Home > TIPS / PANDUAN WISATA > Wisata Lombok: 10 Tempat Wisata di Lombok Paling Terkenal

Wisata Lombok: 10 Tempat Wisata di Lombok Paling Terkenal

Siapa yang tidak mengenal Gili Trawangan? Tempat wisata di Lombok yang satu ini bahkan telah menarik perhatian banyak wisatawan mancanegara karena keindahan pantainya, tempat snorkeling, scuba diving, dan berbagai olahraga air lainnya. Selain Gili Trawangan, ternyata masih banyak tempat wisata lain yang sangat terkenal dan wajib kamu kunjungi saat liburan ke Lombok.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Google Keyword Planner, kami mengumpulkan 10 objek wisata Lombok yang paling banyak dicari oleh para netizen. Berikut ini tempat-tempat wisatanya:

10. Gili Kondo

Terletak di Lombok Timur, Gili Kondo merupakan sebuah pulau dengan pantai yang sangat cantik. Pulau ini masih belum dijamahi oleh para wisatawan yang lain sehingga keindahannya patut kalian telusuri lebih dalam. Lautnya yang biru dan terhampar luas membuat Gili Kondo menjadi destinasi utama bagi kalian yang hobi snorkeling. Nama Kondo berasal dari nama burung Kondo yang terkenal di Lombok. Konon pulau tersebut merupakan sarang burung Kondo.

wisata lombok gili kondo
Wisata Lombok: Gili Kondo (Sumber gambar: 3.bp.blogspot.com)

Selain itu, Gili Kondo ini juga berdekatan dengan Gili Lampu, yang memiliki hutan bakau yang sangat lebat dan Gili Kapal, yang terkadang mengalami pasang sehingga dapat dipijak sebesar 2 diameter ukuran pulau. Pulau ini hanya memiliki tiga jenis penginapan yang menyerupai rumah panggung dan cottage yang tradisional namun sangat nyaman. Pengelola dapat memberikan pelayanan berupa tempat tidur dan makanan yang merogoh kocek sebesar Rp 150.000,- per malam. Itulah sebabnya banyak yang menganggap bahwa Gili Kondo terjaga keindahannya dengan lokasi tempat yang cukup terpencil.

Untuk menuju tempat wisata di Lombok yang satu ini kalian bisa menggunakan transportasi umum. Jika berangkat dari Mataram, kalian dapat memakai jalur alternatif menuju Sambelia (Padak Guar – Gili Kondo) dengan menggunakan bis damri menuju Terminal Kayaan seharga Rp 25.000,-. Kemudian kalian dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum sebesar Rp 3.000,- per orang. Sesampainya Padak Guar, gunakanlah transportasi yang disediakan seharga Rp 250.000,- untuk 10 orang

9. Danau Segara Anak

Gunung Rinjani yang sangat terkenal ternyata memiliki danau yang tak kalah bagus dengan danau lain di Indonesia. Warga setempat menyebutnya Danau Segara Anak yang terletak di puncak Gunung Rinjani. Danau ini memiliki keunikan berupa gunung yang terletak di tepi danau tersebut yang bernama Gunung Batu Jari. Meskipun waktu tempuh perjalanan menuju danau tersebut memakan waktu sekitar sembilan jam, hasil kerja keras kalian akan terbayar dengan keindahan yang ditawarkan oleh danau tersebut.

wisata lombok danau segara anak
Danau Segara Anak (sumber gambar: lombokita.com)

Selain itu, kalian dapat berendam di sumber air panas dengan tingkat panas yang berbeda-beda. Sumber air panas tersebut juga dipercaya untuk menyembuhkan berbagai penyakit bagi warga Suku Sasak. Selain itu, kalian juga dapat bermalam di sekitar tepi danau untuk menikmati sejenak pemandangan danau di puncak gunung. Danau ini juga berdekatan dengan Goa Susu yang di dalam goa tersebut berwarna putih susu. Tempat yang juga keramat bagi warga setempat seringkali digunakan sebagai upacara adat untuk menghormati para leluhur.

Untuk mencapai danau tersebut, kalian harus mendaki Gunung Rinjani yang membutuhkan kondisi fisik yang sangat kuat. Jika kalian benar-benar merasa sehat, kalian dapat berangkat menuju danau tersebut. Kemudian ada beberapa trek yang harus ditempuh untuk sampai ke Danau Segara Anak, yaitu melewati Desa Senaru – Desa Sembalun Lawang – Desa Torean – dan akhirnya Puncak Plawangan dengan medan yang cukup curam.

8. Pantai Kuta Lombok

Jika kalian hanya berpendapat bahwa Pantai Kuta hanya terletak di Pulau Bali, kalian salah besar. Lombok juga memiliki pantai yang bernama Pantai Kuta Lombok. Wisata Lombok ini terletak di sebelah selatan, bersebelahan dengan Tanjung Aan. Pantai ini juga terkenal dengan kuliner ayam taliwang yang sangat enak. Jika kalian sedang merencanakan liburan ke Lombok, sempatkanlah untuk menikmati Pantai Kuta Lombok dengan pasir yang sangat putih, air biru laut yang sangat jernih, serta pemandangan bukit yang berdekatan dengan lokasi pantai yang bernama Bukit Mandalika. Pantai ini dapat kalian manfaatkan dengan berbagai aktivitas seperti snorkeling, berselancar, atau hanya sekedar bermain air bahkan dapat menikmati pemandangan matahari terbenam.

pantai kuta lombok
Pantai Kuta Lombok (sumber gambar: paketliburanlombok.com)

Untuk mencapai ke pantai tersebut kalian diharuskan untuk membawa kendaraan pribadi karena akses ke tempat tujuan melalui angkutan umum jarang ditemui dan relatif mahal. Akses menuju pantai tersebut membutuhkan waktu sekitar 90 menit dari Mataram. Selama di perjalanan, kalian akan melewati Desa Suku Sasak yang terkenal dengan tenun tradisional. Selain itu, kalian juga dapat mengunjungi Pantai Seger yang terletak tidak jauh dari Pantai Kuta Lombok.

7. Gili Nanggu

Terletak di sisi barat Pulau Lombok, Gili Nanggu merupakan pulau yang menyajikan banyak sekali keindahan alam yang menakjubkan. Tempat wisata di Lombok yang ini masih belum dijamahi oleh para wisatawan lain sehingga pulau ini cocok sekali bagi kalian yang membutuhkan ketenangan alami. Pulau ini juga menjadi tempat konservasi penyu selama 11 tahun berturut-turut. Aktivitas-aktivitas yang bisa kalian lakukan di Gili Nanggu sangatlah banyak, mulai dari olahraga air, snorkeling dengan dua titik yang berbeda dan beragam, bahkan melihat ikan-ikan kecil yang berenang di tepi dangkal laut.

gili nanggu
Wisata Lombok: Gili Nanggu (sumber gambar: wisatalombokaja.blogspot.com)

Mudah sekali untuk mencapai Gili Nanggu. Jika kalian berangkat dari Mataram, kalian dapat menempuh perjalanan menuju Pelabuhan Lembar dan dilanjutkan dengan menggunakan perahu cepat selama 35 menit dengan harga Rp 350.000,- untuk lima orang. Kalian juga berangkat dari Pelabuhan Tawang dan menyewa perahu cepat seharga Rp 250.000,- untuk lima orang.

6. Pantai Senggigi

Senggigi adalah pusat pariwisata alam di sebelah barat Pulau Lombok. Meskipun objek wista Lombok yang ini sudah mulai ramai dengan hiruk pikuk para wisatawan lainnya, Pantai Senggigi masih cocok untuk kalian yang membutuhkan ketenangan oleh hawa pantai yang sangat dinantikan. Pantai ini juga memiliki daya tarik lainnya yaitu Batu Bolong berupa Pura yang dibangun di atas karang yang terletak di tepi pantai. Bagi kalian yang sangat menyukai selancar, olahraga (jogging) atau snorkeling, Pantai Senggigi adalah tempat yang sangat cocok untuk liburan kalian. Pantai ini juga telah difasilitasi oleh berbagai penginapan, kafe, layanan perjalanan, dan sebagainya.

tempat wisata pantai senggigi
Pantai Senggigi (sumber gambar: fotowisata.com)

Menuju Pantai Senggigi sangatlah mudah bagi yang memulai perjalanan dari kota Mataram. Kalian dapat menggunakan transportasi taksi yang dibanderol seharga Rp 50.000,- hingga Rp 100.000,- tergantung lokasi. Jika kalian lebih memilih untuk menggunakan kendaraan umum, ambillah jalur khusus Swetan – Ampenan kemudian naikilah kendaraan umum lagi yang mengarah ke Senggigi. Harga dari transportasi umum tersebut hanya berkisar Rp 3.000,- hingga Rp 5.000,- per orang.

5 Tempat Wisata di Lombok yang Paling Terkenal

5. Pantai Pink Lombok

Jika kalian sudah bosan mengunjungi pantai berpasir putih, kenapa tidak memberanikan diri kalian untuk mendatangi pantai yang berpasir pink? Ya, Lombok memiliki pantai dengan warna yang sangat berbeda dari warna pantai sebelumnya. Tempat wisata di Lombok yang disebut juga dengan Pantai Tangsi ini terletak di Desa Sekaroh, Lombok Timur. Keunikan yang terdapat di pantai tersebut adalah terumbu karang yang berwarna kemerah-merahan yang memberikan warna pada pasir pantai tersebut.

pantai pink lombok
Pantai Pink Lombok (sumber gambar: wisatatiga.com)

Pantai ini juga dikenal dengan bekas markas tentara Jepang berupa gua buatan karena letak markas tersebut tidak jauh dari pantai tersebut. Selain itu, pantai ini memiliki keunikan lainnya berupa tebing – tebing yang cukup tinggi yang dapat dinikmati bersamaan dengan hamparan air laut yang sangat deras. Pantai Pink ini bisa kalian nikmati dengan melakukan aktivitas snorkeling dan berkeliling gili-gili kecil dengan perahu berkapasitas 10 – 20 orang seharga Rp 10.000,- per orang.

Letak pantai yang sangat jauh dengan kota Mataram serta keterbatasan fasilitas kendaraan umum memaksakan kita untuk menggunakan kendaraan pribadi. Pantai ini juga berdekatan dengan Tanjung Ringgit yang memakan waktu tempuh sekitar dua jam.

4. Gili Meno

Di antara tiga gili terbesar yang berada di Lombok, Gili Meno merupakan gili paling sunyi namun memberikan kesan menenangkan bagi siapapun yang mengunjunginya. Tak heran jika banyak wisatawan yang memanfaatkan Gili Meno tersebut sebagai tempat untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk perkotaan. Gili Meno terletak berdekatan sekali dengan Gili Trawangan dan Gili Air. Pulau ini juga dihuni oleh penduduk sekitar 400 orang dan sedikit warga yang menggunakan listrik sebagai sumber energi mereka. Meskipun demikian, keterbatasan tersebut menjadikan Gili Meno sebagai tempat wisata di Lombok yang paling alami.

gili meno
Gili Meno (sumber gambar: travelovu.com)

Aktivitas- aktivitas yang dapat kalian lakukan ketika berada di Gili Meno antara lain jalan – jalan, snorkeling, diving, mengunjungi tempat penangkaran penyu, bahkan mengunjungi taman burung yang dikelola oleh penduduk setempat. Akan tetapi, keterbatasan fasilitas seperti ATM dan akomodasi yang cukup mahal menuntut kalian untuk membawa uang yang cukup dan mempersiapkan liburan kalian jauh – jauh hari.

Akses menuju Gili Meno terbilang cukup mudah karena lokasinya yang berada di Kepulauan Gili. Jika berangkat dari Pulau Lombok, kalian dapat menuju ke wilayah Senggigi, yaitu Bangsal Harbour dengan menggunakan kapal khusus menuju Gili Meno. Bagi yang ingin mencari opsi lain, kalian dapat berangkat menuju Gili Trawangan terlebih dahulu untuk mendapatkan akses berupa kapal cepat menuju Gili Meno pada keesokan harinya.

3. Gili Air

Gili Air merupakan satu dari gili terbesar di Kepulauan Gili, Lombok yang sangat terkenal dengan kesunyiannya yang menenangkan. Tempat ini juga tempat ideal bagi kalian, baik pasangan atau para petualang yang menginginkan suasana yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan yang kurang menyenangkan. Penduduknya yang terkenal ramah membuat liburan kalian semakin nyaman dan mengesankan. Gili Air merupakan tempat ideal pula untuk snorkeling, diving, bahkan memanjakan diri. Pulau ini memiliki lima tempat favorit yang dapat kalian kunjungi yaitu Air Wall, Air Slope, Frogfish Point, Segaluh, dan Malang Reef yang terkenal dengan keindahan terumbu karang serta biota – biota laut yang sangat beragam.

wisata lombok gili air
Gili Air (sumber gambar: gili-paradise.com)

Tempat wisata di Lombok ini dapat dicapai dengan berbagai cara, salah satunya adalah perahu cepat yang disediakan oleh pelabuhan Bangsal seharga Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,- per orang dengan jam operasional hanya dua kali dalam sehari. Jika memungkinkan, kalian dapat menggunakan transportasi lain walaupun harga yang diberikan tidak semurah kapal cepat sebelumnya. Meskipun demikian, usaha tersebut akan terbayar lunas dengan keheningan Gili Air yang sangat kalian nantikan untuk liburan kalian berikutnya.

2. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah satu dari gunung di Indonesia yang masih aktif. Gunung yang memiliki ketinggian 3762 m di atas permukaan laut merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia. Tak heran jika kekayaan alam ini seringkali dijadikan tempat favorit bagi para pendaki gunung atau para pecinta alam. Keunikan yang dimiliki oleh Gunung Rinjani sangatlah beragam antara lain Bukit Tiga Dara yang sangat indah yang menembus lautan awan di sore hari.

gunung rinjani
Gunung Rinjani (sumber gambar: ciricara.com)

Untuk mencapai puncak hingga menuruni dari Gunung Rinjani, ada dua jalur yang dapat kalian lalui, yaitu melalui jalur Sembalun, yaitu melalui dua pos berbeda yang meliputi kawasan penduduk dengan sabana yang sangat luas kemudian melewati Plawangan yang terdiri dari jalanan curam dari bebatuan yang akan membawa kalian pula ke Danau Segara Anakan. Selain itu, terdapat jalur Senaru yang akan membantu kalian menuruni Gunung Rinjani. Jalur Senaru ini akan membawa kalian ke bukit yang meliputi tanjakan dan turunan yang sangat curam, bukit ini biasa disebut sebagai Bukit Penyesalan. Setelah kalian melewati bukit tersebut, barulah kalian sampai di basecamp yang dapat ditempuh selama dua jam.

Untuk sampai ke salah satu basecamp Gunung Rinjani dari Mataram, kalian dapat menggunakan taksi yang dibanderol seharga Rp 175.000,- hingga Rp 200.000,- dengan waktu tempuh selama dua jam.

1. Gili Trawangan

Ini merupakan tempat wisata Lombok yang paling terkenal dan wajib kamu kunjungi. Gili Trawangan merupakan satu dari destinasi wisata Indonesia yang telah berstandar internasional. Biasanya para wisatawan mengunjungi Gili Trawangan untuk menikmati keindahan pantai yang menakjubkan, berenang di sekitar pantai, serta melihat matahari terbit dan terbenam. Di sana kita juga akan menjumpai beberapa kapal yang membawa penumpang ke gili-gili lain yang berdekatan, seperti Gili Meno dan Gili Air. Pulau ini memiliki transportasi umum satu-satunya berupa kereta kuda yang senang hati melayani pengunjung untuk berkeliling di sekitar gili. Tak ketinggalan pula tempat wisata ini menyajikan pula fasilitas snorkeling dan diving yang akan mengajak kalian untuk menelusuri keindahan alam di dasar laut.

tempat wisata di lombok gili trawangan
Wisata Lombok: Gili Trawangan (sumber gambar: pearloftrawangan.com)

Jika kalian ingin sekali menginap di sekitar Gili Trawangan, di sana telah disediakan fasilitas penginapan berstandar internasional dengan harga-harga yang sangat terjangkau. Selain itu, Gili Trawangan juga terkenal sekali dengan pub, kafe, dan restoran yang dibuka 24 jam dan selalu menyelenggarakan pesta untuk memanjakan wisatawan. Jika tertarik dan kalian berada di Mataram, kalian hanya perlu berangkat menuju Dermaga Bangsal kemudian menaiki kapal cepat menuju Gili Trawangan secara langsung dengan harga Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,- per orang selama 30 menit.

Inilah 10 tempat wisata di Lombok yang bisa menjadi rekomendasi tepat bagi liburan kalian selama berada di Lombok. Pemandangan-pemandangan yang ditawarkan selalu memberikan kesan yang tidak terlupakan dan membuat raga tersebut beranjak kembali ke sana. Jika kalian ingin mencari ketenangan dari segala pekerjaan yang menumpuk di hari-hari kerja, segera buat agenda untuk liburan ke Lombok!

Kontributor: Amirahvelda Priyono
Tanggal upload artikel: 30 Juli 2016

Daerah tempat wisata menarik lainnya:

1. 10 tempat wisata di Jogja terpopuler

2. 10 tempat wisata di Malang terpopuler

3. 10 tempat wisata di Bogor terpopuler

About Amirahvelda Priyono

Amirahvelda Priyono, alumni Sastra Prancis Universitas Padjadjaran. Asal dari Surabaya namun sekarang tinggal di Jatinangor dan mau meniti karir di Jakakrta. Hobi menulis, fotografi, desain grafis, dan denger musik jazz.

Check Also

10 Tempat Wisata di Jakarta yang Paling Terkenal

Sering melihat foto Tugu Monas? Tugu Monas atau Monumen Nasional merupakan salah satu tempat wisata …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *