Home > TIPS / PANDUAN WISATA > Wisata Jogja: 10 Tempat Wisata di Jogja yang Paling Terkenal

Wisata Jogja: 10 Tempat Wisata di Jogja yang Paling Terkenal

Jogja, kota yang tidak hanya terkenal dengan julukan kota Pelajar, kota ini juga populer dengan pesona kuliner, festival budaya, hingga tempat wisata di jogja yang sangat indah dan bersejarah. Kota yang sangat kental dengan budaya Jawa ini selalu menjadi tujuan wisata yang sangat diminati oleh para wisatawan lokal dan mancanegara. Keramah-tamahan masyarakat Jogja membuat ibukota dari provinsi Derah Istimewa Yogyakarta ini tidak pernah sepi oleh kerumunan wisatawan.

Berdasarkan jumlah pencarian netizen di internet terhadap objek wisata Jogja, kami merangkum 10 tempat wisata yang paling banyak dicari di internet. Data jumlah pencarian diambil dari data Google Keyword Planner. Berikut 10 tempat wisata yang wajib kamu kunjungi saat liburan ke Jogja.

10. Pantai Baron

Dari sekian nama pantai di Jogja yang telah kita jumai, hanya nama Pantai Baron yang terkesan tidak memiliki nama khas Jawa sekalipun. Nama pantai yang konon dikenal sebagai tempat favorit bagi bangsawan Belanda pada saat itu terletak di Gunungkidul yang berbentuk huruf U. Pantai ini memiliki keunikan khusus, yaitu terdapat pertemuan harmonis antara air laut dari laut selatan dengan air tawar yang berasal dari suatu sungai. Itulah sebabnya keunikan yang dimiliki Pantai Baron ini menjadi daya tarik bagi para pengunjung. Meskipun demikian, arus ombak di pantai selatan melarang kita untuk berenang di sana demi keselamatan bersama.

tempat wisata di jogja pantai baron
Pantai Baron (sumber gambar: dubiduu.blogspot.com)

Keindahan yang dapat kalian jumpai di Pantai Baron adalah warna kehijauan pada air sungai bawah tanah berkat perpaduan tanaman hijau yang masih belum bertabrakan dengan birunya air laut. Kalian masih dapat menikmati keindahan tersebut dengan menggunakan kapal yang dapat disewakan. Tidak jauh dari Pantai Baron, terdapat mercusuar Tanjung Baron yang menjulang tinggi dan dapat kalian naiki hingga sembilan lantai. Mercusuar ini masih difungsikan sebagai penanda jarak dan terpisah setiap 12 mil laut (sekitar 22 km) yang dioperasikan oleh Dirjen Perhubungan Laut di Cilacap. Hanya dengan mengeluarkan Rp 5.000,- kalian dapat menyelusuri seisi mercusuar dan mengambil momen di dalamnya.

Jika rasa penasaran kalian terhadap Pantai Baron memuncak, datanglah ke sana mulai dari kota Yogyakarta menuju Wonosari. Kemudian pergilah menuju Jalan Baron yang persis terletak di belakang Polres Baron. Akhirnya sampailah kalian di tempat tujuan.

9. Air Terjun Sri Gethuk

Tempat wisata di jogja yang satu ini terletak di Desa Wisata Bleberan, Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun yang kerap kali disebut-sebut memiliki kemiripan dengan Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat berasal dari gugusan tanah kapur yang kering dan tandus. Akan tetapi, baik sepanjang musim kemarau dan musim hujan aliran air yang berasal dari Sungai Oya selalu mengalir dengan deras dan tidak pernah berhenti sama sekali. Cipratan yang menciptakan pelangi membuat Air Terjun Sri Gethuk ini juga tempat ideal untuk mandi atau hanya sekedar mengabadikan momen foto atau video menarik.

air terjun sri gethuk
Air Terjun Sri Gethuk (sumber foto: heryfosil.blogspot.com)

Menuju lokasi tempat wisata ini cukup sulit karena ada dua jalan yang bisa kalian pilih namun dengan resiko yang cukup tinggi. Berangkat dari Yogyakarta, kalian tinggal mengikuti jalan menuju Wonosari hingga mencapai pertigaan Gading. Kemudian kalian dapat melanjukan perjalanan hingga tiba di kawasan Playen. Setelah itu pilihlah jalan beraspal untuk sampai di lokasi meskipun cukup jauh. Tak lama kemudian, kalian akan menjumpai hutan minyak kayu putih yang dikelola oleh PERHUTANI. Sesampainya di area parkir khusus pengunjung air terjun, kalian harus menyelusuri jalan setapak sambil melihat pemandangan sawah-sawah yang sangat luas disertai nyiur pohon kelapa yang melambai-lambai. Sedangkan bagi yang memilih akses melalui Sungai Oya, kalian akan menaiki rakit sederhana yang terbuat dari drum bekas dan papan kayu dengan arus sungai yang cukup deras. Meskipun demikian, usaha kalian akan terbayar dengan pemandangan yang sangat menarik untuk dilihat. Harga tiket masuk dijual seharga Rp 7.000,- yang sudah termasuk tiket terusan menuju Goa Rancang Kencono. Jika kalian memilih jalur Sungai Oya, kalian wajib merogoh kocek sebesar Rp 10.000,-.

8. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark adalah satu dari wahana keluarga yang difavoritkan oleh warga Jogja bahkan para wisatawan dari luar kota. Tempat hiburan yang terletak di Sleman, Yogyakarta ini memiliki wahana yang dapat kalian nikmati dari sore hingga malam khusus di hari biasa, yaitu mulai pukul 15.00-22.00. Sedangkan untuk akhir pekan, pihak Sindu Kusuma Edupark membuka wahana mulai pukul 10.00-22.00. Tempat hiburan ini juga bisa kalian jangkau dengan harga tiket yang sangat terjangkau pula, yakni dari harga Rp 20.000,- hingga Rp 25.000,- atau kalian juga bisa membeli paket keluarga berupa kartu isi ulang seperti kartu ATM yang telah diisi Rp 100.000,- dan menikmati seluruh wahana yang diinginkan.

sindu kusuma edupark jogja
Sindu Kusuma Edupark (sumber gambar: swaragamafm.com)

Berangkat dari kota Jogja, kalian dapat mencapai Sindu Kusuma Edupark melalui jalan Magelang. Kemudian lanjutkan dengan mengarah ke kiri sebelum batas kota Jogja melalui pertigaan. Setelah itu ikuti jalan utama hingga menemui SKE yang terletak di utara jalan. Info lebih lanjut terkait Sindu Kusuma Edupark, kalian dapat mengunjungi laman web http://www.kusuma-edupark.com/ mengenai atraksi, festival, dan hal lainnya yang berkaitan dengan tempat hiburan tersebut.

7. Pantai Parangtritis

Siapa yang tak kenal dengan pantai ini? Pantai selatan ini selalu menjadi cerita mitos munculnya Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul. Itulah sebabnya para wisatawan diwajibkan untuk tidak memakai pakaian berwarna hijau selama berada di kawasan Pantai Selatan. Tak heran jika terjadi beberapa kasus orang yang telah hilang karena tertarik oleh arus ombak yang sangat kencang. Maka dari itu, berhati-hatilah ketika bermain di sekitar Pantai Parangtritis apalagi ketika mengajak teman-teman atau keluarga kalian, termasuk anak kecil.

pantai parangtritis
Pantai Parangtritis (sumber foto: manusialembah.blogspot.com)

Terlepas dari kengerian mitos tersebut, wisata Jogja yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung. Deburan ombak yang sangat deras membuat para peselancar handal kerap suka sekali untuk mengunjungi pantai ini. Fasilitas yang dimiliki Pantai Parangtritis sangatlah bervariasi yaitu mengelilingi sekitar tepi pantai dengan kereta kuda sebesar Rp 20.000,- sekali putaran atau menyewa mobil ATV dengan harga sewa sebesar Rp 50.000,- per 15 menit. Pantai ini juga memiliki harga tiket masuk sebesar Rp 3.000,-. Datanglah pada saat matahari terbenam dan keindahan Jogja melalui Pantai Parangtritis semakin terasa.

Pantai yang terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul Yogyakarta dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi melalui dua jalur yang sudah disediakan. Dua jalur tersebut yaitu Jogja – Kretek – Parangtritis dan Jogja – Imogiri – Parangtritis. Jika kalian lebih memilih Imogiri sebagai jalur kendaraan, sempatkanlah untuk mengunjungi Taman Makam Raja Imogiri yang terkenal di sana.

6. Kalibiru

Kalian ingin melihat pemandangan alam Jogja dari ketinggian? Kunjungilah Kalibiru yang terletak di Perbukitan Menoreh Kulonprogo, DIY. Kalian dapat melihat pemandangan alam yang terbentang luas dari ketinggian 450 mdpl. Pemandangan yang bisa kita lihat pada siang hari berupa hutan-hutan yang lebat, deburan ombak di Pantai Selatan, serta waduk Sermo yang terletak di atas bukit. Selain itu, kalian juga dapat menikmati pemandangan pada saat matahari terbit melalui Kalibiru.

tempat wisata alam kalibiru
Kalibiru (sumber gambar: piknikasik.com)

Tempat wisata Kalibiru juga memiliki banyak sekali fasilitas yang bisa kalian gunakan untuk menikmati pemandangan yakni penginapan, rumah makan dengan harga yang sangat terjangkau, ruang pertemuan khusus, fly over yang selalu menjadi tempat favorit bagi pecinta fotografi untuk mengabadikan momennya serta tempat outbound yang sangat menyenangkan bagi anak-anak, dan sebagainya. Selain itu, kalian dapat memasuki area Kalibiru dengan harga tiket masuk hanya Rp 5.000,-.

Untuk mencapai Kalibiru, kalian dapat menempuh jalan dari Malioboro kemudian mengarah ke Purworejo. Selanjutnya teruskan jalan hingga sampai ke Terminal Wates. Sesampainya di Terminal Wates, arahkan kendaraan kalian menuju Waduk Sermo. Jalanan Kalibiru yang penuh tantangan dengan tanjakan yang cukup curam membuat para pengguna kendaraan pribadi baik beroda dua maupun beroda empat untuk menjaga keseimbangan serta kuat selama menempuh perjalanan ke Kalibiru. Terlepas dari jalanan yang sangat rumit, jerih payah kalian akan terbayar dengan pemandangan alam Jogja yang spektakuler.

5 Tempat Wisata di Jogja yang Paling Terkenal

5. Pantai Nglambor

Pantai yang terletak di Gunungkidul, 70 km dari kota Jogja sangat cocok untuk dijadikan wisata snorkeling. Biasanya, pantai selatan yang terkenal dengan arus ombak yang sangat kencang membuat para wisatawan dilarang untuk melakukan aktivitas mandi bahkan berenang di laut yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini. Akan tetapi, pantai yang terbentuk oleh teluk mungil yang diapit oleh dua bukit ini memiliki arus air laut yang masih sangat tenang. Selain itu, air lautnya yang masih jernih dan alami membuat Pantai Nglambor cocok sekali buat dijadikan aktivitas snorkeling atau berenang di Jogja. Biota-biota laut yang masih sangat bervariatif juga akan menambah liburan kalian semakin berwarna saat berwisata di tempat wisata di jogja yang sangat terkenal ini.

tempat wisata di jogja pantai nglambor
Pantai Nglambor (sumber foto: vancouvercannons.com)

Pantai Nglambor diapit oleh dua pantai berbeda, yaitu Pantai Siung dan Pantai Jogan. Para wisatawan dapat mencapai Pantai Nglambor dengan melewati Pantai Siung terlebih dahulu kemudian menuju Pos Retribusi Siung. Setelah itu kalian akan menemui pertigaan dan beloklah ke kanan dengan jalur makadam. Pantai Nglambor akan kalian temukan di tempat paling ujung. Untuk informasi lebih lanjut beserta dokumentasi-dokumentasi yang dapat kalian intip, cek akun Instagram @pantai_nglambor. Akun ini menyediakan berbagai informasi penting yang bisa ditelurusi terkait wisata Pantai Nglambor. Ditambah pula, kalian dapat mengakses tiga pantai yang berdekatan satu sama lain sekaligus dengan harga tiket masuk Rp 10.000,-.

4. Goa Pindul

Goa Pindul terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa ini tergolong sangat panjang dengan panjang sejauh 350 m, lebar mencapai 5 m, dan kedalaman air mulai dari 5-12 m. Selain itu, tempat ini juga memiliki tiga zona untuk dilewati selama 45 menit, yaitu zona terang, zona remang-remang, dan zona gelap. Goa Pindul ini juga merupakan salah satu objek wisata alam yang sangat cocok bagi kalian yang ingin merasakan adrenalin. Goa yang memiliki kekayaan alam berupa sumur terbalik yang dapat dimasuki oleh cahaya matahari, pilar-pilar yang terbentuk karena campuran stalagtit dan stalagmit, air-air yang sangat jernih membuat pemandangan di dalam Goa Pindul semakin menarik dan indah. Aktivitas yang dimaksud meliputi cavetubing yang mengandalkan air bah di dalamnya. Cavetubing ini juga aman sekali bagi anak-anak hingga para ibu hamil yang dipandu oleh pemandu wisata yang sudah dipercaya keahliannya.

wisata jogja goa pindul
Goa Pindul (sumber gambar: cdn.idntimes.com)

Jika tertarik, siapkan kocek sebesar Rp 10.000,- untuk biaya retribusinya. Kemudian untuk menikmati segala fasilitas yang dimiliki selama berada di Goa Pindul kalian wajib merogoh kocek sebesar Rp 35.000,- bagi wisatawan lokal dan Rp 50.000,- bagi wisatawan mancanegara. Bagi kalian yang membawa kendaraan pribadi, diusahakan untuk memulai perjalanan dari Yogyakarta menuju Jalan Raya Wonosari. Lanjutkan perjalanan menuju kota Wonosari. Sesampainya di kota Wonosari, kalian akan melewati Bundaran Siyono dan beloklah ke kiri menuju gerbang Desa Bejiharjo. Sesampainya di sana, kalian akan menemukan lokasi yang banyak terdapat tulisan Pindhul/Pindul.

3. Umbul Ponggok

Pada saat ini, wisata Jogja yang satu ini disebut-sebut sebagai tujuan wisata yang cukup diminati oleh banyak orang. Danau air tawar yang terletak di Klaten, Jawa Tengah selalu dijadikan sebagai wisata snorkeling, diving air tawar, hingga lokasi fotografi yang sangat unik. Danau ini memiliki kedalaman hanya sekitar 1-1.5 m untuk di tepi kolam dan 2-3 m tepat di tengah kolam sehingga kalian tidak perlu takut untuk mengambil objek foto yang sangat indah di bawah permukaan danau dan ditemani pula oleh ikan-ikan air tawar yang sangat beragam.

umbul ponggok yogyakarta
Umbul Ponggok (sumber gambar: jatengprov.go.id)

Jika kalian tertarik, siapkan objek foto sekreatif mungkin di dalam permukaan danau. Tidak lupa untuk menyiapkan kamera beserta peralatan lengkap yang kalian miliki. Misalkan kalian tidak punya peralatan tersebut, pihak Umbul Ponggok menyediakan peralatan kamera dan peralatan snorkeling untuk disewakan. Harga tiket masuk untuk mengunjungi Umbul Ponggok juga sangatlah murah, mulai dari Rp 8.000,- (Senin-Jumat) hingga Rp 10.000,- (Sabtu-Minggu) sejak bulan Maret 2016 dengan jam operasional mulai pukul 06.00-17.00. Untuk mencapai lokasi wisata, kalian dapat memasuki kota Klaten dan melewati Terminal Penggung. Kemudian lanjutkan hingga menuju Desa Ponggok. Ikuti jalan hingga menemui markas koramil dan kalian akan menemukan Umbul Ponggok yang terdapat di sebelah kiri jalan.

Untuk info lebih lanjut, kalian dapat menghubungi narahubung resmi Umbul Ponggok : +62 8579 9366 382 atau akun Instagram resmi Umbul Ponggok (@umbul_ponggok) untuk menjawab rasa penasaran kalian terhadap karya-karya foto di sana.

2. Jogja Bay

Waterpark Maguwoharjo atau biasa disebut dengan Jogja Bay adalah tempat waterpark terbesar di kota Jogja. Tempat wisata di jogja yang ini dapat dikunjungi dan dinikmati oleh seluruh kalangan umur. Taman air yang berkonsep bajak laut memiliki wahana yang sangat bervariasi, mulai dari slider air yang sangat mengguncang adrenalin, taman bermain air khusus anak-anak, serta permainan air bertemakan bajak laut. Jogja Bay juga memiliki permainan unggulan yaitu How to Survive in Tsunami and Earthquake sebagai bentuk pembelajaran kepada warga Jogja maupun para wisatawan yang sedang berlibur ke Jogja untuk menghadapi dua bencana alam tersebut. Tidak heran jika taman hiburan air ini selalu ramai didatangi pengunjung mulai dari rombongan keluarga hingga rombongan teman sejawat.

jogja bay waterpark
Jogja Bay Waterpark (liburmulu.com)

Jogja Bay terletak di sebelah utara Stadion Maguwoharjo. Untuk menuju ke Jogja Bay dari Stasiun Tugu Yogyakarta, kalian dapat menelusuri Jalan Suroto hingga melewati UGM dan belok kanan ke Ring Road Utara. Kemudian beloklah kiri menuju Jalan Nusa Indah yang akan dilanjutkan menuju Jalan Jetis. Selain itu, kalian dapat menikmati seluruh wahana tersebut mulai pukul 09.00-18.00 (hari kerja) dan pukul 08.00-18.00 (akhir pekan). Harga tiket masuk yang harus dikeluarkan untuk memasuki Jogja Bay sebesar Rp 90.000,- (bagi yang tingginya di atas 110 cm) dan Rp 60.000 (bagi yang tingginya maksimal 110 cm). Jika kalian sudah tertarik untuk merasakan sensasi bermain air bersama keluarga bahkan teman kalian, segera kunjungi situs jogjabay.com atau kunjungi Jogja Bay langsung.

1. Candi Prambanan

Ini merupakan objek wisata Jogja yang paling terkenal dan paling banyak dicari oleh netizen di Internet. Candi yang biasa disebut sebagai Candi Roro Jonggrang ini terletak di perbatasan dua provinsi sekaligus, yaitu di Sleman, DIY dan Klaten, Jawa Tengah. Candi Prambanan merupakan tempat wisata di Jogja yang paling terkenal dan paling banyak dicari netizen di internet. Ketika kalian berjalan memasuki lokasi candi, kalian akan menemukan reruntuhan batu-batu yang berasal dari ribuan candi yang telah dibangun pada ribuan tahun yang lalu. Akan tetapi, candi-candi tersebut sudah runtuh akibat gempa bumi pada beberapa tahun yang lalu.

tempat wisata di jogja candi prambanan
Wisata Jogja: Candi Prambanan (sumber foto: upload.wikimedia.org)

Jika kalian berniat mengunjungi Candi Prambanan, datanglah pada saat satu jam setelah jam buka Candi Prambanan yaitu mulai jam 06.00-17.00. Harga tiket masuk dijual seharga Rp 30.000,- (dewasa) dan Rp 12.500,- (anak-anak) bagi wisatawan lokal. Untuk wisatawan mancanegara, kalian harus mengeluarkan kocek sebesar US$ 18 (dewasa) dan US$ 9 (anak-anak). Perjalanan menuju Candi Prambanan sangatlah mudah bagi yang berangkat dari Malioboro dan ingin menaiki transportasi umum, naiklah TransJogja jurusan 1A hingga mencapai terminal Prambanan. Kemudian kalian dapat melanjutkan perjalanan dengan menaiki becak yang tersebar di mana-mana.

Selain menikmati bangunan-bangunannya yang megah, pihak pengelola membuka akses transportasi khusus bagi yang ingin mengunjungi Candi Ratu Boko yang sangat terkenal. Hanya mrogoh kocek seharga Rp 45.000,- kalian akan menikmati fasilitas berupa transportasi Pergi-Pulang dengan mobil Elf dengan harga tiket masuk Candi Ratu Boko. Bagi kalian yang hanya sempat berkunjung ke Candi Prambanan pada malam hari, jangan khawatir. Setiap musim kemarau, pihak Candi Prambanan kerap mengadakan pertunjukan sendratari Ramayana yang berlatar belakang Candi Prambanan. Sungguh romantis!

Itulah 10 tempat wisata di jogja yang paling terkenal dan wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Jogja. Perpaduan budaya dan tempat bersejarah adalah keunggulan khas yang dimiliki kota Jogja. Itulah sebabnya para wisatawan tak pernah bosan untuk berlibur di Jogja dengan segala keromantisan kota yang sangat dalam. Ayo! Siapkan liburanmu dan ajaklah keluarga dan teman-temanmu!

Kontributor: Amirahvelda Priyono
Tanggal upload artikel: 12 Juni 2016

Daerah tempat wisata terbaik lainnya:

1. 10 Tempat Wisata di Bandung Terpopuler

2. 10 Tempat Wisata di Malang Terpopuler

3. 10 Tempat Wisata di Bogor Terpopuler

About Amirahvelda Priyono

Amirahvelda Priyono, alumni Sastra Prancis Universitas Padjadjaran. Asal dari Surabaya namun sekarang tinggal di Jatinangor dan mau meniti karir di Jakakrta. Hobi menulis, fotografi, desain grafis, dan denger musik jazz.

Check Also

10 Tempat Wisata di Jakarta yang Paling Terkenal

Sering melihat foto Tugu Monas? Tugu Monas atau Monumen Nasional merupakan salah satu tempat wisata …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *