Home > TEMPAT WISATA > Wisata Umbul Ponggok Klaten Jogja – Foto & Review Lengkap

Wisata Umbul Ponggok Klaten Jogja – Foto & Review Lengkap

Jika kamu bertanya di mana tempat berlibur paling asyik di Kota Klaten, maka jawabannya adalah Umbul Ponggok. Ya, obyek wisata berupa kolam renang alami ini memang masih terbilang baru di Kota Klaten. Dan tentunya, tempat ini masih menjadi topik pembicaraan hangat di social media. Meskipun terbilang baru, namun fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola Umbul Ponggok tidaklah main-main. Bahkan, fasilitas yang terdapat di tempat ini bisa dikatakan cukup lengkap sehingga mampu menunjang kebutuhan para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu berliburnya di tempat ini.

umbul ponggok
Umbul Ponggok (sumber foto: Dok. pribadi penulis)

Lihat juga tempat wisata menarik lainnya: Goa Pindul atau Museum Angkut

Karena lokasinya berada di wilayah pedesaan, maka obyek wisata ini sangatlah cocok buat kamu yang ingin menenangkan diri dari hingar-bingar perkotaan yang kian memekakkan telinga. Ya, selain bisa menikmati suasana sejuk khas pedesaan, kamu pun bisa merasakan sensasi seru bersnorkeling dengan ditemani ikan-ikan air tawar dengan aneka warna. Tak hanya itu saja. Di tempat ini pula, kamu akan dimanjakan oleh jernihnya air kolam alami yang telah dilengkapi spot berfoto yang dihiasi dengan berbagai macam karya instalasi seperti instalasi  motor vespa, instalasi meja dan kursi, instalasi penjara, dan berbagai jenis karya instalasi lainnya.

berenang santai di klaten
Berenang santai (sumber gambar: aktualita.co)

Istimewanya, untuk bersnorkeling di tempat ini kamu tidak perlu membawa peralatan sendiri. Karena di sini sudah disediakan tempat penyewaan berbagai macam alat menyelam dengan harga yang cukup murah baik berupa pelampung, sepatu katak, kacamata snorkeling, hingga kamera anti air yang bisa kamu gunakan untuk berfoto narsis di dalam air. Nah, untuk kedalaman rata-rata Umbul Ponggok sendiri berkisar antara dua hingga tiga meter. Sehingga kamu pun harus berhati-hati jika ingin melakukan aktivitas snorkeling di tempat ini.

Nah, kabar baiknya lagi, kini tempat wisata ini telah dilengkapi dengan kedai-kedai penjaja makanan yang menawarkan berbagai olahan tradisional dengan harga yang cukup terjangkau. Sehingga, kamu tidak perlu takut kelaparan setelah seharian snorkling di kolam pemandian Umbul Ponggok.

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Umbul Ponggok

Snorkeling

Tak perlu berkecil-hati jika kamu belum memiliki kesempatan untuk bersnorkeling di taman-taman laut yang indah seperti di Bunaken ataupun di Raja Ampat. Sebab, kini di Kota Klaten terdapat lokasi snorkeling yang asyik dan cukup aman bagi para pemula. Ya, sumber mata air yang cukup terkenal ini memang sudah ada sejak zaman Belanda. Namun baru dikelola secara resmi oleh penduduk setempat sejak empat tahun terakhir.  Untuk ukurannya, Umbul Ponggok bisa dikatakan cukup luas, yakni sekitar 50 x 25 meter dengan kedalaman rata-rata 2 sampai 3 meter. Sehingga, tempat ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan snorkeling bagi para pemula.

snorkeling bersama ikan
Snorkeling bersama ikan (sumber gambar: solopos.com)

Selain itu, di sini kamu juga bisa menemukan beragam jenis ikan hias yang berenang secara bebas di dasar kolam. Keberadaan ikan-ikan tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang sedang melakukan kegiatan snorkeling di tempat wisata ini. Oh ya, pihak pengelola sendiri juga menyediakan persewaan perlengkapan yang dibutuhkan untuk snorkeling seperti sepatu katak, pelampung, serta  kacamata snorkeling. Tak hanya itu saja. Di kedalaman Umbul Ponggok ini juga terdapat hiasan karya instalasi yang akan menambah keindahan bawah airnya.

Foto Underwater

Berbagai bentuk karya instalasi seperti motor vespa, motor trail, televisi, serta ornamen-ornamen kecil lainnya turut hadir menghiasi dasar kolam Umbul Ponggok. Maka tak heran jika pemandangan tersebut sering dimanfaatkan para pengunjung sebagai obyek untuk berfoto. Bahkan, ada pula yang menjadikan tempat wisata ini sebagai lokasi untuk foto pre-wedding. Nah, untuk mendapatkan hasil foto yang lebih maksimal, kamu bisa menyewa atau membawa properti sesuai dengan keinginanmu sendiri. Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan jasa fotografer dengan tarif yang terjangkau.

foto selfie di bawah air
Foto selfie di bawah air (sumber gambar: instagram nabilalmira)

Belajar Berenang dan Menyelam

Umbul Ponggok menjadi tempat yang paling tepat bagi para penyelam pemula untuk mempelajari cara-cara menyelam yang baik dan benar. Ada beberapa pengunjung yang sengaja datang dengan membawa perlengkapan menyelam lalu belajar menyelam di tempat ini. Biasanya, para penyelam pemula memilih spot yang berada di sebelah timur laut karena di bagian ini memang merupakan spot paling dalam di Umbul Ponggok. Nah, bagi kamu yang serius ingin belajar menyelam, pihak pengelola Umbul Ponggok juga menyediakan jasa instruktur penyelam yang cukup handal dan terlatih.

belajar menyelam di tempat wisata
Belajar menyelam (sumber gambar: bibitikan.com)

Tips Berwisata

Salah satu hal yang tak boleh terlewat saat berada di tempat wisata ini adalah melakukan sesi pemotretan di dalam air. Nah, buat kamu yang tidak memiliki kamera underwater, tidak perlu khawatir. Sebab di Umbul Ponggok terdapat jasa penyewaan kamera underwater yang dipatok dengan tarif Rp. 60.000,00 untuk waktu 30 menit dan Rp 100.000 untuk waktu satu jam. Jika kamu menginginkan sesi pemotretan yang berkonsep, di tempat ini juga terdapat jasa pemotretan underwater dengan harga yang relatif murah.

foto adegan memancing di dasar kolam
Adegan memancing ikan di dasar kolam (sumber gambar: liburmulu.com)

Selain itu, jika ingin melakukan pemotretan di Umbul Ponggok, maka saya sarankan agar kamu datang pada hari Senin – Jumat pada pukul 07.00 – 09.00 WIB. Atau pukul 14.00 – 16.00 WIB. Pemotretan di pagi atau sore hari akan menghasilkan gambar yang lebih bagus karena air Umbul Ponggok lebih jernih dan sinar matahari masih dari samping bukan tepat di atas kepala. Selain itu pada siang hari jumlah pengunjung biasanya jauh lebih banyak sehingga tidak bisa leluasa mencari spot foto yang bagus.

Sekilas Informasi tentang Tempat Wisata

Secara administasi, Umbul Ponggok terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Dari pusat Kota Yogyakarta, objek wisata ini bisa ditempuh dengan estimasi waktu 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi—baik dengan menggunakan roda dua maupun roda empat. Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

harga tiket masuk umbul ponggok
Harga tiket masuk objek wisata

Untuk biaya masuknya sendiri, wisatawan diwajibkan membayar retribusi sebesar Rp 8.000,00/ orang. Nah, buat kamu yang ingin melakukan kegiatan snorkeling namun tidak membawa peralatannya, di sini juga terdapat tempat penyewaan snorkeling dengan tarif sebagai berikut: kaki katak dipatok dengan harga Rp. 6.000,00. Snorkel, Rp. 13.000,00. Pelampung, Rp. 7.000,00. Kemudian ban donat, Rp. 5.000,00.

Cara Menuju Umbul Ponggok

Jika kamu berangkat dari arah Kota Yogyakarta, maka waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke lokasi ini kurang lebih 1 jam perjalanan. Jika menggunakan kendraan pribadi, kamu bisa menempuh perjalanan melewati jalan raya Jogja – Solo hingga persipangan depan RSUD Suradji Tirtonegoro. Ikuti terus jalan tersebut hingga bertemu GOR Gelarsena, Klaten. Dari GOR tersebut, ambillah arah ke kiri ke Jatinom atau Polanharjo sampai ketemu persimpangan dekat Markas Koramil yang ada di sebelah kiri jalan. Dengan mengikuti jalan ini, kamu sudah akan sampai ke Umbul Ponggok.

Oleh-oleh

Belut. Ya, sebagian orang pasti merasa geli saat mendengar nama hewan tersebut. Bentuknya yang panjang dan tubuhnya yang licin membuat banyak orang merasa geli saat melihatnya. Namun, di Kota Klaten ini belut telah disulap menjadi panganan yang tidak kalah enak dengan oleh-oleh khas daerah lain. Ya, kripik belut namanya. Walaupun bentuknya cukup menggelikan, tapi setelah diolah menjadi sajian kuliner berupa kripik belut, dijamin makanan ini rasanya enak dan membuat ketagihan.

kripik belut oleh-oleh dari klaten
Kripik belut (sumber gambar: kripikbelutsuper.blogspot.co.id)

Biasanya, untuk satu kilo kripik belut dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni dengan harga RP 100.000,00 per-kilonya. Selain kripik belut, oleh-oleh khas Klaten lainnya yang cukup terkenal adalah kripik cakar ayam dan kripik paru sapi. Dan tentu saja, camilan-camilan tersebut tidak kalah enaknya dengan kripik belut.

Tempat Wisata Lain Dekat Umbul Ponggok

Pabrik Gula Gondang Winangoen

Museum Gula Jawa Tengah lebih dikenal masyarakat setempat dengan sebutan Pabrik Gula Gondang Winangoen, atau Museum Gula Klaten. Sebab, museum ini terletak di Pabrik Gula Gondang Winangoen milik PTPN IX Kota Klaten. Untuk lokasinya, Museum Gula Jawa Tengah terletak di Jalan Raya Yogya – Solo, Km. 25, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Karena berupa museum, maka di tempat ini banyak pula disimpan berbagai macam benda bersejarah yang ada hubungannya dengan industri gula dan perkembangannya.

pabrik gula gondang winangoen
Pabrik gula gondang winangoen (sumber gambar: dsukmana.blogspot.com)

Adapun beberapa barang kuno yang tersimpan dalam museum ini adalah peralatan mesin giling yang tidak terpakai, lokomotif pengangkut tebu zaman dahulu, maket pabrik gula, macam-macam jenis tebu, dan koleksi peninggalan lainnya. Selain museum, di kompleks Pabrik Gula Gondang Winangoen juga terdapat agrowisata yang menawarkan wisata keluarga yang menarik serta rest area dan cafe kopi Banaran yang banyak dikunjungi para penikmat kopi. Nah, buat kamu yang sedang atau akan melintasi ruas jalan Yogya – Solo, maka sempatkanlah untuk sejenak mampir di sini untuk melepas penat dan menikmati secangkir kopi atau teh.

Umbul Manten

Tak jauh dari Umbul Ponggok, ada satu umbul lainnya yang belum banyak dijamah wisatawan. Namanya Umbul Kemanten, atau yang sering disebut oleh warga setempat dengan sebutan Umbul Manten. Lokasi Umbul Manten sendiri terletak di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Tempat wisata ini sangat cocok buat kamu yang tidak begitu suka dengan keramaian dan ingar-bingar kota. Karena memang, suasananya masih natural sehingga akan mengingatkanmu pada suatu hal yang tidak bisa dijelaskan oleh apa pun.

umbul manten
Umbul Manten (sumber gambar: Dok. pribadi penulis)

Datanglah ke Umbul Manten pas di hari kerja, niscaya kamu akan merasakan sensasi berenang seperti di kolam pribadi. Selain itu, karena tempatnya yang masih sepi dan belum banyak diketahui wisatawan dari luar daerah, maka tak heran jika di sekitar lokasi ini pun sering dialih-fungsikan menjadi tempat nge-date bagi kaum remaja setempat.

 

Kontributor: Drajat T. Jatmiko
Mengunjungi Umbul Ponggok pada bulan Februari 2016
Tanggal upload artikel: 30 Juli 2016

Tempat wisata menarik lainnya:

1. Lawang Sewu – Kemegahan Bangunan Era Kolonial yang Berbalut Misteri

2. Kawah Putih – Lebih dari Sekedar Pesona di Balik Kamera

3. Jogja Bay – Menikmati Suguhan Wahana Air Terlengkap di Indonesia

About Drajat Jatmiko

Drajat T. Jatmiko, pemuda kelahiran Blora yang suka jalan-jalan, baca buku, dan bersepeda santai. Ia pernah punya cita-cita jadi seorang astronot. Tapi semenjak ada kabar flat-earth, akhirnya ia banting stir jadi penulis artikel. Kini ia tinggal dan menetap di Prambanan, Yogyakarta. Bisa ditemui di instagramnya: @dt_jatmiko

Check Also

Wisata Keraton Yogyakarta – Foto & Review Lengkap

Keraton Yogyakarta atau disebut juga dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *