Home > TIPS / PANDUAN WISATA > Wisata Semarang: 10 Tempat Wisata di Semarang Paling Terkenal

Wisata Semarang: 10 Tempat Wisata di Semarang Paling Terkenal

Selain dikenal dengan kuliner khas nya yang sangat terkenal seperti Lumpia Semarang dan Bandeng Juwana, banyak juga tempat wisata di Semarang yang sangat menarik dan layak kamu jadikan sebagai tempat liburan atau rekreasi. Sebut saja Lawang Sewu, bangunan era kolonial yang berbalut misteri, atau Kota Lama Semarang, tempat wisata tempo doele yang disebut juga dengan Little Netherland.

Berikut ini 10 tempat wisata yang paling terkenal dan wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Semarang.

10. Kompleks Pecinan Semarang

Kompleks ini memiliki pengaruh budaya, ekonomi, dan perdagangan yang sangat penting bagi masyarakat Tionghoa yang telah mendiami kota Semarang sejak jaman kolonial Belanda. Pecinan Semarang yang terletak berdekatan dengan Kota Lama Semarang (Little Netherlands) termasuk tempat wisata budaya terbesar di Semarang. Kompleks ini memiliki tiga tempat penting yang bisa kalian kunjungi yang terdiri dari Pasar Tradisional Gang Baru (Pasar yang menjual berbagai macam jenis kebutuhan yang buka setiap hari mulai pukul 05.00), Warung Semawis (Pasar kuliner yang buka setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu mulai pukul 18.00), dan Pasar Imlek Semawis (Pasar yang dijadikan sebagai perayaan Tahun Baru Imlek selama tiga hari).

tempat wisata kompleks pecinan semarang
Kompleks Pecinan Semarang (sumber gambar: 1001wisata.com)

Sesuai dengan tempatnya, Kompleks Pecinan Semarang juga dikenal sebagai tempat 1001 Klenteng yang memiliki 9 klenteng dengan keunikan yang berbeda-beda. Untuk menuju ke kompleks tersebut, terdapat empat akses yang bisa kalian masuki. Empat akses tersebut terdiri dari Jalan K.H. Agus Salim atau Jurnatan, Jalan Jagalan, Jalan Gajah Mada, dan Jalan Wotgandul. Jadi tunggu apalagi? Rasakan budaya Tionghoa yang sangat kental di Kompleks Pecinan Semarang.

9. Pantai Maron

Pantai Maron terletak tidak jauh dari Bandara Ahmad Yani, Semarang. Pantai ini merupakan satu dari pantai di Semarang yang disukai oleh warga sekitar untuk berwisata. Pantai ini juga termasuk pantai landai sehingga kalian bebas berenang di sekitar pantai, terutama untuk anak kecil yang ingin bermain air di pantai. Ketika memasuki Pantai Maron, siapkan kocek seharga Rp 3.000,- dan kalian akan menikmati segala keindahan yang diberikan oleh Pantai Maron.

wisata semarang pantai maron
Pantai Maron (sumber gambar: semarangplus.com)

Untuk menuju tempat wisata di Semarang ini kalian akan melewati kawasan pertambakan ikan bandeng terbesar di Jawa Tengah. Akan tetapi, akses jalanan yang meliputi tanah bergelombang dan berdebu serta menjadi becek dan licin di musim hujan disarankan untuk berhati-hati. Fasilitas angkutan umum yang masih belum memadai pula juga disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau jalan kaki. Jika kalian berangkat dari Bandara Ahmad Yani, pastikan kalian melewati Bundaran Kali Banteng Semarang Barat atau kalian juga bisa menggunakan akses jalan Sultan Agung atau tol Jatingaleh bagi yang berangkat dari Semarang Kota.

8. Museum Ronggowarsito

Museum Ronggowarsito merupakan museum terlengkap di kota Semarang yang menyimpan banyak sekali koleksi sejarah, alam, arkeologi, kebudayaan, dan sebagainya. Wisata Semarang ini terletak di Jalan Abdurrahman Saleh yang namanya diambil dari satu dari pujangga Indonesia yang sangat ahli di bidang kebudayaan dan filsafat. Museum ini juga berdekatan dengan Tugu Muda Semarang sehingga kalian dapat mengunjungi tempat wisata tersebut dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

tempat wisata museum ronggowarsito
Museum Ronggowarsito (sumber gambar: 1001wisata.com)

Ketika kalian memasuki interior museum tersebut, kalian akan menjumpai lebih dari 50.000 koleksi yang dibagi menjadi 10 bagian yaitu biologi, arkeologi, filologi, numismatic, dan sebagainya. Harga tiket masuk juga sangatlah terjangkau harganya, hanya mengeluarkan kocek mulai dari Rp 2.000,- hingga Rp 10.000,- kalian dapat melihat seisi koleksi yang terdapat di museum ini. Museum Ronggowarsito buka mulai pukul 08.00 – 16.00 setiap hari termasuk hari libur dan libur nasional.

7. Klenteng Sam Poo Kong

Asal mula berdirinya klenteng ini adalah bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama Laksamana Cheng Ho. Wisata Semarang yang terletak di Simongan ini biasa disebut sebagai Gedung Batu karena memiliki bentuk menyerupai gua batu besar di atas bukit batu. Arsitek khas Tionghoa ini mengutamakan warna merah sebagai keunggulan pada klenteng tersebut. Saat ini Klenteng Sam Poo Kong difungsikan sebagai tempat ibadah dan ziarah bagi pemeluk Konghucu.

klenteng sam poo kong
Klenteng Sam Poo Kong (sumber gambar: coretanpetualang.files.wordpress.com)

Klenteng ini juga kerap digunakan untuk menggelar acara budaya Tioghoa yang sangat beragam dan menarik. Tidak hanya itu, kalian juga dapat berkeliling klenteng di wilayah tertentu dengan menggunakan Hio sebagai kunci khusus untuk memasuki kawasan klenteng tersebut. Ditambah pula kalian diberi kesempatan untuk berfoto ria dengan menggunakan kostum prajurit Tionghoa. Harga tiket masuk ke dalam klenteng hanya sekitar Rp 3.000,- dan Rp 10.000,- untuk memasuki komplek gedung-gedung klenteng.

Jika kalian berangkat dari Bandara Ahmad Yani, kalian hanya perlu membutuhkan waktu sebanyak 15 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi. Angkutan umum juga menyediakan pula berupa bis untuk membawa kalian ke klenteng tersebut terutama bis jurusan Mangkang – Terminal Terboyo.

6. Pantai Marina

Pantai Marina merupakan salah satu pantai utara yang terkenal di kota Semarang. Tempat wisata di Semarang yang satu ini tidak jauh dari Pantai Maron dan Bandara Ahmad Yani sehingga kalian daat mengakses pantai ini dengan cepat. Pantai ini menyediakan perahu khusus bagi kalian yang mengelilingi pantai, berenang, memancing, atau hanya sekedar menikmati matahari terbenam di wilayah breakwater Pantai Marina. Hanya dengan mengeluarkan kocek sebesar Rp 3.000,- per orang, kalian sudah dapat mengelilingi Pantai Marina dengan leluasa.

pantai marina
Pantai Marina (sumber gambar: hellosemarang.com)

Arah jalan menuju Pantai Marina sangatlah gampang karena akses jalan yang dilalui lebih mudah karena sudah dilapisi aspal. Jika kalian berangkat dari Tugu Muda Semarang, arahkan hingga menuju Bundaran Kali Benteng kemudian lanjutkan hingga menuju Jalan R.E. Martadinata. Setelah itu kalian akan menemui SPBU di sebelah kiri menuju PRPP (Supermarket Giant) dan sampailah kalian di Pantai Marina.

5 Tempat Wisata di Semarang yang Paling Terkenal

5. Kota Lama Semarang

Little Netherland atau biasa disebut dengan Kota Lama Semarang merupakan objek wisata Semarang tempo doeloe yang sangat diminati oleh warga kota Semarang bahkan wisatawan yang sedang mengunjungi kota Semarang. Kota Tua ini memiliki empat tempat wisata yang sangat diminati wisatawan bahkan dijadikan sebagai kantor perusahaan seperti PT. Telkom, Asuransi Jiwasraya, Gereja Blenduk, dan Gedung Marabunta.

kota lama semarang
Kota Lama Semarang (sumber gambar: upload.wikimedia.org)

Namun tidak menutup kemungkinan tempat-tempat lain juga tidak kalah menarik seperti restoran Ikan Bakar Cianjur atau Jembatan Berok yang merupakan pintu utama memasuki Kota Lama. Selain itu, jalanan di sekitar kota lama juga dilapisi dengan paving block supaya lebih artistik. Tak heran jika kita kerap menjumpai para fotografer atau model yang memilih Kota Lama Semarang sebagai lokasi objek foto.

Akses untuk menuju Little Netherland sangatlah gampang. Berangkat dari Mangkang, arahkan jalan menuju Bundaran Kali Benteng kemudian lanjutkan hingga Tugu Muda dan Lawang Sewu. Setelah itu teruskan hingga melewati Jalan Pemuda hingga Pasar Johar lalu belok kiri dan sampailah kalian di Kota Lama Semarang. Jangan lupa untuk membawa kamera terbaik kalian untuk menangkap semua momen di Kota Lama Semarang.

4. Goa Kreo

Goa Kreo adalah salah satu tempat wisata alam di Semarang yang terkenal. Goa ini juga dikenal sebagai tempat petilasan Sunan Kalijaga yang dipenuhi banyak sekali kera berekor panjang. Goa ini berlokasi di Dukuh Talun Kacang, Desa Kandiri, yang berdekatan dengan Waduk Jatibarang yang berasal dari berbagai sumber mata air yang sangat jernih. Waduk ini juga memiliki jembatan khusus sebagai akses tercepat untuk sampai di lokasi Goa Kreo. Ketika berada di Goa Kreo, diharapkan kalian harus berhati-hati untuk membawa makanan atau alat-alat yang mnarik perhatian karena tidak semua kera di tempat wisata tersebut jinak. Goa ini juga selalu mengadakan Sesaji Rewondo yang diadakan setiap bulan Syawal (kalender Islam).

wisata semarang goa kreo
Wisata Semarang – Goa Kreo (sumber gambar: 4.bp.blogspot.com)

Harga tiket masuk ke dalam Goa Kreo sekitar Rp 2.500,- per orang sudah termsuk asuransi guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Itu disebabkan karena hidupnya ratusan kera yang jahil kepada satu dari para pengunjung. Jika kalian berangkat dari arah Ungaran, kalian dapat memasuki Jalan Abdurrahman Saleh kemudian kalian dapat teruskan hingga menuju Gunung Pati sekitar 30 menit. Setelah itu ambil arah kanan menuju Kali Benteng. Goa Kreo berada tepat di atas perbukitan Krincing Dukuh Talun Kacang. Sesampainya di lokasi, kalian juga akan disambut dengan 150 anak tangga untuk sampai di lokasi.

3. Curug Lawe

Air Terjun Lawe atau biasa disebut dengan Curug Lawe merupakan air terjun yang memiliki 25 jenis dari yang terkecil hingga terbesar. Nama dari air terjun di sini berasal dari bahasa Jawa yang berarti ‘Selawe’ atau 25. Curug ini berlokasi tidak jauh dari pusat kota Semarang, yaitu terletak di Gunung Pati, Kecamatan Ungaran Barat. Wisata alam ini sangat menjaga ekosistem yang ada di lokasi tersebut. Itulah sebabnya pihak pengelola akan menutup lokasi tersebut jika jumlah pengunjung lebih dari 200 orang. Selain itu, arah jalan menuju lokasi sangat terjal dan melewati cukup banyak tanjakan sehingga diharapkan untuk berhati – hati ketika kalian berniat untuk mengunjungi lokasi wisata tersebut.

curug lawe
Curug Lawe (sumber gambar: kabarjateng.com)

Harga tiket masuk tempat wisata di Semarang ini mulai dari Rp 4.000,- per orang. Kalian juga dapat berkunjung ke Curug Benowo yang letak tak jauh dari lokasi. Akses menuju curug dikatakan cukup rumit, tapi itu semua bakal terhapus dengan keindahan alam yang sangat memukau. Berangkat dari Alun – alun Ungaran, kalian dapat meneruskan jalan menuju Mapagan hingga ke arah Kecamatan Gunung Pati. Kemudian kalian akan melewati Kantor Kecamatan Gunung Pati dan dilanjutkan melewati Ponpes Al-Mannan Sumur Gunung. Beberapa kilometer setelahnya sampailah kalian di lokasi parkiran Curug Lawe dan berjalan setapak selama 5 menit.

2. Candi Gedong Songo

Berlokasi di Dusun Darum, lereng Gunung Ungaran, Candi Gedong Songo merupakan satu candi yang terdiri dari sembilan bangunan candi yang tersebar di sekitar komplek wisata alam. Lokasinya yang sangat berdekatan dengan gunung membuat suasana yang sangat sejuk ketika kalian menjajakan kaki pertama di sini. Selain itu, obyek wisata Semarang ini juga memiliki penginapan dan pemandian air panas yang mengandung belerang. Air yang terkandung di dalamnya dipercaya dapat menyembuhkan penyakit-penyakit kulit. Untuk menuju ke setiap komlek candi, kalian dapat mencapainya dengan jalan kaki dan menggunakan transportasi kuda.

candi gedong songo
Candi Gedong Songo (sumber gambar: telusurindonesia.com)

Harga tiket masuk sangatlah beragam mulai dari Rp 6.000,- per orang dan Rp 50.000,- bagi wisatawan asing. Jika tertarik, kalian juga dapat menggunakan paket – paket wisata yang telah ditawarkan oleh pihak pengelola. Arah jalan menuju lokasi juga sangatlah mudah. Jika kalian berangkat dari Semarang, gunakanlah jalur pintu tol menuju Solo dan Jogja. Ketika menemui Pom Bensin Lemah Abang, kalian akan menyusuri Jalan Lemah Abang hingga menemukan pertigaan dan beloklah kiri menuju Bandungan. Ikuti jalan hingga kalian akan menemukan pertigaan dan beloklah kiri hingga menemukan Pom Bensin Palbapang Sumowono. Setelah itu pada pertigaan ambillah jalur kanan dan lurus hingga menemukan kawasan wisata Candi Gedong Songo.

1. Lawang Sewu

Ini merupakan tempat wisata di Semarang yang paling terkenal dan wajib kamu kunjungi. Siapa yang tidak mengenal tempat wisata di Semarang ini? Lawang Sewu merupakan tempat wisata budaya yang sangat terkenal di Semarang bahkan di Indonesia. Tempat ini juga dikenal dengan keangkerannya sehingga tempat wisata ini pernah direkam di layar lebar. Lawang Sewu atau biasa disebut dengan ‘Seribu Pintu’ terletak di Jalan Pemuda, Semarang. Bangunan ini mengandalkan arsitektur Belanda yang sangat kuno. Tak heran jika banyak sekali para model atau pasangan yang memilih tempat ini sebagai objek foto yang paling menarik di Semarang.

tempat wisata di semarang terpopuler - lawang sewu
Wisata Semarang: Lawang Sewu (sumber gambar: tutorialoka.com)

Saat ini Lawang Sewu dikelola oleh PT. KAI di mana sejarah pembangunan tersebut tidak pernah lepas kaitannya dengan sejarah perkeretaapian. Harga tiket masuk Lawang Sewu dimulai dari harga Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,- dan buka setiap hari mulai pukul 07.00-21.00. Jika kalian membutuhkan pemandu wisata, siapkan kocek seharag Rp 30.000,- untuk mengetahui sleuk beluk tentang Lawang Sewu. Lokasinya yang berada di pusat kota Semarang memudahkan pengunjung untuk menuju Lawang Sewu. Salah satunya jika berangkat dari Kendal kalian dapat turun di Terminal Mangkang lalu naiklah BRT di koridor I yang akan membawa kalian menuju Halte Tugu Muda.

Inilah 10 tempat wisata di Semarang yang bisa menjadi rekomendasi tepat bagi liburan kalian selama berada di kota ini. Ternyata kota ini tidak hanya terkenal dengan kuliner, melainkan tempat wisata dengan saksi – saksi sejarah yang patut kita ketahui. Selain itu, kota Semarang juga memiliki wisata alam yang sangat indah. Jadi segerakan rencana liburan kalian di Semarang!

Kontributor: Amirahvelda Priyono
Tanggal upload artikel: 7 Agustus 2016

Daerah tempat wisata menarik lainnya:

1. 10 tempat wisata di Jakarta terpopuler

2. 10 tempat wisata di Lombok terpopuler

3. 10 tempat wisata di Bogor terpopuler

About Amirahvelda Priyono

Amirahvelda Priyono, alumni Sastra Prancis Universitas Padjadjaran. Asal dari Surabaya namun sekarang tinggal di Jatinangor dan mau meniti karir di Jakakrta. Hobi menulis, fotografi, desain grafis, dan denger musik jazz.

Check Also

Wisata Lombok: 10 Tempat Wisata di Lombok Paling Terkenal

Siapa yang tidak mengenal Gili Trawangan? Tempat wisata di Lombok yang satu ini bahkan telah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *