak dari tempat parkir menuju lokasi sekitar 2 km dengan jalanan yang cukup menanjak. Sesampainya di lokasi jangan lupa untuk membayar harga tiket masuk sebesar Rp 11.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp 76.000,- untuk wisatawan mancanegara. Bagi yang membawa anak-anak, jangan khawatir karena sebagian lokasi sudah dipagari sehingga mereka aman untuk menyelusuri walaupun ada wisatawan yang berusaha nekat untuk mencari lokasi foto yang cukup berbahaya.

3. Kawah Putih

Terletak di kawasan Ciwidey tepatnya di kaki Gunung Patuha, Kawah Putih merupakan satu dari objek wisata di Bandung yang sangat diminati, kalian dapat melihat kawah dari hasil letusan Gunung Patuha yang berwarna-warni ditambah dengan aroma belerang yang sangat kuat namun tidak terlalu membahayakan. Tak heran jika tempat ini selalu menjadi incaran favorit bagi para pasangan yang akan menikah untuk mengabadikan momennya di kawah Putih. Tak hanya itu, lokasi wisata ini juga pernah dipakai untuk syuting film drama romantis ‘Heart’ yang sangat eksis di tahun 2006. Ajaklah keluarga dan pasangan kalian untuk menikmati keindahan alam yang tidak terlupakan ini.

objek wisata kawah putih
Kawah Putih (sumber gambar: Dok. pribadi penulis)

Untuk mencapai Kawah Putih, kalian perlu masuk ke pintu tol Kopo atau Buah Batu kemudian diteruskan hingga menuju arah Soreang dan akhirnya sampailah di kawasan Ciwidey dan Kawah Putih. Tidak lupa kalian juga harus menaiki transportasi khusus menuju Kawah Putih yang dibanderol seharga Rp15.000,- per  orang. Kalian dapat mengunjungi Kawah Putih mulai dari jam 07.00-17.00 tergantung kondisi dan cuaca Kawah Putih yang dapat berubah sewaktu-waktu.

2. Dusun Bambu

Tempat wisata ini sering dijadikan sebagai tempat nongkrong, berkemah, bahkan tempat yang cocok untuk mengambil gambar-gambar menarik karena pemandangannya yang indah dan sangat alami. Dusun Bambu terletak di Cisarua, Situ Lembang, tepatnya berada di kaki Gunung Burangrang. Objek wisata ini juga memiliki banyak sekali fasilitas yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan mulai dari bersepada, olahraga pagi, rekreasi keluarga, dan sebagainya. Dengan mengeluarkan harga tiket masuk sebesar Rp 15.000,00, kalian dapat menyelusuri seisi fasilitas Dusun Bambu.

wisata kuliner dusun bambu
Dusun Bambu (sumber gambar: dusunbambu.com)

Dusun Bambu juga memiliki dua restoran yang selalu menjadi incaran banyak orang untuk berfoto ria, yaitu Kafe Burangrang yang mengandalkan pemandangan alaminya, restoran Lutung Kasarung yang terkenal dengan interior menyerupai sangkar burung, dan Purbasari yang mengandalkan masakan khas Sunda. Jika ingin membelikan kenang-kenangan untuk orang terdekat, janganlah ragu untuk melihat Pasar Khatulistiwa yang menyediakan jajanan serta oleh-oleh yang sangat unik. Dusun Bambu juga memiliki villa Kampung Layung yang dapat disewa kapanun kalian mau yang dibanderol seharga 2,5 juta per malam. Bagi keluarga yang membawa anak-anak, ajaklah untuk mengunjungi wahana Bamboo Playground atau Rabbit Wonderland.

Jika tertarik, kalian dapat menuju Dusun Bambu dengan kendaraan pribadi mulai dari masuk pintu tol Padalarang menuju Cimahi dan melewati jalan Kolonel Matsuri atau pintu tol Pasteur kemudian mengarah ke kawasan Ledeng dan jalan Kolonel Matsuri. Selain itu, Dusun Bambu juga dapat dikunjungi setiap hari mulai dari pukul 09.00-21.00.

1. Trans Studio Bandung

Ini merupakan tempat wisata di Bandung yang paling terkenal. Trans Studio Bandung atau biasa disingkat TSB teretak di Jalan Gatot Subroto Nomor 289, Bandung. Tempat hiburan yang dibangun di dalam Trans Studio Mall sejak tahun 2011 seringkali menjadi tujuan wisata yang cocok untuk seluruh kalangan. Tempat ini merupakan tempat hiburan kedua yang didirikan oleh Trans TV setelah Makassar. Jadi, bagi yang tinggal di pulau Jawa dan sekitarnya, kalian tidak perlu repot-repot untuk pergi ke Makassar supaya dapat menikmati seluruh wahana Trans Studio.

tempat wisata di bandung trans studio
Wisata Bandung: Trans Studio Bandung (sumber gambar: transstudiobandung.com)

TSB ini memiliki wahana yang dibagi menjadi empat wilayah yaitu Studio Central, The Lost City, Magic Corner, dan panggung besar yang selalu menampilkan pertunjukkan dua kali dalam sehari setiap akhir pekan. Setiap wilayah memiliki wahana keunggulan yakni di Studio Central memiliki Yamaha Racing Coaster dengan kecepatan 120km/jam, kemudian di The Lost City terdapat wahana Sky Pirates (kapal bajak laut yang berayun-ayun), sedangkan di lokasi Magic Corner terdapat Dunia Lain (menyelusuri rumah hantu dengan kereta kecil), terakhir adalah pertunjukan yang sangat variatif di antaranya adalah The New Parade and Laser Show.

Akses untuk menuju ke sana sangatlah mudah, kalian dapat menempuhnya melalui tol Buah Batu untuk kendaraan pribadi atau angkot Bandung yang melewati arah Cicadas atau Cibinong. Selain itu berhubung tempat hiburan mengikuti jam operasional juga dengan mall, kalian dapat mengunjunginya pada jam tertentu. Pada hari Senin-Jumat pada pukul 10.00 – 21.00 dan hari Sabtu, Minggu, dan hari libur pukul 09.00 – 22.00. Harga tiket yang dijual sebesar Rp 150.000,- untuk hari Senin-Jumat dan Rp 250.000,- untuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur.

Inilah 10 tempat wisata di Bandung yang terpopuler yang bisa kalian kunjungi. Bandung memiliki banyak sekali akses transportasi yang sangat terjangkau sehingga kalian dapat bepergian ke tempat tujuan wisata dengan mudah. Selain itu, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Bandung yang tersebar di setiap tempat. Selamat liburan!

Kontributor: Amirahvelda Priyono
Tanggal upload artikel: 4 Juni 2016

Daerah tempat wisata terbaik lainnya:

1. 10 Tempat Wisata di Bali Yang Paling Terkenal

2. Wisata Semarang: 10 Tempat Wisata di Semarang Paling Terkenal

3. 10 Tempat Wisata di Jakarta yang Paling Terkenal

About Amirahvelda Priyono

Amirahvelda Priyono, alumni Sastra Prancis Universitas Padjadjaran. Asal dari Surabaya namun sekarang tinggal di Jatinangor dan mau meniti karir di Jakakrta. Hobi menulis, fotografi, desain grafis, dan denger musik jazz.

Check Also

10 Tempat Wisata di Jakarta yang Paling Terkenal

Sering melihat foto Tugu Monas? Tugu Monas atau Monumen Nasional merupakan salah satu tempat wisata …

One comment

  1. Bandung The Paris Van Java.
    Tidak Pernah Bosan untuk mengunjungi destinasi wisata di kota ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *